Enter your keyword

36 Paper Menjadi Bahan Diskusi Pada ICWT Ke-7 yang Dilaksanakan Oleh KK Telekomunikasi STEI ITB dan UIN-SGD

36 Paper Menjadi Bahan Diskusi Pada ICWT Ke-7 yang Dilaksanakan Oleh KK Telekomunikasi STEI ITB dan UIN-SGD

 

Pelaksanaan Pembukaan ICWT

The International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) merupakan rangkaian konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang disahkan oleh IEEE Indonesia Section.

ICWT tahun 2021 ini merupakan kegiatan yang ke-7. Menawarkan kesempatan bagi para peneliti, praktisi, dan periset di industri untuk bersama menukarkan dan membagikan pengalaman dan hasil riset mereka mengenai riset sains dan teknologi. Selain itu, konferensi ini juga sebagai kesempatan untuk berdiskusi mengenai tantangan praktisi dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Tahun ini ICWT diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Insitute Teknologi Bandung dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung (UIN-SGD) dilaksanakan secara daring dan luring di Horison Green Forest Bandung, Indonesia. Paper yang telah dipresentasikan akan diunggah ke IEEE Xplore.

Pembukaan ICWT telah dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2021. Pada tahun ini ICWT menerima 36 paper  yang dapat dipresentasikan selama acara berlangsung. Jumlah tersebut adalah capaian yang luar biasa.

Acara dibuka dengan beberapa sambutan. Diawali oleh Dr. Iskandar yang mengatakan bahwa ICWT merupakan salah satu konferensi internasional di Indonesia dalam bidang informasi dan teknologi komunikasi yang dihadiri oleh pendidikan tinggi, industri, pemerintah, dan sektor publik. Konferensi tahun ini sudah mengalami berbagai perkembangan dan dihadiri oleh dua negara yaitu Malaysia dan Indonesia. Dr. Iskandar berterima kasih kepada para penulis yang telah memberikan paper dalam konferensi ini.

“Saya berharap konferensi ini bisa menjadi tempat untuk praktisi dan periset berbagi hasil riset yang berharga. Acara ini akan memberikan kontribusi secara signifikan dan meningkatkan kesadaran bagi anggota komunitas untuk membawa kehidupan yang lebih baik.” Ucap Prof. Tutun Juhana, selaku Dekan STEI ITB.

Dr. Hj. Hasniah Aliah selaku Dekan dari SFT UIN-SGD juga ikut memberikan sambutan. Dengan adanya konferensi ini semoga bisa memberikan pengalaman dan digunakan untuk bertemu dengan teman sejawat. Dalam konferensi ini juga hasil produk-produk riset yang telah dikerjakan akan sangat berguna bagi masyarakat.

Pada pelaksanaan pembukaan tersebut dibagi menjadi beberapa sesi dan beberapa room dalam aplikasi Zoom. Dalam pemaparannya setiap paper dijelaskan mengenai latar belakang, metode riset, desain dan implementasi, hasil dan diskusi, serta simpulan. Selain itu, terdapat juga sesi tanya jawab dan diskusi mengenai paper yang ditampilkan. Berikut merupakan data 36 paper yang terdapat di ICWT 2021.

Daftar dan jadwal paper yang akan dipresentasikan

Parallel Session 1 (19/08/2021 10.00-12.00)

Information System and Software Engineering (Room 1)

  1. 070204 – Augmented Reality using Natural Feature Tracking Method to Introduce Science Verses in Qur’an oleh Dian Sa’adillah Maylawati, Khusnul Khotimah, Diena Rauda Ramdania, Muhammad Ali Ramdhani, Yana Aditia Gerhana, Mohamad Irfan, dan Rosihon Anwar.
  2. 070212 – A DApp Architecture for Personal Lending on Blockchain oleh Wisnu Uriawan, Cepy Slamet, Agung Wahana, dan Vemy Suci Asih.
  3. 070224 – Web Crawler Development to Optimaize the Sentiment Analysis Process of Indonesian News Article Opinions oleh Ichsan Budiman, Muhammad Deden Firdaus, Muhammad Insan Al-Amin, Eva Nurlatifah, dan Jumadi.
  4. 070225 – Decision Support System for Neglected Elderly Social Assistance Recipients Using Weighted Products oleh Abraham Dwi Kurniawan, Diena Rauda Ramdania, Beki Subaeki, Cepi Slamet, Muhammad Insan Al-Amin, dan Gitarja Sandi.
  5. 070238 – The Study of Telescop and E-Tara: Online Application for Detecting the Authentic and Fraud Divorce Certificates in Religious Court oleh Ramdani Wahtu Sururie, Lia Kamelia, Yoghi Arief Susanto, dan Regina Maurizka Rifada.
  6. 070274 – Development of Intelligent Telegram Chatbot using Natural Language Processing oleh Teddy Surya Gunawa, Asaad Balla Falelmula Babiker, Nanang Ismail, Mufid Ridlo Effendi.

