Liputan Distinguished Lecture: Data Mining and Machine Learning for Analysis of Network Traffic

Pada hari Senin, 26 April 2021, telah diadakan Distinguished Lecture yang menghadirkan Ljiljana Trajkovic dari Universitas Simon Fraser, Kanada. Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Tutun Juhana, ST. MT., yang juga merupakan Dekan STEI ITB.

Pengumpulan dan analisis data dari jaringan yang digunakan sangat penting untuk memahami jaringan komunikasi modern. Penambangan data dan analisis statistik data jaringan sering kali digunakan untuk menentukan beban lalu lintas, menganalisis pola perilaku pengguna, dan memprediksi lalu lintas jaringan di masa mendatang, sementara berbagai teknik pembelajaran mesin terbukti bermanfaat untuk memprediksi perilaku lalu lintas yang tidak wajar. Dalam studi kasus yang dijelaskan, jejak lalu lintas yang dikumpulkan dari berbagai jaringan yang diterapkan dan Internet digunakan untuk mengkarakterisasi dan memodelkan lalu lintas jaringan, menganalisis topologi Internet, dan mengklasifikasikan anomali jaringan.

Ljiljana Trajkovic menerima gelar Dipl. Ing. gelar dari Universitas Pristina, Yugoslavia, pada tahun 1974, M.Sc. gelar di bidang teknik kelistrikan dan teknik komputer dari Syracuse University, Syracuse, NY, masing-masing pada tahun 1979 dan 1981, dan gelar Ph.D. gelar di bidang teknik elektro dari University of California di Los Angeles, pada tahun 1986.

Saat ini dia adalah Profesor di School of Engineering Science di Simon Fraser University, Burnaby, British Columbia, Kanada. Dari 1995 hingga 1997, dia adalah Profesor Tamu dari National Science Foundation (NSF) di Departemen Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, Universitas California, Berkeley. Dia adalah seorang Ilmuwan Riset di Bell Communications Research, Morristown, NJ, dari tahun 1990 hingga 1997, dan Anggota Staf Teknis di AT&T Bell Laboratories, Murray Hill, NJ, dari tahun 1988 hingga 1990. Minat penelitiannya meliputi jaringan komunikasi berkinerja tinggi , kontrol sistem komunikasi, analisis dan desain sirkuit berbantuan komputer, dan teori sirkuit nonlinier dan sistem dinamis.

Topik bahasan dari acara tersebut dapat dilihat di slideshow berikut:

DOWNLOAD SLIDESHOW DISTINGUISHED LECTURE: Data Mining and Machine Learning for Analysis of Network Traffic