Beranda     Berita     Kontak Kami

 25,270 total views,  77 views today

Magister Informatika
Magister Informatika
Magister Informatika
Kurikulum
Wajib Jalur Pilihan
Poster Tesis
Pendaftaran & Seleksi Mahasiswa Baru
Fast Track Magister Informatika
Form Administrasi

Tujuan Program Studi

Program studi Magister Informatika bertujuan untuk menghasilkan lulusan Magister Informatika yang memiliki kemampuan berikut pada masa awal kariernya (3-5 tahun sejak lulus) yaitu:

  1.     Lulusan akan memiliki aspek berpikir kritis, inovatif, dan profesional untuk bersaing secara global di bidang Informatika. 
  2.     Lulusan akan berhasil melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya atau terlibat dalam pengembangan keprofesian secara berkelanjutan.
  3.     Lulusan akan memiliki kemampuan untuk mengelola riset di bidang Informatika.

Capaian pembelajaran program studi Magister Informatika pada saat mahasiswa dinyatakan lulus adalah:

  1. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan di bidang Informatika atau bidang ilmu lainnya untuk mengidentifikasi solusi berbasis komputasi.
  2. Mahasiswa mampu mendesain dan membangun solusi berbasis komputasi melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi solusi berbasis komputasi yang memenuhi kebutuhan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  4. Mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan bidang keilmuan spesifik antara lain :
    a.  algoritma atau teori komputasi yang mampu menyelesaikan persoalan aktual dan kekinian (jalur pilihan CS), atau
    b.  pengembangan produk perangkat lunak berskala besar yang handal, inovatif, dan mudah dipelihara (jalur pilihan SEI), atau
    c.  tata kelola Sistem Informasi di level enterprise untuk memaksimalkan potensi sistem dan meminimalkan risikonya menggunakan sumber daya Teknologi Informasi secara efisien (jalur pilihan IS), atau
    d.  analisis, pemodelan, perancangan, pembangunan, dan pengembangan sistem berbasis teknologi informasi (jalur pilihan IT), atau
    e.  konsep, teknologi, dan aplikasi artificial intelligence, termasuk kakas yang tepat sebagai solusi AI yang efektif dan efisien (jalur pilihan IntS), atau
    f.  konsep, arsitektur, dan teknologi media dan piranti bergerak, serta pengembangan aplikasi media dan piranti bergerak dengan menggunakan kaidah interaksi manusia dan komputer serta metodologi rekayasa perangkat lunak yang baik dan sesuai (jalur pilihan MMT), atau
    g.  konsep, arsitektur, teknologi, dan aplikasi cloud computing dalam memberikan solusi komputasi untuk kebutuhan bisnis dan saintifik yang scalable dan berkinerja baik (jalur pilihan CC), atau
    h.  pengelolaan, pemrosesan, dan interpretasi dataset besar dan kompleks untuk ekstraksi informasi dan pengetahuan penting (jalur pilihan DSAI), atau
    i.  pengembangan, pengoperasian, dan pengujian keamanan sistem siber (jalur pilihan CSec).
  5. Mahasiswa mampu berkomunikasi efektif dalam beragam konteks profesional dan akademik.
  6. Mahasiswa mampu berfungsi secara efektif dalam aktifitas tim yang sesuai dengan bidang ilmunya.
Waktu Studi Program Magister

Waktu studi normal untuk pendidikan Program Magister setelah Program Sarjana dijadwalkan dalam 4 (empat) semester atau 2 (dua) tahun.

Terdapat 9 opsi program Magister Informatika ITB yaitu:

No Jalur Pilihan Bidang Komputasi (computing areas)
1 Ilmu Komputer (CS: Computer Science) Computer Science (CS)
2 Rekayasa Perangkat Lunak dan Inovasi (SEI: Software Engineering and Innovation) Software Engineering (SE)
3 Sistem Informasi (IS: Information System) Information System (IS)
4 Teknologi Informasi (IT: Information Technology) Information Technology (IT)
5 Sistem Inteligensi (IntS: Intelligent System) Computer Science (CS)
6 Teknologi Media dan Piranti Bergerak (MMT: Media and Mobile Technology) Computer Science (CS)
7 Komputasi Cloud (CC: Cloud Computing) Computer Science (CS)
8 Sains Data dan Inteligensi Buatan (DS-AI: Data Science and Artificial Intelligence) Data Science (DS)
9 Keamanan Siber (CSec: Cyber Security) Cyber Security (CSec)

Struktur kurikulum dengan total 36 sks :

Matakuliah wajib prodi: 15 sks

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5100
Pemrograman untuk Data Analitik
Mata kuliah ini akan menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan pemrograman yang dibutuhkan dalam mengembangkan data analitik, mulai dari bekerja dengan beragam data, penggunaan tools statistik, dan pemodelan berbasis pembelajaran mesin.
3
2 IF5200
Proyek Penelitian Terapan
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mengerjakan dan mengelola proyek berkelompok untuk menghasilkan sebuah solusi berbasis komputer atas sebuah permasalahan. Kelompok terdiri atas mahasiswa dari opsi yang berbeda beda untuk mendorong kerja sama multi bidang komputasi. Pada mata kuliah ini kemampuan riset mahasiswa dilatih dengan menerapkan metode ilmiah pada setiap tahapan proyek, dimulai dari pemilihan masalah hingga melakukan validasi terhadap solusi yang telah dihasilkan.
3
3 IF5099
Metodologi Penelitian
Mata kuliah ini adalah persiapan untuk mata kuliah Tesis yang akan ditempuh pada semester berikutnya. Pada mata kuliah ini mahasiswa diberi pembekalan tentang riset dan ragamnya, hubungannya dengan tesis, pelaksanaan tesis, menulis makalah, dan teknik presentasi. Mahasiswa juga mendapatkan pembekalan tentang format tesis, latihan untuk menulis, dan presentasi proposal tesis.
3
4 IF6099
Tesis
Menjelaskan dan mengaplikasikan teori, metode, teknik yang relavan pada suatu area yang dipilih, menginterpretasikan data, dan mengambil suatu konklusi/kesimpulan serta saran yang sesuai. Mengaplikasikan pengetahuan, pengalaman dan keahlian yang dipelajari dari berbagai disiplin yang berbeda. Menunjukkan kemampuan menyelesaikan suatu masalah, dan melihat masalah dari berbagai perspektif. Dapat menunjukkan kemampuan menganalisa, me-review dan mensintesa suatu persoalan, dengan mengaplikasikan pada suatu teknik, informasi dan merangkumnya dalam buku Tesis.
6