 

Parallel Session 2 (19/08/21 13.00-15.20)

Internet-of-Things dan Networked Systems (Room 1)

  1. 070330 – IoT Monitoring System for Solar Power Plan Based on MQTT Publisher/Subscriber Protocol oleh Januan Muhamad Ramadhan, Rina Mardiati, dan Irsyad Nashirul Haq.
  2. 070234 – Design of Automatic Watergate System Using ESP32 Microcontroller Based on Fuzzy Logic Method oleh Fadhilah Rama, Rina Mardiati, Edi Mulyana, dan Ah Fathonih.
  3. 070237 – Design of Voltage and Flow Monitoring System for PJU-TS Using the Internet of Things (IoT) oleh Agi Sahrul Pradana, Adam Faroqi, Edi Mulyana, dan Fauzan Ali Rasyid.
  4. 070239 – The Prototype of Smart Garden Fertigation System with Solar Photovoltaic System Based on IoT oleh Reno Muhammad Fadilla, Nabila Safitri Dwi Oktafiandini, Muhitha Adha, Lia Kamelia, Dendih Fredi Firdaus, dan Akmaliyah.
  5. 070241 – IoT-Based Battery Monitoring System in Solar Power Plants with Secure Copy Protocol oleh Mufid Ridlo Effendi
  6. 070242 – Growth Monitoring System and Automatic Watering for Chili Plants Based on Internet of Things oleh Dzulfikri Hanafi, Rina Mardiati, Toni Prabowo, dan Cecep Hidayat.
  7. 070347 – A Systematic Literature Review on IoT-Based Smart Grid oleh Nike Sartika, Yuda Sukmana, Mufid Ridlo Effendi, Iu Rusliana, Khomisah, dan Yuyun Yuningsih.

 

Artificial Intelligence and Advance Programming (Room 2)

  1. 070207 – A Deep Learning Approach to Analyze The Sentiment of Online Game Users oleh Agung Wahana, Wildan Budiawan Zulfikar, Wildan Najah Widiansyah, Aldy Rialdy Atmadja, Diena Rauda Ramdania, dan Beki Subaeki.
  2. 070210 – Expert System to Detect Social Anxiety in Student Using the Rule-Based Reasoning Method oleh Cepy Slamet, Nida Maria Ulfah, Dian Sa’adillah Maylawati, Rachmat Jaenal Abidin, Khaerul Manaf, dan Rosleny Marliani.
  3. 070913 – Text Summarization using TextRank for Knowledge Externallization from Indonesian Online Discussion Forums oleh Yana Aditia Gerhana, Ichsan Taufik, Raka Iqbal Syamsuddin, Undang Syaripudin, Titik Khawa Adbul Rahman, Muhammad Ali Ramdhani, dan Dian Sa’adillah Maylawati.
  4. 070215 – Topic Clusterization of Indonesian Journal Article Based Topic Modeling oleh Ali Rahman, Ana Hadiana, Agung Wahana, Wahyudin Darmalaksana, Muhammad Ali Ramdhani, dan Rizy Sam Pratama
  5. 070220 – Augmented Reality Approach to Introduce Batik Garuta Using Features Accelerated Segment Test oleh Rizaldi Andriansyah, Nur Lukman, Ichsan Taufik, Agung Wahana, Dian Sa’adillah Maylawati, Beki Subaeki, dan Putri Diesy Fitriani.
  6. 070235 – Design and Simulation Transfer Learning on Image Processing for Determining Condition of Robot Based on Neural Network oleh Asep Khoerudin, Rina Mardiati, Edi Mulyana, dan Aan Eko Setiawan.
  7. 070259 – ANN Design Model to Recognize the Direction of Multi-Robot AGV oleh Aan Eko Setiawan, Angga Rusdinar, Rina Mardiati, dan Eki Ahmad Zaki Hamid.

