STEI ITB Menjadi Percontohan Pembangunan Zona Integritas

Bandung stei.itb.ac.id, Pada tanggal 25 Juni 2021, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan deklarasi dan pencanangan pembangunan Zona Integritas. Zona Integritas merupakan suatu upaya dalam perubahan pemerintahan ke arah yang lebih baik. 

Pembangunan zona integritas ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) No. 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah dan No. 11 tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 dan Peraturan Presiden RI No. 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

STEI ITB ditunjuk sebagai proyek percontohan di lingkungan ITB untuk Zona Integritas (ZI) didukung dengan adanya beberapa upaya seperti pembuatan rencana, pelaksanaan program, dan evaluasi berkesinambungan terhadap pembangunan ZI Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Langkah selanjutnya berfokus pada pembangunan Manajemen Risiko serta Pembenahan Proses Bisnis dari mulai tingkat 0 (ITB Pusat)

“Pencanangan yang dilakukan pada salah satu unit kerja, bukan berarti hanya berlaku pada unit kerja tersebut saja. Namun gerakan membangun Zona Integritas mutlak dilaksanakan oleh semua unit kerja di lingkungan ITB.” Ungkap Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. mengutip laman ITB, Jumat, 25 Juni 2021.

 

Dengan ditunjuknya STEI ITB menjadi model percontohan di lingkungan ITB membuat Koordinator Hukum Tata Laksana dan Kepegawaian Direktorat Kemendikbudristek, Suwitno memberikan dukungan dalam membantu dan memfasilitasi ITB untuk meningkatkan komitmen para pimpinan dan seluruh staf di lingkungan STEI ITB.

“Kami dari STEI ITB tentu meminta dukungan dari seluruh stakeholder agar STEI ITB dapat memperoleh Zona Integritas WBK dan WBBM” Kata Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T. selaku Dekan STEI ITB

 

Terdapat dua media yang meliput acara deklarasi dan pencanangan pembangunan Zona Integritas di STEI ITB ini, diantaranya oleh laman ITB yang dapat diakses melalui https://www.itb.ac.id/berita/detail/57963/stei-itb-dipilih-sebagai-model-percontohan-pembangunan-zona-integritas 


Selain dari ITB, terdapat juga media medcom.id yang memberitakan mengenai percontohan pembangunan Zona Integritas di STEI ITB yang dapat diakses melalui  https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/JKRWRa3N-stei-itb-bakal-jadi-proyek-percontohan-pembangunan-zona-integritas 

(Artikel oleh Rio Prawira Octavieri, D4 Manajemen Produksi Media Universitas Padjadjaran)