Enter your keyword

Dr.Ir. Munawar Ahmad Z.A. Wakili Indonesia dalam UN Group of Government Expert for Information Security

Dr.Ir. Munawar Ahmad Z.A. Wakili Indonesia dalam UN Group of Government Expert for Information Security

WhatsApp Image 2016-10-04 at 7.54.05 AMPerkembangan pesat Teknologi Informasi seperti teknologi Komputer ,Smartphone, Software, serta Internet yang sudah digunakan oleh 3 Milyar orang di dunia, telah memicu kekhawatiran jika teknologi tersebut disalahgunakan kelak akan dapat membahayakan jiwa manusia, membahayakan berbagai infrastruktur vital pendukung kehidupan manusia, bahkan dapat memicu kegiatan Kriminal, Teroris dan dapat memicu peperangan fisik antar negara-negara di dunia.

Untuk mencegah potensi bencana tersebut, 193 Negara anggota yang tergabung dalam United Nations (UN), atau lebih dikenal sebagai Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sepakat telah memilih 25 negara agar membentuk Group of Government Expert ( UN GGE ) untuk duduk bersama guna mengendalikan penggunaan Teknologi Informasi dan sekaligus membuat aturan agar 193 negara terlindung dari kegiatan Kriminal, Terorisme dan terjadinya Peperangan Fisik antar negara-negara di dunia.
WhatsApp Image 2016-10-04 at 7.52.30 AMIndonesia di dukung oleh negara pemegang hak veto diminta utk mengirimkan beberapa tenaga ahli untuk di pilih oleh Sekretariat Jendral PBB. Tim kerja UN GGE  secara struktur berada dibawah Badan Perlucutan Senjata PBB. Dari 3 kandidat yang diajukan oleh Indonesia,  tim seleksi PBB memilih Dr. Ir. Munawar Ahmad Z.A.

Dosen STEI ITB ini akan duduk bersama Wakil Presiden Rusia, Wakil Presiden China bidang Information Security, Menteri Luar Negeri Estonia, Menteri-menteri terkait teknologi informasi negara lain, Duta besar Jepang, Duta besar Prancis dan lain-lain untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas dunia.

Selama ini PBB hanya mengenal 4 jenis senjata pemusnah massal dan berbahaya, yaitu:

  1. Nuclear Weapon
  2. Biological Weapon
  3. Chemical Weapon
  4. Conventional Weapon

“Information Security mungkin akan menjadi weapon ke-5” ungkap Dr. Ir. Munawar Ahmad Z.A.

Disinggung mengenai amanah baru ini, Dr. Ir. Munawar Ahmad Z.A. menyatakan: “Ini karunia dan penghargaan bagi bangsa Indonesia ikut berkontribusi di dalam perdamaian dunia untuk mengendalikan & mengatur penggunaan teknologi inforasi agar tidak merugikan atau menjadi petaka bagi negara-negara di dunia. Mohon doanya, karena masalah Information Security saat ini sangat serius”.

Selamat bertugas Dr. Ir. Munawar Ahmad Z.A.!

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.