Inovasi Teknologi: STEI ITB Menerima Laptop Advan dengan Motherboard Hasil Pengembangan KEDAI REKA untuk Meningkatkan Nilai TKDN

Bandung, stei.itb.ac.id – Pada hari Senin, 18 Mei 2024, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar acara serah terima laptop Advan yang mengusung inovasi motherboard yang dikembangkan oleh Tim Peneliti KEDAI REKA 2023 yang diketuai oleh Dr.Eng Sarwono Sutikno. Acara berlangsung di Ruang Rapat STEI Lt.2 Labtek VIII dengan dihadiri oleh Dr. Tutun Juhana, Dekan STEI.

Inovasi ini menandai langkah maju dalam peningkatan nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) laptop tanpa BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) di Indonesia. Dikembangkan melalui kolaborasi antara STEI ITB dan Advan, motherboard yang dirancang oleh Dr.Eng Sarwono Sutikno bersama Tim Peneliti KEDAI REKA 2023 berhasil meningkatkan TKDN laptop tanpa BPM dari 25% menjadi 35%.

Laptop Advan dengan motherboard inovatif ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor komponen-komponen elektronik serta memperkuat industri teknologi dalam negeri.

Acara serah terima ini menjadi momentum penting dalam perjalanan STEI ITB dan Advan dalam menciptakan inovasi teknologi yang berdampak positif bagi masyarakat dan industri di Indonesia.