Laboratorium dan Fasilitas

Laboratorium Teknik Biomedis

Dr. Donny Danudirdjo, MT.
Laboratorium Teknik Biomedis memiliki posisi strategis antara disiplin instrumentasi biomedis dan informatika biomedis. Penelitian dalam Instrumentasi Biomedis termasuk perbaikan konstruksi pencitraan medis, detektor dan sistem tanda janin, perangkat keras Ultrasound dan perangkat lunak diagnostik.
Beberapa peneliti fokus pada penerapan berbagai teknologi untuk menerapkan E-kesehatan untuk daerah pedesaan termasuk telemedicine seluler. Ada juga penelitian dalam teknologi pencitraan yang diarahkan pada penerapan pemrosesan gambar untuk tujuan diagnostik. Beberapa kegiatan mengembangkan perangkat lunak untuk aplikasi e-kesehatan, termasuk basis data untuk rumah sakit inang dalam aplikasi konsultasi medis.

Laboratorium Tegangan Tinggi & Arus Tinggi

Dr. Umar Khayam,ST., MT.
Laboratorium ini menyediakan fasilitas untuk melakukan penelitian tentang bahan isolasi di lingkungan tropis, penerangan fenomena fisik dan perlindungan daya dan sistem elektronik, masalah pentanahan, kompatibilitas elektromagnetik, pemeliharaan dan teknologi peralatan listrik, dan analisis risiko masalah peralatan.

Laboratorium Elektronik & Komponen

Ir. Farkhad Ihsan Hariadi, M.Sc.
Laboratorium komponen elektronik dan memfasilitasi penelitian tentang SoC radion digital, sirkuit dan sistem VLSI analog, arsitektur multicore heterogen, jaringan sensor nirkabel dan sistem tertanam.

Laboratorium Grafik & Kecerdasan Buatan

Dr. Nur Ulfa Maulidevi, ST., M.Sc.
Laboratorium ini berfokus pada mesin grafis cerdas, visi komputer, agen cerdas & sistem multi-agen, pemrosesan bahasa alami, penambangan teks, pemrosesan pidato, sistem pakar, sistem informasi cerdas, pembelajaran mesin, robotika (interaksi, visi, dan perencanaan komputer manusia) .

Laboratorium Ilmu & Teknik Komputasi

Dr. Judhi Santoso, M.Sc.
Laboratorium Ilmu dan Teknik Komputasi memfasilitasi penelitian terkait dengan pengambilan dan penyaringan informasi, mesin pencari, ekstraksi informasi, sistem rekomendasi, peringkasan dokumen, pemrosesan teks, linguistik komputasi, kriptografi, teori pengkodean, metode kompresi, simulasi komputer, teori komputasi, desain dan analisis algoritma, kompleksitas komputasi, metode numerik, bahasa formal dan automata, desain kompiler.

Laboratorium Penelitian Konversi Energi Listrik

Dr. Ir. Agus Purwadi, MT.
Laboratorium penelitian konversi energi listrik adalah laboratorium untuk penelitian dan eksperimen yang berkaitan dengan mesin listrik, elektronik daya, penggerak listrik, kualitas daya, sistem pembangkit listrik, dan microgrid. Selain mesin listrik, konverter daya, dan komputer untuk eksperimen, laboratorium memiliki fasilitas untuk pekerjaan mekanis. Laboratorium ini juga memiliki kerja sama dengan banyak perusahaan dan lembaga nasional dan internasional untuk penelitian di berbagai bidang di bidang teknik listrik.

Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Microwave

Dr.Ir. Mohammad. Ridwan Effendi, MA.Sc.
Laboratorium ini menyediakan fasilitas penelitian di bidang yang terkait dengan telekomunikasi radio, elektromagnetik, komunikasi satelit dan terestrial, komunikasi seluler, komunikasi nirkabel, antena dan perambatan gelombang, perangkat gelombang mikro, pemrosesan sinyal, radar dan navigasi, serta telemedicine dan e-Health.

Laboratorium Telematika

Dr.Ing. Eueung Mulyana, ST., M.Sc.
Laboratorium Telematika menyediakan fasilitas penelitian dan pendidikan di bidang: jaringan dan infrastruktur, Internet of Things dan perangkat / peralatan pintar, sistem dan layanan telekomunikasi, pemodelan dan analisis kinerja, studi aplikasi dan bisnis, dan keamanan jaringan. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan jaringan laboratorium, menempati sekitar 1.200 meter persegi.

Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak

Dr.Techn.Muhammad Zuhri Catur Candra, ST., MT.
Laboratorium ini mendukung kegiatan penelitian dalam topik berikut: rekayasa web termasuk layanan web, arsitektur berorientasi layanan, pengembangan aplikasi seluler, teknologi aplikasi perusahaan, dan teknik dan metode pengembangan perangkat lunak. Ini juga mendukung kegiatan pengajaran untuk rekayasa perangkat lunak dan kursus terkait seperti Rekayasa Perangkat Lunak dasar dan Lanjutan, Proyek Perangkat Lunak, dan Analisis dan Desain Perangkat Lunak Berorientasi Objek.

Laboratorium Pemrograman

Dr. Fazat Nur Azizah, ST., M.Sc.
Laboratorium ini terutama menyediakan layanan kepada siswa SEEI untuk melakukan Tugas Akhir mereka terkait dengan bidang pemrograman. Ini menempati ruang 60 meter persegi dan dilengkapi dengan komputer dengan berbagai platform / sistem operasi. Selain itu, lab ini memberikan bantuan untuk kursus terkait pemrograman.

Laboratorium Dasar Teknik Elektro

Dr. Muhammad Amin Sulthoni, ST., MT.
Fasilitas ini adalah laboratorium pendidikan khususnya untuk program studi wajib dalam program studi Teknik Elektro (EE) yang memenuhi standar kualitas akreditasi internasional ABET. Ini mendukung pekerjaan laboratorium untuk kursus inti EE seperti Sirkuit Listrik (EC), Elektronik dan Sistem Digital (DS), serta untuk program luas EE seperti Digital Signal Processing (DSP) dan Microprocessor System (MS).

Setiap semester laboratorium dapat menangani pekerjaan laboratorium hingga 240 siswa untuk EC, 380 siswa untuk DS, 80 siswa untuk DSP dan 120 siswa untuk MS. Selain itu, laboratorium juga menyediakan layanan pekerjaan laboratorium elektronik untuk program studi Teknik Industri dan pekerjaan laboratorium Sistem Tertanam serta memfasilitasi siswa dalam tugas akhir mereka.

Dasar Laboratorium Informatika / Ilmu Komputer

Riza Satria Perdana, ST., MT.
Dasar Laboratorium Informatika / Ilmu Komputer menyediakan layanan komputasi untuk semua siswa di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (SEEI). Ini khususnya mendukung pekerjaan laboratorium untuk dasar-dasar pemrograman, algoritma & struktur data, serta kursus pemrograman berorientasi objek. Laboratorium ini menempati lima kamar, menampung total 181 unit komputer jaringan dengan akses Internet. Setiap kali salah satu ruang lab tidak digunakan untuk pekerjaan laboratorium yang dijadwalkan, siswa SEEI dapat menggunakan lab untuk melakukan tugas kuliah mereka dan akses ke Internet.

Laboratorium Sistem Daya & Distribusi Listrik

Dr. Ir. Nanang Hariyanto, MT.
Laboratorium ini memfasilitasi penelitian di bidang perhitungan sistem tenaga listrik, pengiriman sistem tenaga listrik (perencanaan distribusi & sistem manajemen listrik, berbasis AI untuk pembangkitan simultan dan perencanaan transmisi, penerapan FACTS), operasi sistem tenaga listrik, dan ekonomi (penerapan teori permainan dan perhitungan evolusi untuk operasi sistem tenaga, penerapan unit pengukuran fasor untuk stabilitas tegangan & deteksi fase keluar), dan SCADA & SMART GRID (perlindungan adaptif untuk distribusi listrik, mekanisme penyembuhan sendiri).

Laboratorium Sistem Informasi

Ir. Kridanto Surendro, M.Sc., Ph.D.
Lab Sistem Informasi (ISL) adalah unit pendukung akademik dan penelitian untuk melakukan penelitian di bidang sistem informasi. ISL bertujuan untuk menyediakan teknologi yang memungkinkan untuk munculnya masyarakat informasi dan ekonomi digital. Penelitian di ISL berfokus pada manajemen data dan analisis informasi untuk mengoptimalkan implementasi sistematis dari dunia digital terkait. Topik inti meliputi pengembangan sistem informasi, analisis data, ilmu informasi, dan pemodelan konseptual. Anggota ISL mengajarkan pengembangan sistem informasi; data, informasi, dan manajemen IS dan integrasi; dan integrasi bisnis-teknologi.

