Kuliah Umum Electronic & Online Payment

Seiring dengan dimulainya perkuliahan Semester 1 tahun ajaran 2012/2013, Program Studi Teknik Elektro khususnya untuk mata kuliah EL 4092 Etika Rekayasa & Kapita Selekta, hari Selasa, 11 September 2012 kemarin telah mengadakan kuliah umum di R. Rapat STEI Labtek V Lt. 2 bagi para mahasiswanya. Topic yang diambil pada kuliah umum ini sangat menarik yaitu mengenai Electronic & Online Payment.

Seperti kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi di bidang teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak terhadap munculnya inovasi-inovasi baru hampir dalam semua aspek kehidupan seperti halnya dalam pembayaran elektronik (Electronic Payment). Pembayaran elektronik yang sudah umum kita kenal dan bahkan sudah kita sering gunakan seperti kartu debit atau kartu kredit. Lalu bagaimana dengan e-money, menarik bukan? Pembicara pada kuliah umum kemarin, Bapak Anthoni Moris dari PT. Artajasa memberikan penjelasan tentang e-money ini.

E-money adalah terobosan terbaru dalam dunia online payment, dengan ini menjadikan praktis untuk berbagai pembayaran (listrik, kredit dll), dan sampai saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan e-money untuk melakukan transaksi pembayaran, oleh karena itu banyak penerbit yang ingin menerbitkan e-money ini. Ada 2 jenis e-money yang diterbitkan yaitu chip based dimana untuk yang jenis ini biasa digunakan untuk transaksi bernilai kecil, dan uang tersimpan pada 1 kartu. Mekanismenya adalah dengan memindahkan dana menggunakan card reader jadi 1 kartu untuk berbagai jenis transaksi. Dan jenis yang kedua adalah yang menggunaka server based, dimana uang yang bisa digunakan telah terdaftar pada akun pengguna misalnya email, nomor HP dll. Dan untuk yang jenis ini, PT. Artajasa telah memiliki lisensi e-money di Bank Indonesia.

Adapun fungsi e-money adalah untuk keperluan financial seperti purchase & payment, untuk keperluan non-financial seperti ID card, member card dll, untuk keperluan keduanya di combine. Aplikasi e-money bisa diterapkan di government, health, commerce, entertainment, transport. Kelebihan menggunakan e-money yaitu lebih aman, cepat, mudah, terbuka dan terpercaya.

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/