Open House KK Elektronika: Enabling Technology with Electronics

Beberapa waktu lalu, Kelompok Keilmuan Elektronika telah menyelenggarakan kegiatan Open House (OH) dengan tema Enabling Technology with Electronics. Acara yang dilaksanakan tanggal 24 April 2012 lalu, diisi dengan kegiatan utama yaitu kuliah umum dari Vice President of IT Strategy University of The Ryukyus, Japan, Prof. Fire Tomohisa Wada. Beliau menyampaikan materi tentang OFDM Transceivers: Principles and Implementation and Latest Developments. Hadir juga sebagai pembicara tamu dalam kuliah umum tersebut adalah Jeffry B.S. dari PT. Tricada.

Pembicara menjelaskan bahwa OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) adalah metode pengiriman data yang sedang popular digunakan saat ini. Pada kuliah umum ini Prof. Wada, begitulah sapaan akrabnya, menjelaskan mengenai prinsip dari OFDM ini dan menjelaskan OFDM pada sistem WLAN. Kemudian, beliau juga menjelaskan mengenai OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access). Pada kuliah umum ini juga, Prof. Wada tidak hanya menjelaskan mengenai teori saja, namun beliau juga menjelakan implementasi dari OFDMA ini. Di tempat asalnya, beliau telah mengembangkan produk yang berbasiskan teknologi OFDM ini, misalnya WiMAX, XGP transceivers, dan LTE analyzer.

Selain kuliah umum,kegiatan OH yang diselenggarakan di Auditorium dan Galeri Room Campus Center Timur ITB, ini diisi dengan forum diskusi mengenai “Peluang dan Tantangan Bidang Profesi Elektronika dalam Memperkuat Daya Saing Industri ICT, Consumer Goods, Transportasi, dan Pertahanan Keamanan”, kemudian ada pameran tentang elektonika, dan Open Labs diantaranya IC Design Laboratory, VLSI – Research Group, Semiconductor Device laboratory, Electronics & Components Laboratory, Advanced Wireless Research Group, RF Research Group, dam IC Processing Research Group.

Berita Lainnya bisa dilihat disini: http://www.itb.ac.id/news/3588.xhtml

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/