 

Parallel Session 3 (19/08/21 15.40-18.20)

Internet-of-Things and Networked Systems (Room 1)

  1. 070403 – A Smart Waste Management Under a Wireless Communication System oleh Marwan, Nurhayati, Nur Aminah, Rusdi Wartapane, Muhammad Syarif, dan Ibrahim Abduh.
  2. 070246 – Design of Humadity Control with Automated Drip Irrigation System Using Node-RED and MQTT on Cactus Plant oleh Rachma Dianty, Rina Mardiati, Edi Mulyana, dan Aep Kusnawan.
  3. 070248 – The Development of The Home Electrical Power Consumption System Prototype in Real-Time oleh Yusuf Maulana, Riski Darmawan, Lia Kamelia, Edi Mulyana, Mufid Ridlo Effendi, dan Muhammad Ibnu Pamungkas.
  4. 070249 – The Prototype of Smart Power Meter at Home Based on Internet of Things oleh Andi Irwansyah Satriananda, Mufid Ridlo Effendi, Lia Kamelia, dan Aep Kusnawan.
  5. 070250 – Ab Mix Hydroponics Nutrient Solution Concentration Control Using Microcontroller Based On-Off Control Method oleh Disan Alvin Nur Fadillah, Adam Faroqi, Lia Kamelia, dan Ah. Fathonih.
  6. 070255 – Prototype Smart Fish Farm in Fish Farming Koi oleh Pupug Ginanjar, Sarah Opipah, Dadan Rusmana, Muhlas, Mufid Ridlo Effendi, dan Eki Ahmad Zaki Hamidi.
  7. 070256 – Design and Implementation of The Blind Navigation Aids Using Ultrasonic Sensor oleh Muhammad Yasir, Indri Nurfazri Lestari, Cucu Setiawan, Ulfiah, Mufid Ridlo Effendi, dan Eki Ahmed Zaki Hamidi.
  8. 070257 – Design and Implementation of Clothesline and Air Dryer Prototype Based on Internet of Things oleh Muhammad Haekal Gifari, Irfan Fahmi, Ajid Thohir, Abdullah Syafei, Mufid Ridlo Effendi, dan Eki Ahmad Zaki Hamidi.

RF Devices and Communication Systems (Room 2)

  1. 070109 – Tranducer Array System Design for Underwater Communication System Using Audio Frequency oleh Viandra Nurmalita, Ni Nyoman Dheanty Maharani, Dr. Ir. Ian Joseph Matheus Edward, MT., dan Dr. Iskandar ST., MT.
  2. 070114 – Implementation of Channel Coding System as Error Checking in The Underwater Communication System Using Audio Frequency oleh Ni Nyoman Dheanty Maharani, Viandra Nurmalita, Ian Joseph Matheus Edward, dan Iskandar.
  3. 070343 – AMC-Based Multiband Microstrip Antenna for Wireless Communication oleh Muhammad Farhan Maulana, Eki Ahmad Zaki Hamidi, Achmad Munir, dan Nanang Ismail.
  4. 070344 – Characteristic Performance of L-Band Waveguide BPF Made of Substrate Integrated Structure oleh Aulia Fathoni, Nanang Ismail, Hardi Nusantara, dan Achmad Munir.
  5. 070345 – Characterization of SIW-Based 5.8 Ghz Monopulse Antenna Using Type-V Linear Slot oleh Ebin Novendra, Achmad Munir, A. Bachrun Rifa’i, dan Nanang Ismail.
  6. 070153 – Hardware Design and Implementation of Long Range Communication System for Rural Area oleh I Komplang Gede Wirahita Putramas, Ian Joseph Matheus Edward, Iskandar, dan Dharma Favitri Haryanto.
  7. 070162 – Power Allocation Effect on Capacity of Single Carrier Power Domain Non-Orthogonal Multiple Access (NOMA) oleh Muhammad Avi Majid Kaaffah dan Iskandar.
  8. 070182 – Path Loss Estimation of 5G Milimeter Wave Propagation Channel – Literature Survey oleh Muhammad Brata dan Irma Zakia.

(Artikel oleh Rio Prawira Octavieri, D4 Manajemen Produksi Media Universitas Padjadjaran)