Kesuksesan Gemilang STEI ITB di Huawei ICT Competition National Level 2023-2024: Dominasi Total dari Juara 1 hingga 3

Bandung, stei.itb.ac.id – Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) mencatatkan prestasi memukau di Huawei ICT Competition National Level 2023-2024. Dalam kompetisi yang berlangsung sejak Agustus hingga Desember 2023 ini, STEI ITB berhasil memborong penghargaan mulai dari juara pertama hingga ketiga, menunjukkan keunggulan dan dedikasi luar biasa dari para pesertanya.

Kompetisi yang dimulai dengan training offline pada Juli hingga Agustus 2023 untuk materi Datacom dan Cloud Services, menjadi awal mula keberhasilan tim STEI ITB. Training intensif ini mempersiapkan peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Ujian seleksi tingkat universitas yang diadakan secara online pada 28 Oktober 2023 menyaring para peserta terbaik dari ITB. Tiga besar dari setiap track berhasil mewakili ITB di tingkat nasional, menandakan kekuatan tim STEI ITB dalam berbagai aspek teknologi informasi dan komunikasi.

Puncak kompetisi terjadi pada 25 November 2023, dimana Huawei ICT Competition National Final diadakan secara online. STEI ITB menunjukkan dominasinya dengan meraih kemenangan dalam berbagai kategori:

Woman in Tech Best Instructor 2023 diraih oleh Ibni Inggrianti, seorang tenaga kependidikan di STEI ITB dan Ribka Tiarma, mahasiswa berprestasi dari STEI ITB, terpilih sebagai Woman in Tech Best Student 2023.

Tim yang dibimbing oleh Ibni Inggrianti, yang terdiri dari Ribka Tiarma, Helmi Ahmad Khaderani, dan Yeremias Mangu, berhasil menjadi juara pertama di Network Track.

Di Cloud Track, tim yang dibimbing oleh Abdul Latif dan terdiri dari Bevan Julio Krisna, Dennys Yudhystira Hutapea, dan Nissha Kinaya Maureen Sibayak juga meraih juara pertama.

Di Innovation Track, tim yang juga dibimbing oleh Abdul Latif meraih posisi kedua.

Dan di Computing Track, tim yang dibimbing oleh Eueung Mulyana berhasil menduduki posisi ketiga.

Pengumuman dan pemberian penghargaan dilakukan pada acara Indonesia Digital Talent Day 2023, tanggal 20 Desember 2023. Prestasi ini tidak hanya menunjukkan keahlian dan kemampuan akademik yang luar biasa dari mahasiswa dan dosen STEI ITB, tetapi juga komitmen mereka terhadap inovasi dan pengembangan teknologi.

Kompetisi ini akan berlanjut pada akhir Desember 2023 dengan ICT Competition AP Regional Final dan akan mencapai puncaknya di ICT Competition Global Final pada Mei 2024. Dengan pencapaian ini, STEI ITB telah menetapkan standar tinggi dan membuka jalan bagi kesuksesan lebih lanjut di kancah internasional. Seluruh komunitas ITB dan Indonesia bangga atas pencapaian luar biasa ini.