Virtual Pet memenangkan Digital Interactive Media pada INAICTA 2011

Pesta insan kreatif digital terbesar di tanah air di gelar indonesia ICT award yaitu INAICTA 2011 pada Rabu, 5 Oktober 2011 lalu di Jakarta dan pada rangkaian acara ini ditutup dengan malam penganugerahan kepada para peserta yang berhasil meraih penghargaan INAICTA dari berbagai kategori. Dari 110 peserta yang masuk nominasi, sebanyak 24 peserta mulai dari profesional, praktisi, mahasiswa hingga pelajar meraih penghargaan Indonesia Information and Communication Technologies Award (INAICTA) 2011. Para pemenang selain mendapat piagam penghargaan dan tropi, juga memperoleh hadiah uang masing-masing Rp20 juta. Salah satu dari ke-24 peserta yang meraih penghargaan ini adalah mahasiswa dari STEI yang menamakan dirinya Tim Virtual Pet yang digawangi oleh Reza Darmakusuma, Fajar Persada Supandi, M. Hakim Adiprasetya, Rizki Fauzian, Wisnu Suswantoro dan Diotran Henriyan, berhasil memenangkan kategori University: Digital Interactive Media dengan produknya Virtual Pet yaitu sebuah aplikasi Game Multi-Modal memelihara binatang langka.

Virtual Pet adalah aplikasi hewan peliharaan interaktif berbasis media digital yang diciptakan untuk memberikan pengalaman yang luar biasa pada para pengguna dalam merawat hewan peliharaan mereka melalui simulasi yang nyata. Binatang yang dirancang sebagai hewan peliharaan dalam Virtual Pet adalah binatang langka dan hampir punah di Indonesia. Ini dimaksudkan agar pengguna tersentuh secara emosional dengan hewan peliharaan mereka dan dengan demikian akan menciptakan kesadaran akan  pentingnya konservasi bagi satwa langka dan hampir punah di Indonesia.

Dalam meng-implemetasikan aplikasi ini, tim mencoba berbagai media untuk dapat menerapkan konsep Virtual Pet, di mana fitur – fitur yang disediakan Virtual Pet untuk setiap media berbeda disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Jenis-jenis media digital yang digunakan sangat beragam dan komprehensif, mulai dari perangkat digital seperti PC (Personal Computer) sampai perangkat mobile atau portabel yang menyediakan layanan Java dengan biaya murah.

Inti dari permainan ini adalah interaksi antara pemain dengan hewan peliharaannya. Untuk memulai permainan ini, pemain diharuskan mengakses sebuah web (CMS) yang bisa digunakan untuk mendaftar, memilih spesies hewan dan menentukan nama serta sifat dari hewan tersebut. Setelah itu, baru pemain dapat mengunduh aplikasinya untuk dapat dijalankan di ponsel pribadi dan mulai bermain serta merawat hewan tersebut. Bagian yang menarik dari aplikasi ini adalah mengaktifkan cara sosialisasi untuk hewan peliharaan dan lingkungan multi-user. Beberapa kompetisi diadakan di antara hewan peliharaan yang dapat meningkatkan kompetensi hewan peliharaan masing-masing. Dalam komunitas Virtual Pet, pengguna dapat melakukan perdagangan aksesoris dan parameter lain dengan pengguna lain. Untuk alasan itu, Aplikasi Web dapat diakses dari rumah atau mobile dan lingkungan virtual 3D tersedia bagi pengguna untuk dapat berinteraksi di lingkungan umum seperti mall dan arcade untuk menciptakan hubungan sosial antara hewan peliharaan dan sesame pemain.

Menurut tim, aplikasi permainan ini akan terus dikembangkan sampai ke jalur bisnis, oleh karena itu yang ingin mencoba permainan ini masih harus bersabar menunggu aplikasi ini diluncurkan untuk masyarakat umum. Selamat untuk semua anggota tim semoga terus bisa berkarya dan menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi yang wajib ada di ponsel – ponsel masyarakat.

Untuk mengetahui daftar keseluruhan pemenang pada INAICTA 2011, kunjungi laman ini http://www.inaicta.web.id/

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/