Memperkenalkan IT kepada Masyarakat melalui Arkavidia 2.0

Sabtu, 19 Februari 2011, Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) STEI – ITB telah mengadakan pengenalan IT (information technology) kepada masyarakat melalui acara Arkavidia jilid 2. Selain mengenalkan IT kepada masyarakat, acara yang berlangsung di Aula Barat Kampus ITB ini, bertujuan sebagai ajang berinovasi dan berkompetisi pada dunia IT, seperti perlombaan bagi pelajar dan mahasiswa. Selain itu juga ada seminar dan expo yang mengadirkan karya di bisang IT.

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Arkavidia 2.0 menyelenggarakan Gerakan Seribu Jari. Gerakan Seribu Jari merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari HMIF yang peduli terhadap nasib kaum tuna netra. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu kaum tuna netra dalam memperoleh buku dengan huruf braille. Di lakukan dengan mengetik buku-buku yang dijadikan softcopy yang kemudian akan dicetak dalam huruf braille.

Ada 2 sesi seminar pada acara Arkavidia 2, yaitu IT Mobile dan Education IT. Pembicara seminar antara lain Narendra Wicaksono, praktisi mobile dari Nokia Indonesia; Henry Subiakto, Staf Ahli Menteri bidang Komunikasi dan Media Massa; Engkos Koswara Natakusumah, Staf Ahli Menteri Negara Riset dan Teknologi; Dwi Hendratmo, Wakil Dekan Bidang Akademik STEI ITB, dan banyak lagi.

Selain itu, diselenggarakan lomba bidang programming contest, system design, dan innovation contest, yang diikuti oleh sekitar 50 tim dari SMA dan perguruan tinggi. Presentasi 5 besar peserta lomba akan diselenggarakan pada Sabtu (19/02/11) di ITB. Expo akan menghadirkan inovasi bidang IT hasil karya umum dan mahasiswa dari perguruan tinggi se-Indonesia.

Mpre picture here