Seminar Dr. Ronald Gene Ward

Dalam acara pameran dan kompetisi poster TA dan Tesis Oktober 2011 ini, STEI memberikan pemandangan yang lain dari biasanya. Acara ini adalah yang pertama dilaksanakan dengan melibatkan semua Program Studi yang ada di STEI setelah sebelumnya hanya diikuti oleh program studi Teknik Informatika dan Sistem dan Teknologi Informasi saja. Biasanya acara ini hanya diisi oleh pameran poster biasa dan beberapa demo dari mahasiswa mengenai TA dan Tesisnya, namun pada gelaran kali ini, pemandangan yang berbeda itu adalah acara ini diisi juga dengan seminar mengenai “Peran jiwa kepemimpinan bagi software engineer dalam pengembangan teknologi” yang dibawakan oleh Dr. Ronald Gene Ward.

Dalam seminarnya, beliau menjelaskan bahwa Seorang software engineer perlu memiliki jiwa kepemimpinan sehingga mampu memberikan kontribusi bisnis bagi industrinya. Untuk itu software engineer harus mampu bersikap open mind, dalam arti selalu mendengarkan masukan, kritikan dari semua pihak baik termasuk dari customer dan marketing people.

Selain open mind, keterampilan lain yg juga perlu adalah kemampuan bekerja dalam tim terutama international teaming yang mencakup keterampilan berkomunikasi baik verbal maupun chatting. Keterampilan lain adalah writing communication. Pada intinya software engineer harus mampu menyampaikan ide dan pengetahuannya dengan baik sehingga dapat dipahami pihak – pihak baik latar belakang teknis maupun non teknis.

Profil singkat Dr. Ronald Gene Ward

Dr. Ronald Gene Ward adalah Fullbright Scholar dari Department of Computer Science & Engineering, Texas A&M University. Saat ini beliau sedang melakukan penelitian di STEI (Agustus 2011-Juni 2012) dengan tema “international team work” dan pada semester ini memandu perkuliahan pengembangan profesi dengan topik “Global Software Development with International Teaming” sebagai bagian dari penelitian tsb.

Sebelum bergabung dengan Texas A&M Univ. pada tahun 2006, beliau sudah malang melintang di dunia industri IT sebagai berikut:
• 2000 – 2006 NuView, Board of Directors
• 2000 – 2002 Allaire Corporation, Board of Directors
• 2000 – 2001 RLX Technologies
• 1998 – 1999 AltaVista Company
• 1986 – 1998 Compaq Computer Corporation
• 1983 – 1986 Future Computing/McGraw-Hill
• 1975 – 1983 University of Texas at Arlington, Associate Professor of Computer Science and Engineering (tenured)
• 1973 – 1974 Stephen F. Austin State University, Assistant Professor of Computer Science

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/