Sarjana Sistem & Teknologi Informasi

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

Beranda     Berita     Kontak Kami

 6,006 total views,  16 views today

Sarjana Sistem & Teknologi Informasi
Sarjana Sistem & Teknologi Informasi
Sarjana Sistem & Teknologi Informasi
Sarjana Sistem & Teknologi Informasi

Program studi Sistem dan Teknologi Informasi adalah salah satu program studi baru dalam lingkungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Program studi Sistem dan Teknologi Informasi dikembangkan sebagai antisipasi terhadap perkembangan sistem informasi yang sangat pesat. 
Sistem informasi sebagai salah satu bidang akademik pada program sarjana mencakup dua area utama, yaitu area yang berkaitan dengan upaya:

  1. Perencanaan, pengembangan, dan evaluasi atas sistem yang menjadi solusi untuk persoalan pengelolaan informasi bagi organisasi; dan
  2. Perencanaan, pengembangan, evaluasi atas pengelolaan teknologi informasi yang digunakan bagi kepentingan sistem informasi organisasi.

Sebagai bagian dari proses peningkatan aktifitas sosial dan ekonomi, masyarakat dunia telah memasuki suatu masyarakat yang berorientasi kepada informasi bahkan lebih jauh menuju masyarakat berpengetahuan (knowledge society). Sistem dan teknologi informasi mejadi salah satu faktor penentu dalam dinamika bisnis dan pengembangan organisasi dan komunitas dalam kehidupan global saat ini. Sistem dan teknologi informasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari yang meliputi antara lain ilmu pengetahuan, rekayasa / disain, teknologi, produk, layanan, operasional, dan manajemen. Penggunaan sistem dan teknologi informasi yang efektif dan efisien merupakan elemen penting dalam mencapai keunggulan bersaing. Sistem dan teknologi informasi telah menyatu dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari perdagangan/bisnis (Electronics-commerce), pendidikan dan pembelajaran (e-education dan e-learning), kesehatan (e-health), budaya, transportasi, industri, pariwisata, lingkungan, kolaborasi (collaborative working), hingga ke sektor hiburan.

Deskripsi Kurikulum
Tujuan Pendidikan Program Studi
Capaian Pembelajaran Program Studi
Prospek Karir
Data Pendaftaran & Kelulusan

Program studi Sistem Teknologi Informasi dikembangkan untuk mengantisipasi perkembangan cepat dari fenomena, masalah, kebutuhan, dan efek samping dari sistem informasi terhadap organisasi dan masyarakat, berdasarkan perkembangan dari teknologi informasi.

Program ini memberikan pengetahuan komprehensif, kemampuan, dan cara berpikir kreatif, membangun kemampuan untuk mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi mutakhir, dan dinamika lingkungan sosial.

Sebagai salah satu bidang akademik rekayasa, Program Studi Sistem Teknologi Informasi terdiri dari dua bidang akademik utama yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, dan evaluasi dari sistem dalam rangka manajemen informasi yang dikhususkan untuk organisasi tertentu, atau dalam konteks global, untuk kehidupan sosial masyarakat.

Dewasa ini, sistem teknologi informasi menjadi bagian signifikan dan faktor penentu dalam dinamika bisnis, organisasi, dan pengembangan komunitas. Sistem teknologi informasi telah menjadi bagian penting dari keseharian kita, termasuk pengetahuan, alam, rekayasa dan desain, layanan pengembangan, aktivitas operasional, dan manajemen.

Penggunaan efektif dan efisien dari sistem teknologi informasi dibutuhkan untuk mencapai keunggulan bisnis yang kompetitif dan untuk ambil bagian dalam percepatan pertumbuhan komunitas, sosial masyarakat, bahkan negara. Penggunaan sistem teknologi informasi harus diterapkan di setiap dimensi kehidupan, bisnis (e-commerce), pendidikan dan pembelajaran (e-education and e-learning), kedokteran dan kesehatan (e-health), budaya, transportasi, industri, turisme, aktivitas kolaborasi, dan juga hiburan.

  1. Lulusan akan memiliki karir yang sukses dalam profesinya di bidang sistem, teknologi
    informasi, atau bidang yang terkait.
  2. Lulusan akan berhasil menempuh studi pascasarjana atau terlibat dalam pengembangan profesional.
  3. Lulusan akan menunjukkan kepemimpinan dan berperan aktif dalam memajukan
    komunitasnya.

Kriteria Standar ABET

  1. Menganalisis masalah komputasi yang kompleks dan menerapkan prinsip komputasi dan disiplin lain yang relevan untuk mengidentifikasi solusi.
  2. Merancang, menerapkan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi untuk memenuhi serangkaian persyaratan komputasi tertentu dalam konteks disiplin program.
  3. Berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks profesional.
  4. Mengakui tanggung jawab profesional dan membuat penilaian berdasarkan informasi dalam praktik komputasi berdasarkan prinsip hukum dan etika.
  5. Berfungsi secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim yang terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan disiplin program.
  6. Mendukung pengiriman, penggunaan, dan pengelolaan sistem informasi dalam lingkungan sistem informasi
  7. Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pengguna dan mempertimbangkannya dalam pemilihan, pembuatan, integrasi, evaluasi, dan administrasi sistem berbasis komputasi
 

Peluang karir yang luas tersedia untuk lulusan program studi Sistem Teknologi Informasi. Pekerjaan-pekerjaan di bawah ini hanya mewakilkan sedikit dari banyaknya pilihan yang ada:

  1. Sebagai perencana, untuk merencanakan pengembangan dan mengelola sistem teknologi informasi untuk mendukung manajemen operasi berbagai instansi dan perusahaan.
  2. Sebagai insinyur di bidang industri perangkat lunak, mengembangkan perangkat lunak untuk sistem informasi dalam lingkup korporat.
  3. Sebagai peneliti di lembaga penelitian atau lembaga pendidikan.
  4. Sebagai orang kreatif dengan visi prospek masa depan yang mendefinisikan informasi sebagai aset.
  5. Sebagai fasilitator dan emansipator untuk membimbing masyarakat dalam membangun komunitas yang bertumbuh.