Tim STEI ITB Meraih Penghargaan Tertinggi Tingkat Dunia di Huawei ICT Competition 2020

 1,322 total views,  10 views today

Tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dalam Huawei ICT Competition 2020 Global. Pada ajang ini, tim ITB meraih juara pertama dalam kategori Network & Cloud dalam kompetisi yang mengusung tema “Connection, Glory, Future” tersebut.

Sebelumnya, tim dari ITB yang sekaligus mewakili Indonesia menjadi juara untuk regional Asia Pasific di bidang track network dan cloud (18-21 Oktober 2020 lalu). Huawei ICT Competition 2020 Global adalah kompetisi tingkat dunia yang dilaksanakan pada 6-14 November 2020. Kompetisi ini dilakukan secara daring dengan mengakses server e-Lab yang dimiliki Huawei di Tiongkok. Kompetisi ini diikuti 40 negara dari berbagai regional.

Tim dari ITB sendiri diwakili oleh dosen dan mahasiswa dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) yang berjumlah delapan orang, terbagi menjadi tim Network dan Cloud.

Tim Network terdiri dari: Afif Tri Farhan (Teknik Telekomunikasi), Joshua Christo Randiny (Teknik Informatika), Putu Priyana Pradipta (Teknik Telekomunikasi), dan Rifqy Hakimi, S.T, M.T sebagai instruktur (dosen STEI ITB).

Tim Cloud terdiri dari: Bagas Purwa Sentika, Gelar Pambudi Adhiluhung, dan Muhammad Nawaffarras Mahendika yang semuanya berasal dari jurusan Teknik Telekomunikasi, dan Asisten Akademik STEI Abdul Latif, ST, MT sebagai instruktur.

Kompetisi ini merupakan lomba di bidang ICT berupa pemecahan masalah, konfigurasi, dan implementasi solusinya di perangkat jaringan Huawei seperti router, switch, firewall, dan access point. Penilaiannya adalah solusi dan impelementasi yang paling akurat yang mendapat nilai tinggi. Perangkat yang digunakan adalah perangkat lab yang diakses secara remote ke server Huawei di Tiongkok.

Adapun lombanya sendiri terdiri atas written test selama 90 menit, hands-on lab test selama 4 jam. Pada ajang ini masing-masing peserta ikut lomba dari rumah masing-masing, tetapi tetap diawasi oleh Huawei. Bersama Indonesia, Nigeria juga merebut titel juara pertama di kategori network dan cloud. Huawei ICT Competition 2019-2020 Global Final ini diselenggarakan secara online dan diikuti sekitar lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Kepada tim STEI ITB, selamat dan sukses telah mengharumkan nama STEI, ITB, dan Indonesia dengan meraih prestasi gemilang di tingkat dunia.