Enter your keyword

Research Internship di Jepang

Research Internship di Jepang

Research Internship di Jepang

Pada 17 Juli – 7 Agustus 2014, 3 orang mahasiswa Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB mendapat kesempatan untuk melakukan research internship di Gifu National College of Technology (GNCT), Jepang. Ketiga orang mahasiswa tersebut adalah Ahmad Fauzan (IF’10), Pandu Kartika Putra (IF’11) dan Jan Wira Gotama Putra (IF’12). Topik pertama adalah pengembangan sistem sensor dan analisis data untuk sepeda (Ahmad). Topik kedua adalah pengembangan aplikasi mobile untuk translasi bahasa menggunakan web service dengan fitur voice recognition, optical character recognition dan text to speech (Pandu). Topik ketiga adalah pemrosesan bahasa alami (berbahasa Inggris) dengan menggunakan database WordNet (Jan Wira). Adapun topik supplemen, yaitu mengenali pola sederhana menggunakan Artificial Intelligence Neural Network – Back Propagation (Jan Wira).

Selain mengerjakan riset, ketiga mahasiswa tersebut juga mengikuti kegiatan akademik lain yaitu demonstrasi teknologi IMS3 (Mobile Mapping System – Dual Cam), hadir pada presentasi Final Project Mahasiswa GNCT, demonstrasi drone dalam penggunaan sistem tanggap bencana, mengenalkan (presentasi) Indonesia dan ITB pada mahasiswa GNCT serta merakit robot bersama mahasiswa GNCT. Disenggang kesibukan riset dan kegiatan akademik lainnya, ketiga mahasiswa kami melakukan kegiatan eksplorasi untuk lebih mengetahui budaya dan kehidupan di Jepang. Mereka mengunjungi Ogaki Castle, Gifu Castle, Nagara river fireworks festival, Nagoya, Intitute of Advance Media and Art, tea farm dan Mino-City. Mereka juga berkesempatan untuk mengikuti tea ceremony.

student-2

Foto saat presentasi mengenalkan Indonesia dan ITB pada mahasiswa GNCT

Hari riset terakhir program research internship ini ditandai dengan mempresentasikan hasil riset mereka di depan pejabat JASSO (Japan Student Service Organization), organisasi yang memberikan bantuan beasiswa pada ketiga mahasiswa kami. Walau hanya diberikan waktu yang sedikit, ketiga mahasiswa tersebut berhasil menyelesaikan riset mereka dengan baik.

student-3

Foto salah satu mahasiswa sedang mempresentasikan hasil risetnya pada pejabat JASSO

            Kami berterimakasih pada segenap pihak yang telah mendukung keberjalanan dan kelancaran internship ini, baik pihak dari ITB, GNCT maupun JASSO. Semoga pengalaman ini dapat mengingkatkan kualitas mahasiswa ITB, khususnya prodi Teknik Informatika dalam melakukan riset.