Sarjana Teknik Informatika

Sarjana Teknik Informatika

Sekolah Teknik Elektro & Informatika
Tentang Teknik Informatika ITB
Penjelasan lebih lanjut disini
Website Program Studi Teknik Informatika ITB
Penjelasan lebih lanjut disini

 

Sarjana Teknik Informatika

Program Studi Informatika menyediakan pendidikan di bidang fondasi teoritis informasi dan komputasi serta teknik praktis untuk aplikasi mereka dalam sistem komputer

Pada era globalisasi sekarang ini, IT (Information Techno-logy) sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap organi-sasi termasuk perusahaan baik di bidang jasa maupun barang dan juga pada organisasi nirlaba. Selain itu, teknologi ini juga merupakan salah satu ilmu yang mampu menyentuh masyarakat secara perorangan seperti misalnya dalam komunikasi, hiburan dan pendidikan. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang Teknik Informatika ini sangat tinggi baik di tingkat nasional maupun internasio-nal. Selain diserap oleh pasar tenaga kerja, seorang lulusan Teknik Informatika juga dapat dengan mudah menjadi seorang entrepreneur dengan keahlian dan kreativitasnya di bidang ilmu Informatika.

Terbentuknya Program Studi Teknik Informatika di ITB diawali dengan penggunaan komputer di bawah pengelolaan Pusat Komputer ITB. Didukung oleh semangat dan kemauan berkembang, pendidikan formal tentang komputer dimulai dengan dibukanya Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK) pada tahun 1978.

Deskripsi Kurikulum
Tinjauan Objektif Pendidikan
Lulusan yang Diharapkan
Prospek Karir
Data Pendaftaran & Kelulusan

Siswa program studi Informatika juga akan mempelajari berbagai topik ilmu komputer seperti algoritma & struktur data, teori komputasi, bahasa pemrograman, pengambilan data & informasi, sistem operasi, kecerdasan buatan, visi komputer, jaringan komputer, rekayasa perangkat lunak , keamanan komputer & kriptografi, pembelajaran mesin, sistem terdistribusi, grafik & visualisasi komputer, dan area menarik lainnya.

Kurikulum program ini dirancang untuk mempersiapkan siswa memasuki bidang komputer yang berkembang pesat dan pasar kerja yang kompetitif. Pengembangan kurikulumnya didasarkan pada kurikulum dan rekomendasi kursus oleh Institute of Electrical and Electronic Engineer Computer Society dan Association for Computing Machinery.

  • Lulusan memiliki karir yang sukses dan menjadi profesional produktif dalam bidang keahliannya.
  • Lulusan memiliki kemampuan untuk masuk dan menyelesaikan pendidikan mereka hingga lulus.
  • Lulusan dapat berkembang secara profesional melalui pembelajaran seumur hidup dan memiliki peran aktif dalam pengembangan alat, teknologi, dan metodologi baru.

Hasil program yang diharapkan berasal dari Tujuan Pendidikan Program adalah:

  1. Kemampuan untuk Menganalisis masalah komputasi yang kompleks dan menerapkan prinsip-prinsip komputasi dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk mengidentifikasi solusi
  2. Kemampuan untuk Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi untuk memenuhi serangkaian persyaratan komputasi dalam konteks disiplin program.
  3. Kemampuan untuk Berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks profesional
  4. Kemampuan untuk Mengenali tanggung jawab profesional dan membuat penilaian berdasarkan informasi dalam praktik komputasi berdasarkan pada prinsip-prinsip hukum dan etika
  5. Kemampuan untuk Berfungsi secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim yang terlibat dalam kegiatan yang sesuai dengan disiplin program
  6. Kemampuan untuk Menerapkan teori sains komputer dan dasar-dasar pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan solusi berbasis komputasi.
Pekerjaan untuk lulusan Informatika/Program Ilmu Komputer umumnya terbagi ke dalam tiga jalur:
  1. Merancang dan membangun perangkat lunak, mengacu pada pengembangan perangkat lunak seperti pengembangan aplikasi berbasis web, aplikasi mobile, masalah keamanan, desain antarmuka, dan sebagainya. Jalur karir di bidang ini mewakili sebagian besar pekerjaan di bidang Informatika dan Ilmu Komputer. banyak perusahaan perangkat lunak dan jasa komputer besar atau kecil, serta organisasi besar dari berbagai bidang seperti pemerintahan, perbankan industri, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya, menawarkan karir di jalur ini.
  2. Merancang cara baru dan lebih baik untuk menggunakan komputer, yang mengacu pada peningkatan dan inovasi dalam penerapan teknologi komputer. Jalur karir ini dapat memerlukan gelar pascasarjana lanjutan, diikuti dengan posisi di dalam universitas riset atau laboratorium penelitian dan pengembangan industri. Hal ini juga dapat melibatkan aktivitas kewirausahaan seperti mendirikan perusahaan rintisan (start-up) berteknologi tinggi.
  3. Mengembangkan cara-cara efektif untuk memecahkan masalah komputasi. Jalur ini mengacu pada pengembangan teori dan algoritma untuk memastikan solusi terbaik dari masalah komputasi intensif seperti mencari informasi dari miliaran dokumen web, memproses jutaan permintaan secara bersamaan, memberikan pendekatan baru pada masalah keamanan, dan lain-lain. Jalur karir ini biasanya memerlukan gelar pascasarjana hingga tingkat doktor, diikuti dengan posisi di dalam universitas riset atau laboratorium penelitian dan pengembangan industri.