Studium General “Radio Astronomi”

Pada hari Senin tanggal 17 Desember 2012 telah dilaksanakan Studium General bertempat di ruang Multimedia Lantai 2 Labtek 8 yang mengambil tema tentang “Radio Astronomi”. Radio Astronomi/Astronomi radio mencakup radio waves, microwaves(mm dan submm). Microwaves submm dapat mendeteksi uap air dan oksigen. Mm/submm  mempunyai range panjang gelombang 30-700 GHz, ground based. Teknik pengamatan dapat berupa single dish dan interferometry.

Pengamatan galaksi dapat dilakukan menggunakan teleskop atau menggunakan teknik astronomi radio. Dengan astronomi radio pengamatan dapat dilakukan lebih detail. Banyak contoh-contoh telescope yang ada di dunia, beberapa diantaranya adalah The Arecibo Telscope, The IRAM 30m telescope (mm), The James Clerk Maxwell Telescope(submm) dan the IRAM Plateau de Bure Interferometer(mm). Telescope jenis lain adalah telescope array.

Teknologi selanjutnya adalah e-VLBI dengan memanfaatkan internet. Semua teleskop yang ada di dunia digabungkan menjadi satu dengan menggunakan teknologi telescope array yang dihubungkan menggunakan internet. IVS adalah salah satu lembaga yang menggabungkan semua data-data tersebut menjadi satu. Data-data tersebut diharapkan menjadi acuan untuk pengamatan-pengamatan selanjutnya yang lebih akurat dan lebih cepat.

Telah banyak di dunia yang menggunakan teknologi astronomi radio, salah satunya adalah pendeteksi kanker dengan gelombang radio tertentu, dan pendeteksi cuaca.