Bisnis Ketenagalistrikan PLN di Masa Mendatang

Kelompok Keahlian Teknik Ketenagalistrikan STEI ITB, pada hari Sabtu, 19 Februari 2011, telah mengadakan kuliah umum dengan tema “Bisnis Ketenagalistrikan PLN di Masa Mendatang”. Kuliah umum yang diselenggarakan di Gedung Campus Center Kampus ITB ini, dibawakan langsung oleh Direktur Utama PLN, Bapak Dahlan Iskan.

Kuliah yang dihadiri mahasiswa-mahasiswa dari Program Studi Teknik Tenaga Listrik ini menjelaskan tentang program-program yang akan dilakukan oleh PLN dalam rangka menghadapi kondisi kelistrikan.

Program-programnya adalah:
1. Mengatasi krisis listrik
2. Bebas pemadaman bergilir dan gerakan sehari sejuta pelanggan
3. Meningkatkan rasio elektrifikasi pada beberapa propinsi dari 50% menjadi 70%
4. Mencanangkan listrik khusus kepulauan, dalam bentuk PLTS
5. Merombak sistem peaker, yaitu dengan menggunakan PLTG + Storage dalam rangka konversi energi di PLN.
6. Meningkatkan efisiensi dengan penggunaan energi solar sel, geothermal, dengan memanfaatkan PLTG-PLTG kecil dan meningkatkan kalori batubara.
7. Tahun 2011 PLN akan mengadakan spare part karena terbukti dapat menghemat sampai Rp. 2 Trilyun per tahun.

Mantan dirut Jawa Pos ini, juga menjelaskan bahwa PLN merupakan suatu organisasi yang besar, yang menangani segala sesuatunya, mulai dari perkembangan, transportasi tambang, storage dan pembangkitan transmisi, distribusi, sehingga diperlukan adanya restrukturisasi. Untuk itu PLN sangat membutuhkan SDM yang menekankan pada integritas dan antusias.

More picture here