Kunjungan Profesor Kenji Shiraishi dari University of Tsukuba ke ITB

The CMOS technology scaling is facing it end at 2020. The future technology beyond CMOS is a science driven technology.” Itulah diantara inti pesan yang disampaikan pada kuliah umum oleh Professor Kenji Shiraishi dari University of Tsukuba, Jepang, pada hari Kamis, 3 Mei 2012 lalu. Bertempat di Ruang Multimedia Gedung Benny Subianto (Labtek V), kuliah umum yang yang diberikan oleh Professor Shiraishi yang juga seorang IEEE-Electron Device Society Distinguished Lecturer itu berlangsung menarik. Lebih dari 30 dosen ITB, peneliti dan mahasiswa dari beberapa departemen tampak serius mengikuti pemaparan materi yang berjudul  “Importance of Basic Science toward Future Nano Device.

Kegiatan kuliah umum ini merupakan bagian dari kunjungan ke ITB oleh Professor Kenji Shiraishi yang merupakan Vice Dean of the Faculty of Pure and Applied Science, University of Tsukuba, ditemani Dr. Yano Tomosaburo yang merupakan penasehat JICA untuk Kementrian ESDM. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki kolaborasi antara ITB dengan University of Tsukuba. Selain memberikan kuliah umum, Profesor Shiraishi dan Dr. Yano juga melakukan pertemuan dan diskusi dengan Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika serta beberapa staff dosen dari Kelompok Keilmuan Elektronika. Hasilnya disepakati untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian diantara kedua perguruan tinggi dan sebuah MoU untuk sedang dipersiapkan untuk memperkuat kerja sama ini nantinya.

Rombongan juga mengadakan kunjungan singkat ke beberapa lokasi, diantaranya ke Laboratorium Devais dan Pemrosesan IC, Laboratorium VLSI (Keduanya di PAU Mikroelektronika ITB), Laboratorium Advanced Material Processing di departemen Teknik Fisika, dan juga ke Perpustakaan Pusat ITB.

ditulis oleh: Listia Indriyani

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/