Pengabdian pada Masyarakat merupakan salah satu dari tri dharma ITB. Adalah HME yang mewujudkan hal tersebut dalam karya dan tindakan yang nyata dengan proyek listrik masuk desa yang disebut PALAPA, seperti PALAPA – PALAPA yang sebelumnya, kali ini PALAPA III punya cerita tersendiri juga.

PALAPA III
Proyek PALAPA 3 HME ITB yang akan dilakukan di Dusun Sukabakti, Desa Girimukti, Kec. Bojonggambir, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat ini memiliki tujuan jangka panjang “Membangun desa mandiri energi dengan pemanfaatan berbagai potensi lokal yang dimiliki” dan tujuan jangka pendek “sebagai sarana pendekatan dan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepekaan sosial serta sebagai wadah pengaplikasian keilmuan elektroteknik bagi mahasiswa/i HME ITB khusunya dan mahasiswa ITB pada umumnya”. Berdasarkan salah satu masalah utama dari Dusun Sukabakti, Desa Girimukti yaitu belum adanya akses listrik dari PLN sehingga membuat warga berinisiatif menarik kabel sejauh +/- 1 km dari desa lain. Penarikan kabel yang tidak sesuai standar tersebut telah memakan korban jiwa karena sangat berbahaya jika sampai tersentuh warga, oleh karena itu disini mahasiswa/i HME ITB mencoba memberi solusi dengan membangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Dusun Sukabakti.

Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini juga digunakan untuk Penerangan Jalan, Pompa Listrik, MCK umum, serta sumber listrik untuk fasilitas umum (Masjid, SD, dll) yang telah ada di dusun Sukabakti. Selain Instalasi PLTS serta pemanfaatannya, akan dilakukan juga penggunaan Biogas dalam rangka pemanfaatan kotoran ternak untuk mengurangi penggunaan kayu bakar dalam memasak, penyuluhan kesehatan dengan mengundang puskesmas terdekat di desa tersebut, dan riset tentang Instalasi OpenBTS yang harapannya bisa digunakan untuk komunikasi seluler serta memberikan akses Internet ke desa sebagai tools belajar untuk anak-anak SD di dusun Sukabakti. Tentunya berbagai rencana diatas, akan dilakukan mahasiswa bersama warga mulai dari tahap konsep hingga pengerjaan di lapangan. Hal ini dilakukan karena proyek PALAPA yang diketuai oleh Kharisma Surya Gautama (13207117) ini, merupakan sarana meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa sehingga interaksi dan hubungan baik dengan warga setempat sangat diutamakan dalam proses pengerjaan proyek.

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/