Enter your keyword

STEI ITB hadir pada acara JST Sakura Science Program (SSP)

STEI ITB hadir pada acara JST Sakura Science Program (SSP)

BANDUNG, stei.itb.ac.id – 23 Januari 2023, STEI ITB turut diundang oleh Laboratorium Riset Human-AI Communication, Co-Learning, and Collaborative Intelligence (HA3CI) di Japan Advanced Institute of Science & Technology (JAIST), atas kerjasama kegiatan riset pengembangan kecerdasan buatan dalam pemrosesan bahasa lisan yang mendukung human-to- komunikasi manusia atau manusia-ke-mesin (Program pertukaran: 5-25 Januari 2023; Program online: 26 Januari-15 Maret 2023), untuk mengikuti kegiatan JST Sakura Science Program (SSP) yang mengundang sumber daya manusia asing muda berbakat dari seluruh dunia untuk kunjungan jangka pendek ke Jepang, memberi mereka kesempatan untuk merasakan sains dan teknologi mutakhir Jepang, dan budayanya.

Dalam rangka memenuhi undangan tersebut, STEI ITB mengirimkan 2 dosen dan 10 mahasiswanya yang ditemani langsung oleh Dr. Tutun Juhana, S.T.,M.T. sebagai dekan STEI ITB. Dosen yang bertanggung jawab untuk mendampingi mahasiswa tersebut adalah Dessi Puji Lestari, S.T, M.Eng., Ph.D dan Dr. Eng. Ayu Purwarianti, S.T, M.T. dari KK Informatika

STEI ITB bergabung dalam acara tersebut bersama dengan Fakultas Ilmu Komputer (UI) untuk membentuk pusat sains – penelitian kolaboratif penuh antara peneliti dan akademisi Japan Advanced Institute of Science & Technology (JAIST, Jepang) dan Indonesia.

Acara tersebut dilakukan secara daring dengan total peserta 32 orang. Acara dimulai dengan sambutan dari pihak eksekutif dan perwakilan dari JAIST dan pihak Indonesia. Kemudian, pada sesi kedua, dipresentasikan oleh para peneliti/akademisi dari JAIST, UI, dan STEI ITB untuk memperkenalkan pengalaman penelitian dan teknologi mereka dalam mengembangkan AI untuk komunikasi manusia-mesin. Setelah itu, di sesi ketiga, ke 3 Universitas berdiskusi intensif tentang Kerjasama Riset Science Hub JAIST-UI-ITB dan ditutup dengan presentasi tentang penelitian yang sedang berlangsung oleh mahasiswa atau peneliti muda dari JAIST, UI, dan ITB. Presentasi penelitian mahasiswa UI dan ITB ini merupakan hasil kerjasama awal JAIST-UI-ITB melalui program pertukaran JST Sakura Science dimana sepuluh mahasiswa UI dan ITB melakukan kerja penelitian di Sakti-Lab (Human-AI Communication, Co-Learning , & Collaborative Intelligence Research Laboratories) selama 5-25 Januari 2023.