Matakuliah wajib jalur pilihan: 12-20 sks

Matakuliah pilihan prodi

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5091
Pelaksanaan Penelitian 1 *)
Mahasiswa melakukan analisis untuk memperoleh metode yang meyakinkan dalam memecahkan masalah penelitian. Target penelitian sesuai dengan target tahap 1 yang tertulis pada proposal.
3
2 IF5092
Pelaksanaan Penelitian 2 *)
Mahasiswa melakukan analisis untuk memperoleh metode yang meyakinkan dalam memecahkan masalah penelitian. Target penelitian sesuai dengan target tahap 2 yang tertulis pada proposal.
3
3 IF6090
Penulisan Jurnal Internasional *)
Kuliah ini bertujuan untuk memperbaiki kemampuan menulis mahasiswa sehingga paper penelitian mahasiswa sudah berstatus minimal accepted pada sebuah jurnal internasional di akhir kuliah.
3
4 IF6093
Studi Mandiri A
Kegiatan studi mandiri mencakup: pemilihan bidang pengetahuan, pendefinisian lingkup masalah, penyusunan materi hasil belajar, perumusan studi kasus, dan diakhiri dengan presentasi lisan. Matakuliah ini ditujukan untuk memberikan kemampuan melaksanakan studi secara mandiri dalam bidang pengetahuan keinformatikaan tertentu di bawah bimbingan, kemampuan menuliskan hasil belajar dan menerapkan pengetahuan yang dipelajarinya untuk menanggapi ataupun menyelesaikan kasus-kasus persoalan sederhana.
2
5 IF6094
Studi Mandiri B
Kegiatan studi mandiri mencakup: pemilihan bidang pengetahuan, pendefinisian lingkup masalah, penyusunan materi hasil belajar, perumusan studi kasus, dan diakhiri dengan presentasi lisan. Selain ditujukan untuk meningkatkan kemampuan seperti yang dinyatakan dalam Studi Mandiri A, matakuliah ini juga ditujukan untuk memberikan kemampuan dasar dalam melakukan penelitian sesuai dengan metodologi.
3
6 IF6010
Sistem Operasi Lanjut
• microkernels and IPC, • user-level OS servers, • design and implementation of microkernel-based systems, • performance, • kernel design and implementation, • distributed operating systems, • virtualisation and hypervisors, • scheduling for real-time, • symmetric multiprocessing and hardware multithreading, • effects and control of hardware caches, • protection and security models, • OS designs and resulting issues, • hot topics.
2
7 IF6011
Sistem Terdistribusi Lanjut
• Model sistem terdistribusi • Failure detectors • reliable delivery • atomic & reliable broadcast • shared memory model • consensus • Distributed commitment protocol & atomic transactions • Group membership • View synchrony • Cloud computing & virtualization • Distributed ledger & blockchain.
2
8 IF6012
Arsitektur Komputer Lanjut
Dasar Desain Komputer, Instruction level parallelism, limits on ILP, multi processor dan thread level parallelism, memory hierarchy design, storage systems.
2
9 IF6045
Rekayasa Layanan Teknologi Informasi
Kuliah ini diperuntukan bagi mahasiswa yang akan menjadi insinyur (ahli) atau konsultan dalam melakukan rekayasa layanan TI di dalam organisasi. Layanan TI dapat diklasifikasi menjadi 2 jenis: layana TI sebagai produk organisasi dan layanan TI sebagai pendukung delivery produk. Kuliah ini bertujuan untuk membangun pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa yang mengikuti kuliah ini.
2
10 IF6046
Manajemen Risiko Teknologi Informasi
Manajemen Risiko Teknologi Informasi, Prinsip Risiko Teknologi Informasi, Kerangka Kerja Risiko Teknologi Informasi, Budaya dalam Risiko Teknologi Informasi, Tata Kelola Risiko Teknologi Informasi, perkembangan riset Risiko Teknologi Informasi.
2
11 IF6047
Sistem Layanan Cerdas
Pengantar Sistem Layanan Cerdas, Rekayasa Layanan, Kerangka Kerja Rekayasa Layanan, Layanan Teknologi Informasi, Keamanan Sistem Layanan Cerdas (Dasar-dasar, Jaringan, Cyber dan Forensik).
2
12 IF6048
Pembelajaran Multimedia
Teknik pembelajaran berbasis teknologi dibahas, mulai dari teori pembelajaran (yang berasal dari bidang ilmu psikologi), berbagai prinsip yang baik dalam menerapkan multimedia untuk slide presentasi, video ajar, web ajar, dan perkembangan terkini teknologi pembelajaran, termasuk simulasi dan virtualisasi.
2
13 IF6049
Kewirausahaan Bidang Teknologi Informasi
Kuliah ini diperuntukan bagi mahasiswa yang merencanakan atau bekerja sebagai wirausaha. Pola pikir kewirausahaan diperlukan untuk membuat atau menumbuhkan suatu perusahaan dapat berjalan secara ekonomis, baik berupa perusahaan baru, kelompok dalam perusahaan, atau dalam perguruan tinggi. Kuliah ini bertujuan untuk menanamkan sudut pandang kewirausahaan dengan pendekatan pada aktivitas-aktivitas pada bidang Teknologi Informasi (TI). Topik pada kuliah ini mencakup: etika bisnis, penilaian peluang, pembetukan tim, pembiayaan, kekayaan intelektual, transfer technologi dari perguruan tinggi. Pada kuliah ini menampilkan kekuatan partisipasi dan pembicara tamu dari praktisi berpengalaman.
2
14 IF6061
Komputasi Layanan berbasis Cloud
Mata kuliah ini mempelajari konsep komputasi layanan berbasis awan, termasuk model layanan, teknologi, arsitektur, dan aplikasinya. Mahasiswa akan belajar tentang berbagai model layanan terkini, teknologi yang digunakan, arsitektur penggelaran, dan berbagai isu dan inovasi terkini dalam pengembangan komputasi layanan berbasis awan.
2
15 IF6062
Penyimpanan dan Manajemen Data Cloud
Model, protokol, reliability, keamanan dan scalability pada penyimpanan cloud; design dan praktek dalam manajemen data cloud.
2
16 IF6063
Teknologi Virtualisasi
1. Hypervisor dan mesin virtual 2. Mengelola sumber daya untuk mesin virtual 3. Infrastruktur virtualisasi 4. DevOp dengan teknologi virtualisasi.
2
17 IF6081
Pemrosesan Suara Lanjut
Materi yang dicakup dalam kuliah ini adalah proes produksi suara pada manusia, penangkapan suara oleh komputer, sistem pengenal ucapan (ekstraksi fitur, pemodelan akustik, pemodelan bahasa, decoding), pensintesis ucapan, dan pengenal pembicara.
2
18 IF6082
Pemrosesan Bahasa Alami Lanjut
Kuliah ini berisi tool pemrosesan level leksikal (morphologically analyser, tokenisasi, POS tagger), sintaktikal (parser dependency dan constituent), semantic (dependency dan constituent), pragmatikal (reference resolution) serta tool text mining berupa text categorization (spam filtering, topic clustering, plagiarism detection, sentiment analysis), information extraction (named entity tagger dan relation extraction), text summarization, question answering, dialogue system dan machine translation.
2
19 IF6083
Vision
Untuk memperkenalkan konsep visi komputer dengan penekanan pada metode state-of-the-art yang digunakan dalam aplikasi visi. Kami akan mulai dari pemahaman terhadap definisi gambar dan diakhiri dengan implementasi jaringan saraf untuk pemahaman dan analisis gambar. Ada beberapa metode yang akan digunakan sepanjang semester: 1. Pengajaran langsung secara tatap muka dalam perkuliahan dengan menggunakan bantuan visual melalui slide. 2. Metode belajar mandiri melalui kegiatan yang dipandu oleh dosen. 3. Penggunaan sumber daya online di luar kelas: Siswa akan diberikan kuliah video online secara berkala sebelum kuliah tatap muka. Tugas: Siswa secara individu akan diminta untuk melakukan serangkaian latihan dan membuat repositori dari solusi mereka. Beberapa latihan yang mengharuskan siswa untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari kuliah dan diskusi akan diberikan dan dinilai. 4. Proyek: Pada akhir semester, akan ada proyek yang pada dasarnya mengintegrasikan library/fungsi yang telah dibuat selama tugas. Proyek ini berbasis individu dengan kompleksitas sederhana.
2
20 IF6084
Trend In Vision
Mata kuliah ini didasarkan pada konten Pembelajaran Mesin, memberikan siswa pemahaman yang lebih dalam tentang teknik pembelajaran mesin dan variasi yang lebih luas dari model pembelajaran yang ada. Siswa akan dipersiapkan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran mesin tingkat lanjut dan melakukan penelitian pada tingkat yang paling mutakhir. Siswa akan belajar tentang CNN, berbagai jenis pembelajaran transfer, Rekayasa fitur otomatis, pemilihan model, dan pemilihan algoritma optimasi, pembelajaran tanpa pengawasan yang mendalam, teknik praktis untuk model pembelajaran mendalam seperti inisialisasi bobot, putus sekolah, pengoptimal, dan normalisasi batch. Siswa juga akan belajar tentang time series seperti HMM, RNN, LSTM, GRU. Sebagai tambahan, kami juga berencana untuk membahas pembelajaran Penguatan Mendalam dan beberapa aplikasi canggih dalam pembelajaran mesin.
2


