935 total views,  28 views today

Pada hari Rabu, 26 Oktober 2022, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB menerima kunjungan dari Perwakilan The International Urban and Regional Cooperation programme (IURC). Tim IURC disambut langsung oleh Dekan STEI ITB, Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T., Wakil Dekan Bidang Akademik STEI ITB, Dr. techn. Saiful Akbar, S.T, M.T., Wakil Dekan Bidang Sumberdaya STEI ITB, Dr. Widyawardana Adiprawita, S.T, M.T., serta Dosen dari KK Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengetahuan, Dr. tech. Wikan Danar Sunindyo, S.T, M.Sc.

Kunjungan tersebut adalah bagian dari rangkaian studi banding IURC ke Bandung, yang bekerja sama dengan Kota Roma, Italia, terutama di sektor pangan perkotaan dan pertanian berkelanjutan. Program kerjasama tersebut telah dimulai sejak November 2021 dan akan berlangsung sampai 2023.

Sapienza University of Rome – C.I.T.E.R.A, sebagai key partner Kota Roma, telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan kerjasama dengan Kota Bandung dengan tema Renovation Wave, khususnya Green Buildings/efisiensi energi pada bangunan.

Kegiatan kerjasama dimulai dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (STEI ITB) sebagai bagian dari klaster akademisi, dengan partisipasi Dr. tech. Wikan Danar Sunindyo, S.T, M.Sc. dalam Summer School GIS-BIM 2022 edisi ke-3 (Juli 2022 ) dengan topik¬† “the Digital Twin integrated with innovative solutions in the management of the design process of Green Infrastructure‚ÄĚ.

The International Urban and Regional Cooperation programme (IURC) adalah program Uni Eropa (EU) yang mempromosikan kerjasama multi-kota yang terdesentralisasi dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, membangun kemitraan antara kota-kota EU dan non-EU pada skala global.

Melalui acara networking, sharing best practice, studi banding, pertukaran ilmu dan kontak langsung dengan pejabat kota, kota-kota akan dapat memfokuskan kerjasamanya. IURC memungkinkan pemerintah daerah untuk melaksanakan proyek percontohan yang melibatkan penelitian, masyarakat sipil & mitra bisnis.