Enter your keyword

Alat Kesehatan NIVA dalam Proses Produksi Batch 1 (50 Unit)

Alat Kesehatan NIVA dalam Proses Produksi Batch 1 (50 Unit)

BANDUNG, stei.itb.ac.id – Setelah dilakukannya Press Conference pada 23 Desember 2022 antara STEI-ITB dan PT SCNP mengenai kerjasama dalam kegiatan riset dan pengembangan NIVA (Non-Invasive Vascular Analyzer). Salah satu yang ditegaskan saat press conference tersebut adalah pembuatan NIVA sebanyak 100 unit.

Seperti yang pernah Chief Operating Officer PT SCNP Shirly Effendy katakan bahwa “SCNP telah menetapkan suatu langkah yang berani dengan memproduksi dan distribusi 100 unit alkes NIVA ke pasar domestik tahun 2023” , pada 08 Februari 2023 SCNP bersama STEI-ITB mulai memproduksi alat kesehatan NIVA sebanyak 50 unit sebagai tahap pertama (Batch 1).

NIVA itu sendiri merupakan perangkat non-invasif. Alat ini menggunakan sensor PPG (photoplethysmograph) dan sensor tekanan darah untuk menganalisis pembuluh darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Prof. Dr. Ir. Tati Latifah Erawati Rajab dari KK Teknik Biomedika sebagai Ketua Tim dalam pembuatan NIVA mengatakan “Alat ini dirancang untuk mengukur fungsi vaskuler dengan 6 parameter, dan tingkat risiko vaskuler untuk 5 parameter secara sekaligus,”