*) wajib diambil oleh mahasiswa Master by Research

Jalur pilihan Ilmu Komputer

Mahasiswa jalur pilihan Ilmu Komputer diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan algoritma atau teori komputasi yang mampu menyelesaikan persoalan aktual dan kekinian.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5110
Teori Algoritma
Kuliah ini membahas tentang bagaimana menganalisis bahasa pemrograman secara sintaksis, semantik, dan aksiomatik dengan cara yang menyelaraskan semantik dan prinsip-prinsip penalaran yang ketat secara teliti. Materi yang dipelajari: Semantics of programming languages (denotational and operational semantics), Tools dan modeling untuk memahami bahasa pemrograman (Backus Naur Form,) dan syntax diagram, dll), Program specification and proof (dynamic logic and separation logic), Correct compilation and interpretation.
3
2 IF5111
Teori Komputasi
Topik yang tercakup dalam kuliah ini adalah: Turing machines, Church-Turing thesis, decidability, halting problem, reducibility, recursion theorem, Time and space measures, hierarchy theorems, complexity classes P, NP, L, NL, PSPACE, BPP and IP, complete problems, P versus NP conjecture, quantiers and games, provably hard problems, relativized computation and oracles, probabilistic computation, interactive proof systems [2].
3
3 IF5210
Desain Algoritma Lanjut
Topik yang tercakup yaitu: analysis of quicksort, binomial heaps, data structure for disjoint sets, B-Trees, Splay Trees, review of Djikstra’s algorithm & Bellman-Ford algorithm, all-pairs shortest path, maximum flow, irrational flow, NP-complete & kelas persoalan yang berhubungan, strong NP-Complete & Pesudo Polynomial Time, Approximation Algorithm, String Matching, Introduction to Number-Theoretic Algorithm, Linear Programming, Polynomial & FFT.
3
4 IF5211
Metode Formal
Perkuliahan ini membahas sejumlah topik terkait Formal Method: Prepositional LogicSatisfiability problems (SAT), DPLL, Ordered Binary Decisition Diagram, Temporal Logic (LTL, CTL), Model Checking, Otomata, First Order Logic, Functional Logic Programming.
3


Jalur pilihan Rekayasa Perangkat Lunak dan Inovasi

Mahasiswa jalur pilihan Rekayasa Perangkat Lunak dan Inovasi diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan produk perangkat lunak berskala besar yang handal, inovatif, dan mudah dipelihara.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5120
Konsep Rekayasa P/L dan Penerapannya
1. Rekayasa sistem: konsep rekayasa sistem, manajemen siklus hidup rekayasa sistem, kaitan dengan kebutuhan, perancangan sistem (arsitektural perancangan) 2. Dasar-dasar rekayasa kebutuhan: hubungan antara rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, definisi kebutuhan, batasan-batasan perancangan sistem, perancangan sistem dan alokasi kebutuhan, kebutuhan produk dan proses, kebutuhan fungsional dan non-fungsional, emergent properties, kebutuhan yang dapat ikuantifikasi. 3. Proses rekayasa kebutuhan: model proses, aktor proses, dukungan dan manajemen proses, kualitas dan perbaikan proses. 4. Inisiasi dan definisi scope: penentuan dan negosiasi kebutuhan, analisis kelayakan, proses review dan revisi kebutuhan. 5. Elisitasi kebutuhan: sumber-sumber kebutuhan, teknik-teknik elisitasi. 6. Analisis kebutuhan: klasifikasi kebutuhan, pemodelan konseptual, metode heuristics, metode formal, negosiasi kebutuhan. 7. Spesifikasi kebutuhan: teknik spesifikasi kebutuhan. 8. Validasi kebutuhan: review kebutuhan, prototyping, validasi model, acceptance tests. 9. Konsiderasi praktis: proses rekayasa kebutuhan iteratif, manajemen perubahan, atribut kebutuhan, penelusuran kebutuhan, pengukuran kebutuhan. 10. Review SDLC dan software methodology, agile methodology, OOAD, Design principles, Component design, Configuration management, Continous integration, Service oriented Design, Code Inspection and Code Review 11. Perencanaan projek perangkat lunak. 12. Manajemen resiko.
3
2 IF5121
Pengembangan berbasis Komponen dan berbasis Pola
1. Konsep dasar: komponen, komposisi, model komponen. 2. Proses pengembangan berbasis komponen: siklus hidup komponen, siklus hidup sistem. 3. Survey model komponen saat ini: kategori berdasarkan komponen, kategori berdasarkan mekanisme komposisi. 4. Model komponen berbasis objek: objek sebagai komponen, pemanggilan metode sebagai mekanisme komposisi, Enterprise JavaBeans, JavaBeans. 5. Model komponen berbasis unit arsitektural: unit arsitektural sebagai komponen; koneksi port sebagai mekanisme komposisi; UML2.0. 6. Model komponen berbasis komponen terenkapsulasi: komponen terenkapsulasi, koordinasi sebagai mekanisme komposisi, web services. 7. Apa yang dimaksud dengan design patterns, bagaimana kerjanya dan mengapa diperlukan. 8. Bagaimana design pattern dapat membantu memecahkan permasalahan perancangan perangkat lunak. 9. Kapan dan mengapa digunakan masing-masing pola/ pattern, serta konsekuensi penggunaan setiap pattern. 10. Bagaimana menggunakan design pattern untuk merancang dan mengimplementasikan sistem perangkat lunak berorientasi objek yang adaptable. 11. Bagaimana menggunakan design patterns untuk merancang arsitektur perangkat lunak. 12. Hubungan antara design patterns dengan prinsip dasar perancangan program berorientasi objek.
3
3 IF5220
Kualitas P/L dan Verifikasi Formal
1. Dasar-dasar pengujian: pengujian sistem dan pengujian perangkat lunak, terminologi terkait pengujian, isu-isu kunci, hubungan antara pengujian dengan aktivitas lain. 2. Tingkat-tingkat pengujian: target pengujian, tujuan pengujian, komponen pengujian, integrasi pengujian, pengujian sistem, acceptance testing. 3. Teknik-teknik pengujian: berdasarkan intuisi dan pengalaman penguji, berdasarkan spesifikasi, berdasarkan kode, berdasarkan kesalahan, berdasarkan penggunaan, berdasarkan sifat dari aplikasi, memilih dan mengombinasikan teknik. 4. Evaluasi terkait pengukuran: evaluasi terhadap program atau sistem yang sedang diuji, evaluasi terhadap pengujian yang dilaksanakan. 5. Proses pengujian: pertimbangan-pertimbangan manajemen, aktivitas pengujian. 6. Dasar-dasar kualitas perangkat lunak: etika dan budaya dalam rekayasa perangkat lunak, nilai dan biaya dari kualitas, model dan karakteristik kualitas, peningkatan kualitas, kebutuhan kualitas perangkat lunak, karakterisasi defect. 7. Proses manajemen kualitas perangkat lunak: penjaminan kualitas perangkat lunak, teknik-teknik manajemen kualitas perangkat lunak, pengukuran kualitas perangkat lunak. 8. Theoretical foundations of model checking. 9. Property languages and their usage. 10. Performing automated verification with a software model checking tool. 11. Java Modeling Language (JML). 12. Formal Semantics of Systems. 13. Predicate Logic for Specification of Java Programs. 14. Translating JML into Dynamic Logic. 15. Verifying Proof Obligations.
3
4 IF5221
Inovasi Produk P/L
1. Pengantar Inovasi Produk Perangkat Lunak (Praktisi); 2. Identifikasi Topik dan Permasalahan; 3. Identifikasi dan Analisa Kebutuhan Pasar; 4. Identifikasi dan Analisa Kebutuhan Sistem; 5. Requirement Modeling; 6. Development & Quality Plans; 7. Commercialization Plan; 8. Presentasi proposal project; 9. Project work; 10. Presentasi dan demo.
3


