17,536 total views,  238 views today

Acara syukuran wisuda ini berlangsung pada tanggal 18 Juli 2020. Pada saat acara berlangsung terlihat banyak sekali antusias dari keluarga serta sahabat wisudawan yang mengucapkan selamat dengan hangat dan bangga.

Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Dekan STEI yaitu Dr. Tutun Juhana ST., MT. Beliau mengatakan untuk jangan lupa selalu bersyukur karena walau dengan keadaan yang sulit, wisudawan tetap bisa menyelesaikan studinya dengan baik, dan tetap berkontribusi kepada ITB khususnya STEI.

“Semoga apa yang sudah didapatkan baik berupa ilmu maupun pengalaman dapat berguna dalam menghasilkan karya dan untuk bangsa” Ucap Dr. Techn. Saiful Akbar, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik STEI ITB.

Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Widyawardana Adiprawita, ST., MT. selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya STEI ITB yang mengucapkan selamat kepada wisudawan yang sudah berubah status dan juga kepada orang tua yang ikut berkontribusi dalam proses perkuliahan anaknya di STEI ITB. Value dari wisudawan juga sudah meningkat lebih tinggi daripada saat menjadi mahasiswa baru. Dr. Widyawardana mengajak wisudawan untuk membuktikan bahwa memang benar kita berhak untuk mendapatkan peningkatan value tersebut dengan lulus wisuda ini.

Pada acara kali ini juga mengundang Soleh Ayubi, Chief Transformation & Digital Officer dari Biofarma untuk memberikan perkataan motivasi kepada wisudawan.

“Today is yours, tomorrow is promised to no one. Hari ini waktunya kita untuk merayakan kegembiraan setelah melalui banyak hal, namun cukup untuk hari ini jangan sampai terlena” Jelas Soleh Ayubi.

Soleh Ayubi juga menjelaskan bahwa dalam 10 tahun terakhir di dunia ini khususnya di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan yang dikontribusikan dengan perkembangan teknologi seperti dalam bidang E-commerce, Rideshare Service, Digital Bank, hingga Healthcare.

Ditampilkan juga bagaimana kualitas dari seorang leader yang terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Bussiness Acumen, Global Mindset, Driving Execution, dan salah satu konsep dari BUMN yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Setelah itu, ditampilkan foto, video, serta keterangan predikat dari peserta wisudawan sebagai bentuk pemanggilan wisudawan yang tidak bisa dilaksanakan secara langsung di gedung Sabuga sebagaimana biasanya. Setiap prodi akan dibuka oleh sambutan dari masing-masing Kaprodi.

Acara pun terus berlangsung hingga memasuki prosesi serah terima wisudawan dari Dr. Tutun Juhana, ST., MT. selaku Dekan STEI ITB kepada alumni dari Ikatan Alumni Elektro ITB (IAE) diwakili oleh M. Amin Sulthoni dan Ikatan Alumni Informatika ITB (IA-IF) diwakili oleh Ismir Kamili.

Feby Eliana Tengry program studi Sistem dan Teknologi Informasi serta Ir. Darmodjo Setyawan, orang tua dari wisudawan Yoga Putera program studi Teknik Elektro menjadi perwakilan untuk menyampaikan ucapan dari wisudawan serta orang tua wisudawan.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah keseluruhan pada wisuda STEI ITB Juli 2021 sebanyak 243 wisudawan dengan rincian sebagai berikut.
S1 Teknik Elektro (38 Wisudawan)
S1 Teknik Informatika (59 Wisudawan)
S1 Teknik Tenaga Listrik (24 Wisudawan)
S1 Teknik Telekomunikasi (24 Wisudawan)
S1 Sistem dan Teknologi Informasi (26 Wisudawan)
S1 Teknik Biomedia (12 Wisudawan)
S2 Teknik Elektro (39 Wisudawan)
S2 Informatika (10 Wisudawan)
S3 Teknik Elektro dan Informatika (5 Wisudawan)
Profesi Insinyur (6 Wisudawan)

(Artikel oleh Rio Prawira Octavieri, D4 Manajemen Produksi Media Universitas Padjadjaran)