Sarjana Teknik Telekomunikasi

Program Studi Teknik Telekomunikasi adalah program interdisipliner, yang membutuhkan perpaduan antara pengetahuan yang mencakup bidang Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Manajemen, Ekonomi, dan Kebijakan, selain ilmu-ilmu dasar sains dan matematika sebagai dasar dari ilmu rekayasa (teknik).

Mahasiswa dalam program ini diberikan kesempatan untuk belajar dan memperluas kemampuan mereka dalam analisis dan menyelesaikan masalah dalam bidang teknik telekomunikasi. Mereka juga siap dan mampu untuk merancang implementasi teknologi baru agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Program ini memberikan siswa pengelaman pendidikan terpadu yang diarahkan pada pemahaman dalam menerapkan pengetahuan dan teknik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan menemukan solusi efektif dan efisien untuk masalah-masalah praktis dalam bidang teknik telekomunikasi.

Program ini memastikan bahwa kemampuan dan pengalaman siswa dalam desain dan analisis dapat dicapai dengan memberikan pendidikan praktik dan laboratorium secara sekuential dan terintegrasi, yang diuraikan di dalam kurikulum.

Tinjauan Objektif Pendidikan

  1. Lulusan memiliki karir yang sukses sebagai insinyur teknik.
  2. Lulusan mampu menyelesaikan studi pascasarjana serta termotivasi untuk pembelajaran seumur hidup dalam bidang telekomunikasi
  3. Lulusan memiliki kepemimpinan dalam menghadapi pasar yang dan industri yang terus berkembang, tumbuh, dan kompetitif.

Hasil

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan teknik
  2. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, serta menganalisa dan menafsirkan data
  3. Kemampuan untuk merancang suatu sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dengan batasan yang realistis seperti ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, manufaktur, dan keberlanjutan.
  4. Kemampuan untuk berfungsi dalam tim multidisiplin
  5. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah dalam bidang teknik dan fisika
  6. Pemahaman tentang tanggung jawab dan etika profesional
  7. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif
  8. Pendidikan yang diperlukan untuk memahami dampak dari solusi bidang teknik dan fisika, dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
  9. Memahami kebutuhan dan kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran seumur hidup (lifelong learning)
  10. Pengetahuan dalam topik-topik kontemporer
  11. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keterampilan, dan alat-alat teknik modern yang diperlukan untuk praktek dalam bidang rekayasa (teknik).

Prospek Karir

Lulusan Program Teknik Telekomunikasi akan memiliki prospek karir yang luas, karena kompetensi teknik telekomunikasi dibutuhkan oleh berbagai sektor nasional dan multinasional, termasuk operator telekomunikasi dan vendor; industri komunikasi satelit; radio, televisi, penyiaran, industri multimedia; industri radar dan navigasi; industri perbankan dan lembaga keuangan; industri minyak dan pertambangan; lembaga penelitian dan pendidikan; badan pemerintah; profesi akademis dan lembaga penelitian; pengusaha dan perusahaan konsultan / kontraktor; industri kreatif; industri penerbangan dan pesawat terbang, angkatan bersenjata dan maritim; industri tenaga listrik; penyedia layanan internet; dll.