Jalur pilihan Sistem Informasi

Mahasiswa jalur pilihan Sistem Informasi diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan tata kelola Sistem Informasi di level enterprise untuk memaksimalkan potensi sistem  dan meminimalkan risikonya menggunakan sumber daya Teknologi Informasi secara efisien.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5130
Strategi Digital
Berfikir strategis, prediksi arah perkembangan TI, adopsi teknologi informasi, manajemen perubahan dan pengembangan kebijakan, Manajemen & Governance, IT Governance Model, Maturity & Capability Maturity Models.
2
2 IF5131
System Thinking
Filsafat sistem, Prinsip Dasar Sistem, Sistem Sosikultural, Pengembangan, Metodologi Sistem, Pemikiran Operasional, Pemikiran Disain.
2
3 IF5132
Keberlanjutan Sistem Informasi
Konsep Keberlangsungan, Regulasi, Green in OS, Green by IS, product longevity, Data center Design, Software Optimization, Power Management, Material Recycling.
3
4 IF5230
Aplikasi Inteligensi Buatan Enterprise
Matakuliah disusun sekitar empat komponen utama: 1. Pengantar: Ilmu analitis pengukuran, Merumuskan pertanyaan penelitian, Dasar-dasar evaluasi program, Membedakan sumber data, “Big Data” – definisi, masalah teknis, kerangka kerja Kualitas dan berbagai kebutuhan, Pengantar data yang akan digunakan di kelas ini . 2. Kurasi Data: Pengantar API, konsep Database, taksonomi Database, Pengantar karakteristik basis data besar, Membuat skema data, ETL dalam berbagai basis data, Membuat kumpulan data untuk ditautkan, Menghubungkan dalam konteks data besar, Membuat data besar alur kerja, kebersihan data: kurasi dan dokumentasi. 3. Analisis Data: Apa itu pembelajaran mesin, Contoh, proses dan metode, Dasar-dasar analisis jaringan, Grafik terarah dan tidak berarah, Analisis relasional pada grafik, Nilai data teks, Paradigma analitik teks yang berbeda, Menemukan topik dan tema dalam jumlah besar teks data, Pentingnya informasi geografis, Dasar-dasar dalam analisis data spasial, Pemetaan data Anda. 4. Presentasi, Inferensi, dan Etika: Menggunakan paket grafis untuk visualisasi data, Sumber kesalahan khusus untuk data yang ditemukan (besar), Contoh analisis data besar dan kesimpulan yang salah, Inferensi dalam konteks data besar, Metode untuk memperbaiki kesalahan data, Big data dan privasi, Kerangka hukum, Kerangka statistik, teknik kontrol pengungkapan, Masalah etika, Pendekatan praktis.
3
5 IF6130
Tata Pamong Data
Informasi dan Peran data untuk Organisasi, Prinsip Data, Kebijakan dan Prosedur tentang data, Struktur Organisasi Data, Data Privacy, Data Sharing, data Protection.
2


Jalur pilihan Teknologi Informasi

Mahasiswa jalur pilihan Teknologi Informasi diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan analisis, pemodelan, perancangan, pembangunan, dan pengembangan sistem berbasis teknologi informasi.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5140
Perancangan Arsitektur Enterprise
Pengenalan Arsitektur Enterprise, Framework TOGAF, Zachman Framwork, Arsitektur Bisnis, Proses bisnis, Arsitektur bisnis, Arsitektur sistem informasi, Arsitektur infrastruktur, Arsitektur Berbasis Layanan, Jaringan untuk arsitektur berbasis layanan, Arsitektur penyimpanan data.
2
2 IF5142
Nilai & Risiko Teknologi Informasi
Nilai Teknologi Informasi (TI), Model Nilai TI, Model Nilai TI berdasarkan RBV, Validasi Nilai TI, Dynamic PAV, Analisis Cause-Effect, Diagram Fishbone, Forward Analysis.
2
3 IF5143
Riset & Inovasi Teknologi Informasi
Bidang Riset Teknologi Informasi (TI), Pemodelan sistem dalam Sistem Informasi/Teknologi Informasi, Rekayasa Sistem, Sumber daya manusia untuk TI.
2
4 IF5241
Manajemen Keamanan Informasi
Manajemen Keamanan Informasi, Perencanaan Keamanan Inofrmasi, Teknik Manajemen Keamanan, Asesmen Resiko, Strategi Keamanan Informasi, Kebijaksanaan dan Standard, Arsitektur Keamanan Informasi, Audit Keamanan Informasi, Manajemen Informasi dalam lingkungan Global, serta Etika Keamanan Informasi.
2
5 IF5242
Jaringan Informasi & Sosial
Pengantar jaringan informasi dan sosial, pemodelan, dan analisisnya.
2
6 IF5243
Manajemen Pengembangan Aplikasi
Pengenalan Manajemen Pengembangan Aplikasi, Dasar-dasar Pengembangan Aplikasi, Spesifikasi Kebutuhan Aplikasi, Pemrograman Berbasis Obyek (Dasar-dasar dan diagram obyek), manajemen proyek pengembangan aplikasi (dasar-dasar, pengembangan aplikasi, kualitas dan pengujian), masalah dan tantangan manajemennya pengembangan aplikasi.
2


