Enter your keyword

Peresmian CreatView Smart Classroom STEI ITB – Pertama di Indonesia

Peresmian CreatView Smart Classroom STEI ITB – Pertama di Indonesia

Bandung 03/10/2022 – Institut Teknologi Bandung (ITB) telah meresmikan kelas perkuliahan bernama CreateView Smart Classroom yang berada di Labtek VIII Lt.4 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI). Kelas perkuliahan tersebut adalah program kerja sama antara STEI ITB dengan perguruan tinggi dari Shanghai, China yakni Southern University of Science and Technology (SUSTech), International Centre for Higher Education Innovation di bawah UNESCO, dan disponsori oleh Guangzhou CreateView Education Technology.

Perwakilan dari UNESCO, Mr. Hassan A Shehzad mengklaim, ITB menjadi satu-satunya kampus dengan smart classroom di Indonesia. “ITB merupakan yang pertama dan satu-satunya smart classroom di Indonesia,” ujarnya, dikutip dari laman ITB, Kamis (5/10/2022).

Sementara itu, Wakil Dekan Akademik STEI ITB, Dr. techn. Saiful Akbar, ST,MT., menambahkan bahwa inisiasi program ini sudah berjalan selama empat tahun. Namun, baru terealisasi saat ini. Ia berharap fasilitas ini bisa menunjang kegiatan akademik di ITB.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., mengatakan, fasilitas CreateView Smart Classroom akan dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan 4.0 yang mengarah kepada digital transformation.

Secara fasilitas, CreateView Smart Classroom berisi 50 komputer yang terkoneksi internet. Ada juga layar besar di depan kelas yang terhubung dengan kamera dan 2 Layar besar lainnya disetiap sisi ruangan. Berikut beberapa Fitur yang dimiliki CreateView Smart Classroom :

  1. Smart Presentation Recording
  2. Smart Monitoring/Controlling for examination.
  3. Smart Content assignment.
  4. Smart lecture recording
  5. Smart Camera powered by AI (Motion Detection) Good connected with Zoom.
  6. smart interpreting: if connected with zoom and earphone.