Laboratorium Sistem & Kontrol Komputer

Dr. Pranoto H. Rusmin, ST., MT.
Laboratorium ini memberikan dukungan untuk penelitian tentang Kontrol Optimal, Kontrol Kuat, Kontrol Adaptif, Kontrol Nonlinier dan Kekacauan, Kontrol Stokastik dan Estimasi, Sistem Linier Multivariabel, Sistem Parameter Terdistribusi, Pemodelan dan Identifikasi, Sistem Kontrol dan Inteligen, Optimasi dan Penjadwalan Proses, Proses Diskritualisasi Sistem Kontrol dan Hibrid, Arsitektur Komputer, Komputasi Paralel dan Terdistribusi, Sistem Adaptif Kompleks.

Laboratorium Teknik Komputer

Dr.techn. Ary Setijadi P, ST., MT.
Laboratorium ini mendukung kegiatan RnD dalam Interaksi Manusia-Konten, Internet-of-Things, Komputer Kinerja Tinggi & Kecerdasan Buatan terutama di tingkat pascasarjana. Laboratorium ini juga memiliki peran untuk mendukung kegiatan akademik dalam Tugas Akhir Capstone di Sarjana Teknik Elektro dan Program Magister terutama Media Digital & Teknologi Game & Teknik Komputer. Ini dilengkapi dengan Interaksi Konten Manusia yang canggih seperti HMD, AR Hololense, Sistem Pengembangan IoT, Printer 3D, dan Sistem Pemotongan Laser dan juga didukung oleh pusat data kinerja tinggi.

Laboratorium Komputasi Lanjut

Achmad Imam Kistijantoro, ST., M.Sc., Ph.D
Advanced Computing Laboratorium menyediakan berbagai fasilitas canggih untuk semua program studi di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Ini menyediakan peralatan untuk Internet of Things, Virtual Reality / Augmented Reality, Drone dan fasilitas Komputasi Kinerja Tinggi, termasuk pemrosesan GPU.

Laboratorium Sinyal & Sistem

Dr. Kusprasapta Mutijarsa, ST., MT.
Laboratorium ini mendukung penelitian tentang pemrosesan sinyal digital, pemrosesan bicara, pemrosesan bahasa alami dan robotika, kompresi sinyal, sistem stokastik, teori sistem, analisis dan desain sistem, komunikasi optik, dan teknologi informasi.

Laboratorium Sistem Terdistribusi

Ir. Afwarman, M.Sc., Ph.D.
Distributed Systems Lab (DSL) adalah fasilitas akademik dan penelitian untuk mendukung penelitian di bidang sistem terdistribusi. Minat utama kami adalah komputasi paralel berbasis GPU; komputasi seluler; sistem terdistribusi scalable (transaksi, server aplikasi, database); layanan internet skala besar; komunikasi kelompok; sistem perpesanan terpadu; middleware dan arsitektur komputer. Anggota DSL mengajarkan sistem terdistribusi, sistem operasi, pemrograman paralel & bersamaan, arsitektur komputer.

Laboratorium Kontrol Honeywell

Dr. Pranoto H. Rusmin, ST., MT.
Laboratorium Kontrol Honeywell diresmikan pada 1 Desember 2016 oleh Presiden Honeywell Indonesia, Allex Pollack, Presiden ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi, dan Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (SEEI ITB) Dr. Ir. Jaka Sembiring. Laboratorium ini ditujukan bagi siswa untuk mempelajari kontrol proses industri dan bidang terkait lainnya yang mendukung Industri 4.0.

Berbagai fasilitas yang tersedia di lab ini adalah set lengkap Mini Refinery Plant (disediakan oleh Honeywell) dan Trainer Instrumentasi Proses yang menjadi milik Sistem Kontrol dan Laboratorium Komputer sejak 2010. Keduanya saat ini dilengkapi dengan Sistem Pengetahuan Proses Eksperimen – Kontrol Terdistribusi Sistem yang menggunakan pengontrol C300 sebagai pengontrol utamanya.
Sejak awal operasinya, laboratorium ini telah menjadi laboratorium residensi untuk mahasiswa sarjana pada tahun senior yang sedang melakukan Tugas Akhir mereka (Desain Capstone) dan mahasiswa pascasarjana yang sedang melakukan penelitian Tesis mereka atau kegiatan penelitian lain yang terkait dengan Sistem Cyber-Fisik .

Topik umum untuk penelitian yang diadakan di laboratorium ini adalah Keamanan Cyber, Sensor dan Instrumentasi, Realitas Virtual, dan metode Kontrol Lanjutan untuk Proses Industri. Selain kegiatan penelitian, ada juga kegiatan percobaan laboratorium untuk mahasiswa sarjana, sebagai bagian dari mata pelajaran wajib Sistem Kontrol EL3015. Eksperimen laboratorium dimaksudkan untuk membiasakan siswa dengan kontrol proses industri.