Jalur pilihan Sistem Inteligensi

Mahasiswa jalur pilihan Sistem Inteligensi diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan konsep, teknologi, dan aplikasi artificial intelligence, termasuk kakas yang tepat sebagai solusi AI yang efektif dan efisien.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5180
Inteligensi Buatan Lanjut
Mata Kuliah Intelejensi buatan lanjut menitik beratkan pada topik-topik lanjutan mata kuliah intelijensia buatan. Diawali dengan pembahasan sekilas tentang IB, dilanjutkan dengan agents, logic, Bayesian, Markov decision networks, temporal reasoning dan juga scheduling. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami tentang IB secara menyeluruh. Penitikberatan kuliah ini akan dilaksanakan pada topik-topik terkair Decision Making, Heuristic Algorithms, Logical Agents, Markov Decision Networks, Temporal Reasoning, dan Scheduling. Disamping itu, pengetahuan atas Propositional Logic, Prolog, Intelligent Agents, Bayesian Networks akan sangat membantu mahasiswa untuk memahami perkuliahan secara menyeluruh.
3
2 IF6080
Pembelajaran Mesin Probabilistik
Pendahuluan dan konsep dasar PMP, Matematika untuk Pembelajaran Mesin, Pembelajaran Terawasi dan Regresi Linear, Probabilitas dan Estimasi, Model Grafis, Teori Pembelajaran Komputasi, Pembelajaran Semiterawasi, Representasi Pembelajaran, Pembelajaran Tidak Terawasi, Nueral Network.
3
3 IF5280
Representasi dan Penalaran Pengetahuan
Materi tersebut mencakup pengenalan, representasi berorientasi objek, description logics, ontologi, linked data dan semantic web, answer sets, case-based reasoning, specialized representation, dan representasi pengetahuan dalam aplikasinya.
3
4 IF5281
Deep Learning
Pengantar DL, Neural Network dan DL, Peningkatan Deep Neural Networks, Convolutional Neural Network, Model Sekuens, Penelitian DL, Aplikasi.
3


Jalur pilihan Teknologi Media dan Piranti Bergerak

Mahasiswa jalur pilihan Teknologi Media dan Piranti Bergerak diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan konsep, arsitektur, dan teknologi media dan piranti bergerak, serta pengembangan aplikasi media dan piranti bergerak dengan menggunakan kaidah interaksi manusia dan komputer serta metodologi rekayasa perangkat lunak yang baik dan sesuai.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5150
Rekayasa Perangkat Lunak untuk Domain Game
Rekayasa Perangkat Lunak untuk Domain Khusus Game, Desain Game, Arsitektur Mesin Permainan, Pengujian Game, Analitik Game, Etika dalam Membuat Game.
3
2 IF5151
Desain Interaksi, Visualisasi, dan Game
Pengantar Kuliah: Review Desain Interaksi dan aspek-aspek terkai tDesain Interaksi: Understanding User Visualisasi Data: Konteks dan Setting Tujuan, Identifikasi Faktor Kunci . Visualisasi Data:Metodologi Visualisasi Data:Taksonomi Pilihan-pilihan visualisasi data, pemahaman dan penalarannya Pilihan-pilihan visualisasi data, pemahaman dan penalarannya Pengantar Game & Video Game, Komponen dan Proses Konsep-konsep Game Game Worlds, Pengembangan Karakter Story Telling & Narratives, Antarmuka Pengguna Game Play Core Mechanics Game Balancing & Level Design Aliran Game.
3
3 IF5152
Pemrosesan dan Manajemen Data Multimedia
Kuliah ini memberikan pemahaman konsep dan kemampuan/skill dalam memproses dan mengelola data multimedia. Materi yang tercakup adalah: pengantar data dan aplikasi multimedia, review pemrosesan sinyal (Discrete Fourier Transform dan Fast Fourier Transform), review representasi data multimedia, analisis atomatis data multimedia (preporoses, ekstraksi fitur, pengenalan dan temu kembali kemiripan), manajemen data multimedia dan metode pengindeksan data multimedia, studi kasus aplikasi berbasis data multimedia.
3
4 IF5250
Pengembangan Aplikasi Piranti Bergerak
Pengenalan piranti bergerak, aktivitas pengembangan aplikasi piranti bergerak (analisa kebutuhan, prinsip dan pola perancangan, perancangan antarmuka (UI), penerapan teknologi, pengujian, kualitas).
2
5 IF5251
Pengembangan Aplikasi Media Interaktif
Pengenalan media interaktif, Pengenalan Game (konsep, desain, proses), Play dari Game, Produksi Game, Seni perancangan game, implementasi Game.
2


Jalur pilihan Komputasi Cloud

Mahasiswa jalur pilihan Komputasi Cloud diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan konsep, arsitektur, teknologi, dan aplikasi cloud computing dalam memberikan solusi komputasi untuk kebutuhan bisnis dan saintifik yang scalable dan berkinerja baik

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5160
Komputasi dan Arsitektur Cloud dan Utility
1. Revolusi dari sistem tersebar tradisional ke komputasi cloud 2. Konsep, model, dan arsitektur fundamental di komputasi cloud 3. Cloud-enabling technologies 4. Mekanisme komputasi cloud 5. Arsitektur lanjut komputasi cloud.
3
2 IF5161
Pengembangan Aplikasi Cloud
1. Pengantar aplikasi cloud native 2. Fundamental aplikasi cloud 3. Mengevaluasi model-model cloud service 4. Perancangan aplikasi cloud native 5. Pemrograman aplikasi menggunakan lingkungan cloud 6. Bekerja dengan data di cloud 7. DevOps dan cloud deployment.
3
3 IF5260
Manajemen Infrastruktur Cloud
1. Mekanisme manajemen cloud 2. Model cloud delivery 3. Pola pengelolaan cloud dan best practices 4. Metrik kualitas layanan dan service level agreement (SLA) 5. Metrik biaya dan model harga 6. Audit dan regulasi di cloud.
3
4 IF5261
Keamanan dan Kinerja Cloud
1. Konsep fundamental keamanan cloud 2. Concern dan ancaman keamanan cloud 3. Mekanisme dan teknik keamanan cloud 4. Isu multitenancy dan privasi.
3


Jalur pilihan Sains Data dan Inteligensi Buatan

Mahasiswa jalur pilihan Sains Data dan Inteligensi Buatan diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan pengelolaan, pemrosesan, dan interpretasi dataset besar dan kompleks untuk ekstraksi informasi dan pengetahuan penting.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5170
Pemodelan dan Pengelolaan Data
Kuliah ini menyampaikan konsep-konsep pemodelan dan manajemen data serta konsep big data, keamanan data, rekayasa data, dan visualisasi data. Kuliah ini juga meliputi keterampilan untuk menganalisis karakteristik dan kebutuhan data, mendesain dan mengorganisasi berbagai tipe data, mengidentifikasi, mengimplementasi, dan menjalankan berbagai operasi baik di basis data relasional maupun basis data NoSQL.
3
2 IF5171
Pembelajaran Mesin DSAI
Kuliah ini memperkenalkan berbagai konsep dan teknik dalam supervised learning (pembelajaran diawasi) misalnya regresi, support vector machines, dan decision trees; jaringan saraf tiruan; konsep dan teknik unsupervised learning (pembelajaran tak diawasi) seperti clustering dan principal component analysis; reinforcement learning; serta dasar-dasar dari teori pembelajaran (learning theory).
3
3 IF5180
Inteligensi Buatan Lanjut
Mata Kuliah Intelejensi buatan lanjut menitik beratkan pada topik-topik lanjutan mata kuliah intelijensia buatan. Diawali dengan pembahasan sekilas tentang IB, dilanjutkan dengan agents, logic, Bayesian, Markov decision networks, temporal reasoning dan juga scheduling. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami tentang IB secara menyeluruh. Penitikberatan kuliah ini akan dilaksanakan pada topik-topik terkair Decision Making, Heuristic Algorithms, Logical Agents, Markov Decision Networks, Temporal Reasoning, dan Scheduling. Disamping itu, pengetahuan atas Propositional Logic, Prolog, Intelligent Agents, Bayesian Networks akan sangat membantu mahasiswa untuk memahami perkuliahan secara menyeluruh.
3
4 IF5270
Sistem Big Data
Pada kuliah ini dibahas konsep-konsep yang berkaitan dengan sistem big data, yaitu stream processing (velocity), data stream management system, database NoSQL dan in memory database, stack technology pada lingkungan big data processing (isu volume), tantangan terkait perbedaan format data (variety) dan kualitas data (veracity), serta konsep yang terkait bagaimana menghasilkan value melalui analytics dan visualization. Di kuliah ini juga mahasiswa akan belajar untuk mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem big data melalui tugas proyek.
3
5 IF5271
Intelijen Bisnis dan Analitik
Kuliah ini memberikan berbagai konsep terkait intelijen bisnis dan analitik, yaitu konsep database relasional, database NoSQL key-value store dan document-oriented, datawarehouse, OLAP, data dan stream analytics, serta memberikan keterampilan menggunakan berbagai tools dan teknologi terkait seperti MysQL, Redis, MongoDB, PowerBI, Pentaho, MS SSAS, Azure Stream Analytics, dsb. dan untuk menerapkan konsep dan menggunakan tool dengan tepat dalam berbagai kasus serta mengevaluasinya.
3
6 IF6170
Visualisasi dan Narasi Data
Kuliah ini mendiskusikan tentang berbagai konsep yang terkait visualisasi data; visualisasi data dan persepsi manusia; proses visualisasi data, yaitu data acquisition, preparation, dll.; taksonomi teknik visualisasi data; tipe data dan variabel visual; visualisasi vektor dan skalar (visualisasi saintifik); visualisasi virtual reality dan visualisasi animasi; visualisasi interaktif; pembangunan dan evaluasi visualisasi data; visual data mining; isu-isu di seputar visualisasi data; visualisasi data dalam berbagai domain; serta bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan menggunakan data: mulai dari pemahaman terhadap audience, menentukan jenis visualisasi yang tepat, s.d. bagaimana menyampaikan narasi agar pesan tersampaikan dengan efektif kepada audience.
3
7 IF6091
Kerja Praktek Industri
Pada mata kuliah ini, mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan bekerja pada sebuah perusahaan, sebagai anggota tim untuk menyelesaikan pekerjaan yang di-assign. Pekerjaan yang dilakukan harus relevan dengan jalur pilihan mahasiswa.
2


