Pengabdian Masyarakat HME ITB: Instalasi PLTS Atap dan Pengajaran di SDN Sukamanah, Pangalengan.

Bandung, stei.itb.ac.id – Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB (HME ITB) kembali menunjukkan dedikasinya dalam mengimplementasikan keilmuannya dengan berkontribusi bagi masyarakat melalui program pengabdian masyarakat. Pada program ini, 29 mahasiswa/i sebagai perwakilan HME ITB telah berhasil melaksanakan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap dengan kapasitas 2,1 kWp dan pengajaran di SDN Sukamanah, Pangalengan, Bandung pada Maret 2024.

Pemasangan PLTS atap di SDN Sukamanah dilakukan dengan tujuan mengatasi sejumlah permasalahan mendasar yang dihadapi oleh sekolah ini. Terletak di daerah Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, SDN Sukamanah telah mengidentifikasi beberapa alasan kuat untuk menerapkan solusi energi terbarukan. Salah satunya, yaitu kerusakan infrastruktur sekolah sebagai dampak dari gempa yang pernah terjadi pada 2019 silam. Kerusakan tersebut mengakibatkan pasokan listrik untuk pencahayaan tiap kelas belum tersedia. Oleh karena itu, diperlukan rekonstruksi ulang dengan upaya memperbaiki kelistrikan yang didukung oleh PLTS atap.

HME ITB juga terlibat aktif dalam memberikan pengajaran kepada siswa-siswi SDN Sukamanah dari kelas satu hingga enam tentang konsep energi baru terbarukan dan pengetahuan dasar tentang PLTS atap. Dengan demikian, program ini tidak hanya menciptakan dampak positif secara langsung melalui penyediaan sumber dan akses listrik alternatif ramah lingkungan yang lebih merata di seluruh sekolah, tetapi juga secara tidak langsung meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang keberlanjutan energi di kalangan generasi muda.

Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB (HME ITB) menyampaikan terima kasih atas keberhasilan program ini yang tidak lepas dari dukungan penuh berbagai pihak, termasuk sponsor dari Ikatan Alumni Elektro ITB (IAE ITB), PT Kilang Pertamina Internasional, dan PT PLN (Persero). Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dr. Arwindra Rizqiawan selaku advisor program ini, serta kepada guru, staf SDN Sukamanah, anggota HME ITB, dan seluruh pihak lainnya yang telah memberikan bantuan serta dukungan dalam mewujudkan instalasi PLTS atap dan pengajaran ini.

Sumber Berita : Caitleen Devina (13221065) dan Jazila Faza Aliyya Nurfauzi (13221011)