Enter your keyword

Sosialisasi Program Studi Teknik Biomedis

Sosialisasi Program Studi Teknik Biomedis

Bandung, biomed.stei.itb.ac.id – SMAN 3 Bandung dan SMAN 8 Jakarta menjadi dua sekolah terpilih setelah diadakannya sosialisasi Program Studi Teknik Biomedis pada Jumat (06/03/15). Berbarengan dengan sosialisasi SNMPTN 2015, Prof. Dr. Ir. Tati Latifah R. Mengko, ketua KK BME ITB yang juga alumni SMAN 3 Bandung, menyampaikan bahwa tantangan di bidang kesehatan global dan minat unik siswa yang mencintai engineering dan kedokteran perlu diakomodir dengan adanya program studi baru, yakni Program Studi Teknik Biomedis. “Minat siswa yang suka engineering dan kedokteran perlu kita tampung. Minat ini sangat penting karena berkaitan dengan siswa enjoy atau tidak ketika sekolah nanti,” ujar satu-satunya profesor wanita di STEI ini.

kunjungan sman3-editSosialisasi di SMAN 3 Bandung dimulai dengan pemaparan prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi SMAN 3 Bandung oleh Kepala Sekolah, Drs. Encang Iskandar, M.Pd., diikuti dengan penjelasan SNMPTN dan seleksi masuk ke ITB tahun 2015 oleh Dr. Ahmad Syarief, S.Sn.,MSD.. “ITB hanya menerima mahasiswa baru tahun 2015 melalui dua jalur, yakni SNMPTN dan SBMPTN. Tidak ada seleksi mandiri,” ujar Ahmad Syarief, wakil Dekan bidang akademik dan kemahasiswaan FSRD ITB.

Prof. Dr. Ir. Tati Latifah R. Mengko

“Teknik Biomedis adalah keilmuan multidisiplin,” jelas Prof. Tati yang kemudian merinci beberapa penilitian yang telah dilakukan Teknik Biomedis ITB. Assistive Technology, seperti Albatros, dapat membantu para penderita cacat motorik menjalankan berbagai macam aktivitas. Smart phone yang dimiliki siswa, lanjut Prof. Tati, dapat dibuat lebih bermanfaat dengan ditanamkannya aplikasi monitoring kesehatan. “Kecenderungan saat ini, peralatan ukur menjadi alat dalam skala rumah tangga,” tambah Prof. Tati. Kerja sama antar keilmuan juga terwujud dengan hadirnya continues passive motion machine, dimana desain dan engineering melebur menjadi satu dalam membuat alat terapi pasien setelah operasi.

Albartos

Program Studi Teknik Biomedis resmi menerima mahasiswa baru tahun 2015 melalui program peminatan. Hal ini untuk memastikan calon mahasiswa yang akan diterima memiliki minat tinggi di bidang yang menjanjikan ini. Dengan program peminatan Teknik Biomedis, setelah lulus tahun pertama di STEI ITB, mahasiswa tersebut akan diprioritaskan masuk ke program studi Teknik Biomedis.

Untuk lebih lengkap informasinya, bisa membuka alamat berikut: https://biomed.stei.itb.ac.id/