IEEE CASS Day 2023: STEI ITB Menjadi Tuan Rumah Acara Teknologi dan Inovasi Internasional

Bandung, stei.itb.ac.id — Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan bangga menyelenggarakan IEEE Circuits and Systems Society (CASS) Day 2023, sebuah acara internasional yang berlangsung selama dua hari penuh kegiatan dan diskusi ilmiah. Acara ini dibagi menjadi dua sesi yang berlangsung pada 18 dan 19 Desember 2023, di dua lokasi berbeda di kota Bandung.

Pembukaan resmi acara IEEE CASS Day 2023 pada sesi pertama tanggal 18 Desember di Auditorium IPTEK Campus Center Timur ITB, dilakukan oleh Dr. Tutun Juhana, Dekan STEI ITB. Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, Dr. Tutun Juhana menyambut para peserta dan menekankan pentingnya forum internasional seperti ini dalam memajukan penelitian dan inovasi di bidang teknik elektro dan informatika.


 
Sesi pertama, yang merupakan seminar ini diisi oleh empat keynote speaker terkemuka. Prof. Jie Chen, Chair Professor of Electronic Engineering dan Fellow of IEEE, AAAS, IFAC, membuka dengan topik “Artificial Intelligence: A New Research Area for Biomedical Informatics“. Diikuti oleh Prof. Fakhrul Zaman Rokhani, IEEE CASS Vice President Education and Communications, dengan presentasi mengenai “Precision Ageing for a High Quality of Life of Senior Adults“. Sementara itu, Dessi Puji Lestari, S.T, M.Eng., Ph.D., peneliti, mengangkat topik “Speech Processing Technology for Indonesia Language: Research and Application“. Dan Nur Ahmadi, S.T, M.Eng., Ph.D. DIC, juga seorang peneliti, memperkenalkan “Unobtrusive Contactless Monitoring of Daily Activities Using Radar and Artificial Intelligence“.

Sesi kedua, pada tanggal 19 Desember 2023 di Hotel Savoy Homan, Bandung, berfokus pada Student Branch Chapter Workshop. Workshop ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara Asia, yang mendapat kesempatan untuk mempresentasikan negaranya serta perkembangan IEEE di negara masing-masing. Selain itu, mereka diajak berkeliling kampus ITB, dengan kunjungan khusus ke Laboratorium Microelectronics Center dan Laboratorium Biomedical Engineering. Salah satu highlight adalah kegiatan diskusi kelompok, di mana para mahasiswa dibagi dalam grup acak untuk membahas dan mempresentasikan solusi atas kasus dengan topik yang sudah ditentukan, diantaranya, “How to prepare social event for CASS” dan “How to orgenize technical workshop for CASS“.

Penutupan IEEE CASS Day 2023 oleh Dr. Tutun Juhana, Dekan STEI ITB, menandai kesuksesan acara. Beliau mengungkapkan rasa bangganya dan berterima kasih atas semangat para peserta yang datang dari berbagai negara untuk menghadiri acara ini di Bandung. Acara ditutup dengan pertunjukan Tarian Tradisional Rampak Gendang dan sesi foto bersama, meninggalkan kesan yang mendalam bagi semua peserta.

IEEE CASS Day 2023 di ITB telah sukses menjadi sebuah platform bagi pertukaran pengetahuan dan inovasi di bidang teknik elektro dan informatika, sekaligus memperkuat jaringan antar akademisi, peneliti, dan mahasiswa dari berbagai belahan dunia, menegaskan kembali posisi ITB dan Indonesia di panggung teknologi global.