Change Management “ala” PT. Vale Indonesia

PT Vale Indonesia Tbk (Vale Indonesia)sebelumnya dikenal sebagai PT International Nickel Indonesia, Tbk (PTI), adalah sebuah perusahaan penanaman modal asing (PMA)  yang mendapatkan izin usaha dari pemerintah Indonesia untuk melakukan eksplorasi, kegiatan penambangan, pengolahan dan produksi nikel. Perusahaan ini didirikan pada Juli 1968.

Saat ini kami beroperasi di Pulau Sulawesi di bawah perjanjian Kontrak Karya (KK) dengan pemerintah Indonesia. Perusahaan menandatangani perjanjian KK pertama dengan pemerintah pada 27 Juli 1968. Lalu pada 15 Januari 1996, kami menandatangani perjanjian modifikasi dan perpanjangan kontrak awal KK, yang berlaku mulai 1 April 2008 sampai 28 Desember 2025.

Pada selasa, 27 Maret 2012 lalu, salah satu alumni Teknik Informatika angkatan 1994,  yang bekerja di perusahaan tersebut sebagai Manager SAP Indonesia, Bapak Suparam Bayu Aji  melakukan kunjungan ke Program Studi Informatika dan memberikan kuliah tamu dengan judul Change Management in IT Investment. Dalam kuliah yang dihadiri oleh peserta Mata Kuliah SIE dan mahasiswa IF2009 juga IF2008 ini, beliau menjelaskan tentang bagaimana penerapan change management pada salah satu projek yang ditangani oleh perusahaan tempat beliau bekerja.

Tersebut One Vale Indonesia yaitu project implementasi SAP yang terdiri dari modul finance, controlling, project, procurement, EHS, sales & distribution, maintenance dan production and quality management dan projek ini sukses karena menerapkan change management. Bagaimana? Berikut ada 8 langkah-langkahnya:

  1. Membangun rasa kepentingan
  2. Membuat koalisi
  3. Membuat visi dan strategi
  4. Komunikasi perubahan visi
  5. Mendukung pegawai beraksi
  6. Membuat goal jangka pendek
  7. Konsolidasi dan lebih banyak perubahan
  8. Memimpin perubahan kultur

Dan penerapan langkah-langkah diatas pada implementasi One Vale adalah:

–          Memberi info pentingnya One Vale Indonesia pada lapisan organisasi PT. Vale Indonesia, penerapan dari langkah 1

–          Mencari dan finalisasi kontrak dengan stakeholder, membuat perubahan visi (Enable, Integrate, Grow) dan menyebarkannya di PT. Vale Indonesia, ini adalah penerapan dari langkah 2 sampai langkah 4

–          Fun theory pada lingkungan kerja, penanggung jawab per area adalah penerapan dari langkah 5

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/