Jalur pilihan Keamanan Siber

Mahasiswa jalur pilihan Keamanan Siber diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi berbasis riset untuk bidang Informatika, dengan merekayasa dan mengembangkan  pengembangan, pengoperasian, dan pengujian keamanan sistem siber (jalur pilihan.

No Kode Matakuliah SKS
1 IF5190
Keamanan dan Privasi Sistem
Mata kuliah ini berisi pengenalan atau dasar-dasar keamanan cyber dan pengaturan privasi yang terkait hal tersebut. Selain analisis dan perancangan keamanan dan privasi, juga dibahas terkait manajemen resiko serta penerapan keamanan dan privasi di berbagai domain.
3
2 IF5191
Keamanan Data dan Perangkat Lunak
-Pengenalan terkait bagaimana menyimpan data yang aman dari gangguan/ kerusakan yang tidak diharapkan.
-Pengenalan pendekatan dasar dan lanjut untuk membangun sistem perangkat lunak yang terpercaya, yang mencakup: reliability, availability, safety, resilience dan security.
-Pembahasan terkait konsep cryptography, komunikasi yang aman, integritas data dan autentikasi, keamanan penyimpanan informasi, hak akses, kebutuhan keamanan dan perannya dalam permasalahan desain dan implementasi, configuring dan patching.
3
3 IF5290
Forensik & Analisis Malware
-Mengidentifikasi pengaruh sosial dan hukum dari aktivitas dengan komputer, seperti: kejahatan komputer/ computer crime, hak cipta, masalah privasi, resiko, dan vulnerability 
-Membahas metode dan standar untuk ekstraksi dan preservasi 
-Memahami apsek berbeda dari bukyi digital: bagaimana mengungkap aktivitas ilegal pada disk dan memulihkan file-file dari kerusakan dengan memanfaatkan computer forensics tools dan teknik-tekniknya.
3
4 IF5291
Keamanan IT Operasi dan Jaringan
-Membahas perlunya keamanan, pendekatan keamanan, prinsip-prinsip keamanan, tipe-tipe serangan 
-Mengetahui dan memahami mode dan tipe algoritma, serta pengenalan symmetric/asymmetric key cryptography, International Data Encryption Algorithm (IDEA), Differential and Linear Cryptanalysis 
-Pengenalan digital certificates, Private Key Management, PKIX Model, Public Key Cryptography Standards, XML, PKI dan Keamanan. 
-Membahas tentang Internet Security Protocols
3

Wisudawan Program Magister Informatika, Juli 2022

NoNIMNAMAJalur PilihanPoster Tesis
123519024Giffari AlfarizySistem IntelijenVerifikasi Unanswerable Question pada Sistem Question Answering Menggunakan Sentence-BERT dan Cosine Similarity
223519033Hadi PermanaSistem IntelijenAnalisis Sentimen pada Bahasa Sunda Menggunakan Pre-trained Language Model Multi Bahasa
323519036Ayu KomalasariRekayasa Perangkat LunakOptimasi Prediksi Defect Menggunakan Kombinasi Metrik Perangkat Lunak
423520020Oktefvia Aruda LisjanaIntelijen BisnisKlasifikasi dan Clustering untuk Mendapatkan Struktur Teks Laporan Masyarakat
523520032Aditya Rachman PutraSistem IntelijenPembangkitan Abstract Meaning Representation Lintas Bahasa dari Kalimat Berbahasa Indonesia
623520036Sigit WidodoRekayasa Perangkat LunakPengembangan Kakas Bantu Deteksi Design Smell dengan Menggunakan UML Class Diagram
723520038Gisela KurniawatiSistem IntelijenPrediksi Performa Akademik dan Waktu Kelulusan Mahasiswa Menggunakan LSTM dan GRU
823520046I Nyoman SwitrayanaSistem IntelijenSistem Rekomendasi Paper Menggunakan Pendekatan Hybrid untuk Mengatasi Data Sparsity
923520049Hasna KarimahRekayasa Perangkat LunakPerancangan Dan Implementasi Sistem QAR Untuk Pembelajaran Sejarah Dengan Teknologi Marker Based Augmented Reality
1023521044Fajar MuslimSistem IntelijenPenyelesaian Coreference Resolution Bahasa Indonesia Menggunakan Arsitektur Word Level Coreference Resolution
1123521045Marsa Thoriq AhmadaSistem IntelijenImage Captioning Dengan Text Augmentation dan Transformer. Studi Kasus: Data Pariwisata

 

Wisudawan Program Magister Informatika, April 2022

NoNIMNAMAJalur PilihanPoster Tesis
123518031Kukuh MuhammadSistem InformasiPengembangan Protokol Komunikasi Data Aman pada Sistem IoT dengan Skema Autentikasi Mutual Berbasis HMAC untuk Menjamin Integritas Data
223518038Goklas Henry Agus PanjaitanTeknologi InformasiPlatform Deteksi Penyakit Daun Berbasis Komputasi Tepi Pada Sistem Multimedia IoT
323518039Izuardo ZulkarnainIntelijen BisnisEkstraksi Informasi Tabel Menggunakan Data Augmentation pada Deep Learning dan Image Processing
423519008Muhammad Haris MaulanaSistem IntelijenKategorisasi Aspek Tanpa Supervisi Untuk Analisis Sentimen Menggunakan Aspect Embedding dan Pruning
523519028Irvan AriyantoIntelijen BisnisKlasifikasi Mood Multilabel Berbasis Fitur Lirik Lagu Bahasa Indonesia
623519035Arrival Dwi SentosaSistem IntelijenPrediksi Resiko White Spot Syndrome Virus pada Udang Vannamei
dengan Pendekatan Machine Learning dan Expert Knowledge
723520011Fauzan FirdausSistem IntelijenPengenalan Wajah Bermasker menggunakan Deep Learning
823520022Made Raharja Surya MahadiSistem IntelijenMembangkitkan Gambar Dari Teks Deskripsi Bahasa Indonesia Menggunakan Generative Adversarial Networks
923520039Nadya AditamaSistem IntelijenEstimasi Kalori pada Jajanan Pasar di Indonesia Menggunakan Mask R-CNN dan Regresi Linear Berganda
1023520044Haris OrizadiIntelijen BisnisPrediksi Multivariate Time Series Domain Finansial Menggunakan Spectral Temporal Graph Neural Network
1123520053I Putu Eka Surya AdityaIntelijen BisnisPembelajaran Transfer dengan Post Training untuk Analisis Sentimen Berbasis Aspek Berbahasa Indonesia

