Enter your keyword

ITB Meraih Peringkat Pertama Perguruan Tinggi bidang Computer Science serta Electrical & Electronic Engineering di Indonesia versi THE World University Ranking

ITB Meraih Peringkat Pertama Perguruan Tinggi bidang Computer Science serta Electrical & Electronic Engineering di Indonesia versi THE World University Ranking

Institut Teknologi Bandung meraih peringkat pertama terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World’s University Ranking (THE-WUR) 2022 dalam bidang Computer Science serta Electrical & Electronic Engineering.

Di tingkat dunia, Institut Teknologi Bandung meraih peringkat 301-400 dalam bidang Computer Science. Sementara bidang Electrical & Electronic Engineering meraih peringkat 601-800 dunia.

Kontribusi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika dalam pemeringkatan ini termasuk besar karena program studi terkait Computer Science dan Electrical & Electronic Engineering ada di bawah naungan STEI. 

Program Studi dengan bidang keilmuan Computer Science dapat ditemukan di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, yaitu Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi. 

Sementara itu, bidang Electrical & Electronic Engineering diwakili oleh Program Studi Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Teknik Tenaga Listrik, dan Teknik Biomedis.

Times Higher Education (THE) mengumumkan hasil Peringkat Universitas Dunia berdasarkan subjek 2022 untuk Ilmu dan Teknik Komputer pada tanggal 6 Oktober 2021 lalu. Daftar itu memperlihatkan lembaga-lembaga terbaik untuk mempelajari bidang keilmuan tersebut.

Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar); Penelitian; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas.

Di bidang Computer Science, Peringkat satu dunia ditempati oleh University of Oxford, Inggris. Sementara itu Harvard University yang berbasis di Amerika Serikat menempati peringkat satu dalam bidang Electrical & Electronic Engineering.

891 universitas dari 75 negara dan wilayah diperingkatkan untuk bidang keilmuan Computer Science. Sedangkan 1.188 universitas dari 85 negara dan wilayah diperingkatkan untuk bidang keilmuan Electrical & Electronic Engineering.

Apabila ingin mengakses secara langsung, silakan mengakses website THE World’s University Ranking pada bagian World University Ranking, dan mengetikkan region “Indonesia” serta subject “Computer Science” atau “Electrical & Electronic Engineering”.

THE adalah penyedia data yang mendukung keunggulan universitas di setiap benua di seluruh dunia. Sebagai perusahaan di balik pemeringkatan universitas paling berpengaruh di dunia, dan dengan pengalaman hampir lima dekade sebagai sumber analisis dan wawasan tentang pendidikan tinggi, data dan alat pembandingan dari THE digunakan oleh banyak universitas paling bergengsi di dunia untuk membantu mereka mencapai tujuan strategis mereka.