Enter your keyword

Digitalent Fresh Graduate Academy; Dibuka Sampai Tanggal 5 Juli

Digitalent Fresh Graduate Academy; Dibuka Sampai Tanggal 5 Juli

Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 agar dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.

Pelatihan FGA ini diselenggarakan sejak tahun 2018  dengan berbagai tema pelatihan. Penyelenggaraan program FGA pada tahun 2021 akan berlangsung secara daring (online) mencakup pelatihan technical skill dan pengembangan soft skill. Pelatihan FGA bekerjasama dengan 53 mitra Perguruan Tinggi, Global Technology Company dan Mitra Edukasi Teknologi. Dimana pada akhir pelatihan peserta yang memenuhi ketentuan akan mendapatkan kesempatan mengikuti program sertifikasi sesuai dengan tema pelatihan yang diambil.

Diharapkan, dengan terselenggaranya program FGA ini, dapat memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan S1 dan D3/D4 yang akan berdampak untuk mengurangi angka pengangguran, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang untuk memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor privat, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

Fokus pelatihan dan sertifikasi mencakup bidang Pemrograman, Database, Cloud, Cyber Security, Network, Big Data, Artificial Intelligence, Machine Learning, Developer dan lain sebagainya.

Aktivitas dalam Program Fresh Graduate Academy, yaitu:

  1. Self-paced Learning/Belajar Mandiri: peserta belajar secara mandiri melalui laptop/komputer, jadwal pelaksanaan self-paced learning diatur secara mandiri oleh peserta dalam batas durasi pelatihan;
  2. Live Session/Webinar: Sesi tatap muka secara daring/online antara instruktur dan peserta, peserta akan dipandu langsung dan berinteraksi dengan Instruktur.
  3. Hands-on Labs: Peserta akan mengerjakan suatu project baik secara mandiri  atau berkelompok;
  4. Evaluasi: Peserta akan mengikuti proses evaluasi pelatihan dalam bentuk kuis,ujian, atau menyelesaikan sebuah proyek;
  5. Program Sertifikasi: Program ini diberikan khusus kepada peserta yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan dan keputusan panitia penyelenggara yaitu Kominfo.
  6. Pasca Pelatihan: Peserta yang menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan tambahan pelatihan soft skills.

Informasi lebih lanjut bisa langsung menuju ke website resmi FGA di: https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/FGA