Enter your keyword

IT Does Matter (Sharing pengalaman StartUp): Kuliah Tamu CEO Bukalapak

IT Does Matter (Sharing pengalaman StartUp): Kuliah Tamu CEO Bukalapak

Pada hari Rabu tanggal 25 Februari 2015 bertempat di Ruang Kuliah Labtek 5 STEI telah dilaksanakan kuliah tamu yang bertema “IT Does Matter (Sharing pengalaman StartUp)” dari  yaitu Ahmad Zaky (CEO Bukalapak.com) dan Nugroho Cahyono (CTO Bukalapak.com). Kuliah tamu tersebut dibuka terlebih dahulu oleh Dr. Ir. Rinaldi Munir, MT (selaku pengampu mata kuliah IF2211-Strategi Algoritma yang digantikan/mengundang Ahmad Zaky dan Nugroho Cahyono). Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Ahmad Zaky dan Nugroho Cahyono.

Achmad-Zacky-Dkk

Ahmad Zaky menyampaikan :

Bisnis internet berkembang. Untuk StartUp banyak penderitaan tapi high rewarding. Saat muda sangat penting untuk mencari conection with people. Harus mulai investasi dalam diri sendiri dengan mau berhubungan dengan orang yang membantu membuat mahasiswa grow. Paling penting untuk menemukan user/costumer dari sebuah hal yang kita ciptakan. Untuk sukses perlu focus yang tinggi. Masalah terbesar Indonesia adalah pada sector UKM (95 % sector bawah). Gunakan skill untuk menyelesaikan setiap masalah di Negara sendiri.STARTUP : Tidak mudah, namun imbalannya sangat menjanjikan. Apalagi, perusahaan software biasanya bisa berkembang pesat di Indonesia.Selalu focus pada tujuan anda. Jangan terlena oleh ajakan siapapun yang buruk. Kunci sukses adalah focus “Doing Things”.

Nugroho Cahyono  menyampaikan:

IT does matter : Semua bisnis punya IT jadi bukan sebuah hal yang penting, namun ternyata dengan inovasi IT bukan hanya komoditas. Teknologi terus berkembang dan standar semakin tinggi. Inovasi kecil dapat jadi sangat berpengaruh. Ternyata fitur inovasi “kecil” ternyata yang paling sulit.

IT menjadi suatu komoditas , banyak yang berpikir bahwa sesuatu yang tidak berinovasi akan menjadi komoditas, sehingga tidak bisa dijadikan strategi buy sebuah perusahaan.

Nyatanya, perusahaan IT mendominasi dan memanipulasi market juga dapat keuntungan yang digunakan untuk berinovasi.

IT is hard (susah) dan perusahaan-perusahaan IT besar yang terus berinovasi dan menaikan standar membuat sulit dicapai. Inovasi sekecil apapun sangat berpengaruh pada standar IT. Standar : menjadi hal yang diharapkan oleh user (Contoh AutoComplete pada Search Engine).

Pelajari skill dengan baik dan gunakan untuk masalah yang sesuai agar tidak useless.