 

Wisudawan Program Magister Informatika, Oktober 2021

No.NIMNamaJalur PilihanPoster Tesis
123517003Eki SaputraTeknologi InformasiImplementasi Algoritma Fuzzy Topsis untuk Penjadwalan dan Sebaran Penerima Bantuan BST Di Kota Bandung Pada Masa Pandemi
223518021Jadequeline Marsha PricilaSains KomputerPembangkit Keterangan Gambar Dengan SeqGAN Menggunakan Augment-Reinforce (AR) Estimator
323518035Wisnu Arya DipaSistem InformasiPrediksi Defect Perangkat Lunak Menggunakan SMOTE dan Artificial Neural Network
423519004Muhammad Husni MubarakIntelijen BisnisPeramalan Konsumsi Listrik Bulanan dengan Metode Hybrid ARIMA-RF dan Teknik Dekomposisi CEEMDAN-SSA
523519010Oky RahmantoRekayasa Perangkat LunakTrust Management Dalam Heterogeneous IoT System
623519013Zalid Qomalita HijrianaSistem IntelijenVerifikasi Wajah 3D dari Gambar Tunggal Beresolusi Rendah Berdasarkan Eksploitasi Deep Convolutional Feature
723519015Muhammad Adrinta AbdurrazzaqIntelijen BisnisOptimasi Arsitektur MAGNET dalam Klasifikasi Teks Multi-Label
823519021Muhammad Sidik AsyakySistem IntelijenPenerapan Word Embeddings dan UMAP Untuk Meningkatkan Kinerja HDBSCAN Pada Clustering Teks Pendek
923519026Adnan Setiawan ARRekayasa Perangkat LunakSistem E-voting Berbasis Blockchain
1023519034Mokhamad Arfan WicaksonoIntelijen BisnisAnalisis Statistik dan Model Prediksi Throughput pada Wireless Sensor Network Multimedia Menggunakan Pembelajaran Mesin Mendalam dengan Arsitektur Long Short-Term Memory
1123520008Sistem IntelijenImplementasi Reinforcement Learning dengan Pendekatan Komputasi Kuantum
1223520018Kurniandha Sukma YunastrianRekayasa Perangkat LunakPenentuan Prioritas Kebutuhan Perangkat Lunak Dengan Metode Collaboration Value Oriented Prioritization
1323520019Ranindya ParamithaRekayasa Perangkat LunakStudi Security Smell pada Aplikasi Berbahasa Java
1423520025Irfan Ihsanul AmalSistem IntelijenPembangkitan Teks Judul Spesifik untuk Gambar Produk Menggunakan Atribut Semantik
1523520033Rifo Ahmad GenadiSistem IntelijenPembelajaran Transfer dan Representasi Berbasis Span untuk Ekstraksi Triplet Opini untuk Analisis Sentimen Berbasis Aspek
1623520043Dandy Arif RahmanSistem IntelijenPemanfaatan Shallow Learning untuk Klasifikasi COVID-19 Berdasarkan Suara Batuk
1723520302Dinda Yora IslamiSistem IntelijenPengembangan Model Akustik Menggunakan DNN Berbasis Chain Model Pada Sistem Pengenal Ucapan (Studi Kasus: Percakapan Kedokteran Gigi)

 

Wisudawan Program Magister Informatika, Juli 2021

No.NIMNamaJalur PilihanPoster Tesis
123518013Setyo LegowoSains KomputerStudi Peningkatan Kecepatan Inferensi Model BERT pada CPU x86 Menggunakan Apache TVM
223519001Amany AkhyarSistem IntelijenPeringkasan Otomatis Berita Berbahasa Indonesia Dengan Abstract Meaning Representation
323519003Paulus Setiawan SuryadjajaSistem IntelijenPenerapan Sentence-BERT untuk Meningkatkan Kinerja Peringkasan Teks Ekstraktif Berbasis Density Peaks Clustering
423519005Triana Dewi SalmaIntelijen BisnisKlasifikasi Teks Menggunakan XLNet dengan Proses Pelabelan Otomatis Infomap
523519011Annisa MuzdalifaSistem IntelijenAbstraksi Kluster dengan Graph Reduced Summarization terhadap Hasil Pencarian Kata Kunci Berbasis Metode Klustree
623519012Gayuh GiliyuwanaIntelijen BisnisOptimasi Clustering dengan Variable Weighting K-Means dan Antlion Optimizer untuk Pengelompokkan Feeder 20 kV Berdasarkan Indeks Keandalan Sistem Distribusi Tenaga Listrik
723519018Keenan Adiwijaya LemanSistem IntelijenAplikasi Pengenalan Aktivitas Manusia Sebagai Sistem Pendeteksi Kekerasan Fisik
823519027SuwardimanIntelijen BisnisAdaptive Ridge Regression-FS dengan Normalisasi Pembobotan pada Prediksi Pertumbuhan PDB Indonesia dengan Google Trends
923520003Nabila Rahmi MaulidaIntelijen BisnisPembelajaran Mesin Menggunakan Gabungan Model ARIMA dan LSTM Untuk Prediksi Kepadatan Lalu Lintas
1023520027Hamdi Ahmad ZuhriIntelijen BisnisSistem Rekomendasi Produk pada E-commerce Menggunakan Multi Task Two Tower Retrieval Model

 

Wisudawan Program Magister Informatika, April 2021

No.NIMNamaJalur PilihanPoster Tesis
123516006Adhe Setya PramayogaKeamanan Sistem Perangkat LunakPengamanan Pesan Pada Protokol MQTT-SN Berbasis Teknologi LoRa Menggunakan Skema Authenticated Encryption with Associated Data
223518002Andreas Novian Dwi TriastantoSistem IntelijenQuery by Humming Music Information Retrieval dengan Menggunakan Ekstraksi Melodi Berbasis DNN-LSTM dan Filtrasi Derau
323518015Inkreswari Retno HardiniTeknologi InformasiPengembangan Sistem Pelacakan Wajah Berbasis Mean-Shift dengan Optimasi Locust Search Algorithm
423518025Zilfikri Yulfiandi RachmatSistem IntelijenPeningkatan Performansi Algoritma Virus Colony Search Pada Permasalahan Travelling Salesman Problem
523518037Fais Zharfan AzifTeknologi Media & Piranti BergerakPerancangan Kerangka Kerja Evaluasi Game Edukasi Berdasarkan Mekanik Game
623519009Isjhar KautsarSistem IntelijenModel Akustik mGRUIP dengan Temporal Convolution pada Sistem Pengenalan Suara untuk Evaluasi Bacaan Alquran
Informasi Umum

Pendaftaran calon mahasiswa baru program Magister ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2022  akan dilaksanakan mulai tanggal 8 Februari 2022, dalam 6 gelombang pelaksanaan.Untuk periode ini seleksi di Program Studi Magister Informatika dilakukan dalam 4 gelombang yaitu gelombang 1, 4, 5 dan 6.

Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 (masa perkuliahan semester I tahun 2022/2023) tanggal 8 – 25 Februari 2022.

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester I tahun 2022/2023 adalah sebagai berikut :

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/itb_versi1/magister-doktor.

Persyaratan Umum

  • Lulusan Program Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.
  • Bagi pelamar yang menggunakan Ijazah/Sertifikat Setara Ijazah jenjang D4, calon yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti Program Matrikulasi, bila dinyatakan lulus seleksi di ITB

Pelamar Program Magister ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:

  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh program studi tujuan
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

Sesuai dengan Peraturan Akademik ITB, pasal 18 ayat (3) “Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana ITB dapat dibatalkan apabila yang bersangkutan”:

  1. Terbukti melakukan kecurangan pada saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  2. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah dinyatakan drop out.
  3. Pernah terdaftar sebagai mahasiswa program pascasarjana di ITB pada jenjang/strata yang sama dan telah mengajukan pengunduran diri (UNDRI) dari program studi tersebut, dikecualikan untuk mahasiswa program pascasarjana yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan nonakademis yang dapat diterima oleh ITB.

Calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman Registrasi dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

  • Ijazah program sarjana asli. Bila ijazah belum diperoleh dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat Sarjana dan lulus minimum 144 SKS/lulus yudisium. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Transkrip program sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki asuransi kesehatan yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS. Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah kartu peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan tangkapan layar (screenshot) dari aplikasi JKN online. Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau tangkapan layar (screenshot) dari JKN online
  • Pas foto
  • Surat kesediaan mengikuti Program Magister ITB
  • Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Magister ITB
  • Surat pernyataan keaslian dokumen
  • Pernyataan tujuan (statement of purpose) pelamaran Program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (statement of purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.
  • Sertifikat TPA Bappenas asli. Persyaratan nilai TPA Bappenas minimum sebesar 475.
  • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris asli, dalam bentuk :
  • TOEFL iBT(diakui oleh org) minimum sebesar 56, atau
  • TOEFL ITP(diakui oleh org) minimum sebesar 475, atau
  • TOEIC (diakui oleh org) minimum sebesar 500, atau
  • IELTS (diakui oleh org) minimum sebesar 5, atau
  • ELPT ITB minimum sebesar 77
  • Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah sebagai berikut:
  • Calon mahasiswa mengunggah dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang sesuai dengan ketentuan ITB di laman Registrasi pada masa pendaftaran calon mahasiswa ITB.
  • Dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes) pada 17 Agustus 2022.
  • Bagi pelamar program magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan sertifikat nilai TPA Bappenas asli digantikan dengan mengunggah portofolio
  • Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas dan TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.
  • Berkenaan dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, khusus bagi calon mahasiswa yang mengalami kesulitan memperoleh dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB, dapat melengkapi kedua dokumen persyaratan tersebut pada tanggal yang dijanjikan calon mahasiswa di laman pendaftaran program Pascasarjana ITB.  Batas akhir pengunggahan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah 31 Juli 2022 pukul 23.59 WIB. Harap menjadi perhatian, persyaratan pemenuhan TOEFL dan TPA bisa berubah sesuai kondisi. Calon mahasiswa diwajibkan memonitor pengumuman yang akan diberikan melalui laman https://admission.itb.ac.id.
  • Calon mahasiswa yang memerlukan informasi tes TPA Bappenas atau TOEFL ITP/ELTP dapat menghubungi laman berikut: 
  • Proses seleksi mahasiswa pascasarjana ITB tidak terafiliasi dengan tempat tes di daftar ini kecuali hanya memberikan informasi untuk memudahkan calon pendaftar.
  • Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Rekomendasi tersebut diisikan ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti Program Pascasarjana ITB.
  • Pelunasan Biaya Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.
  • Besaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB
    • Peminat SBM ITB: 000,-  (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per pendaftaran
    • Peminat fakultas/sekolah selain SBM ITB: 000,-  (enam ratus ribu rupiah) per pendaftaran
  • Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. 
  • Biaya pelaksanaan seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Selain dari persyaratan di atas, khusus bagi peserta yang memilih Program Magister Berbasis Riset (Master by Research/MBR) diminta untuk melengkapi penambahan persyaratan berikut:

  • Portofolio pelamar dan bukti capaian riset
  • Proposal rencana riset
  • Kesediaan calon dosen pembimbing, diisi secara daring melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email calon dosen pembimbing
  • Rekomendasi calon dosen pembimbing, diisi secara daring melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email calon dosen pembimbing

Pendaftaran calon mahasiswa Program Magister ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online atau tidak melengkapi dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan ITB, akan dinyatakan tidak lulus seleksi kelengkapan dokumen dan tidak diperkenankan untuk mengikuti diproses seleksi lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Magister ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing. Informasi mengenai jadwal dan materi tes tersebut dapat diperoleh di laman ini pada bagian Jadwal Tes Program Studi.

 

Persyaratan Khusus

Calon mahasiswa program Magister Informatika ITB merupakan lulusan program Sarjana (S1) atau D4, dalam bidang Sains dan Teknik dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi atau yang disamakan.

Jadwal dan Materi Tes Seleksi

Pendaftaran Online https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana

Jadwal dan Materi Tes Seleksi Magister Informatika

Jenis tes: tertulis

Gelombang 1: 2 Maret 2022 (08.00 – 12.00 WIB)
Gelombang 4: 31 Mei 2022 (08.00 – 12.00 WIB)
Gelombang 5: 29 Juni 2022 (08.00 – 12.00 WIB)
Gelombang 6: 19 Juli 2022 (08.00 – 12.00 WIB)

Materi Tes Tertulis
  • Algoritma dan Struktur Data
  • Basis Data dan Data Model
  • Arsitektur Komputer dan Sistem Operasi
  • Matematika Diskrit, Probabilitas, dan Statistika

Fast Track untuk Magister Informatika

Persyaratan
  1. Calon Peserta telah menyelesaikan 90 SKS pada Semester 5 (lima) dengan
    nilai sekurang-kurangnya C dan NR (nilai rata-rata) 3.00 (tiga koma nol-nol); atau
  2. Calon Peserta telah menyelesaikan 108 SKS pada Semester 6 (enam) dengan nilai sekurang-kurangnya C dan NR (nilai rata -rata) 3.00 (tiga koma nol-nol).
  3. Peserta PPSM dapat mengambil matakuliah di program studi lain dan lintas Fakultas/Sekolah sesuai dengan program studi tujuan pada Program Magister-nya.
  4. Peserta PPSM mengambil sekurang-kurangnya 9 (Sembilan) SKS matakuliah pada Program Magister tujuan saat yang bersangkutan menempuh Program Sarjana.
  5. Calon Peserta PPSM akan mengambil tesis sesuai dengan Program Studi Magister tujuan
  6. Calon Peserta PPSM bersedia Lulus dari Program Sarjana selambatnya pada Yudisium Juni
  7. Calon Peserta PPSM mengisi formulir pendaftaran terlampir.

Formulir pendaftaran dan prosedur administrasinya bisa dilihat di: sini

Sosialisasi Fast Track untuk S2 Informatika