Enter your keyword

Muhammad Firmansyah Kasim dan Tim Mewakili CERN Summer Student Progamme 2013

Muhammad Firmansyah Kasim dan Tim Mewakili CERN Summer Student Progamme 2013

Mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika berhasil menjadi perwakilan Indonesia.

gabung

CSSP 2013 telah diikuti oleh lebih kurang 250 mahasiswa dari seluruh dunia yang telah melalui seleksi oleh CERN. Untuk kali pertama Indonesia akan diwakili oleh 3 mahasiswa, yaitu Muhammad Firmansyah Kasim, Teknik Elektro ITB (angkatan 2009) dan Imre Nagi, Teknik Elektro ITB (angkatan 2010) serta Nathaniel Chandra Harjanto, Teknik Fisika ITB (angkatan 2010)

Khusus untuk mahasiswa Indonesia, seleksi dilakukan dengan beberapa kriteria tambahan :
Potensi siswa untuk meneruskan studi dan menekuni bidang fisika partikel eksperimental atau sains terapan / teknologi / rekayasa yang terkait dengan misi CERN (akselerator, instrumentasi, fisika medis, komputasi kinerja tinggi atau grid, dll).
Penilaian kemampuan dasar (fisika dasar, kalkulus, matematika lanjutan, elektronika, pemrograman komputer) dan kemampuan spesifik bidang studi masing-masing, baik berdasarkan transkrip selama studi, serta pengalaman lain yang terkait. Pengetahuan mengenai fisika partikel TIDAK diperlukan.
Potensi siswa untuk bekerjasama dalam tim internasional seperti ditemui dalam kolaborasi eksperimen di CERN, dengan melihat kemampuan berbahasa Inggris dan kegiatan organisasi.
Para peserta CSSP tidak hanya mengikuti perkuliahan terkait, tetapi juga akan dilibatkan secara langsung di aneka eksperimen dalam bentuk berbagai proyek penelitian terdepan di CERN. Kemungkinan salah satu dari mahasiswa Indonesia akan dilibatkan pada kolaborasi CMS dibawah bimbingan Haryo yang saat ini aktif berkiprah di CERN.

Diharapkan partisipasi Indonesia di CSSP terus berlanjut, dan akan ada lebih banyak pelamar dari seluruh Indonesia. Kesempatan ini terbuka bagi mahasiswa dengan latar belakang fisika eksperimen maupun terapan; serta bidang teknik / rekayasa / informatika. Karena aktifitas eksperimen di CERN melibatkan beragam kepakaran lintas disiplin dan keahlian.

Partisipasi di CSSP merupakan satu rangkaian rencana besar Indonesia untuk berkiprah di kolaborasi global seperti CERN dalam waktu dekat. Kolaborasi ini tidak hanya penting dari sisi ilmiah, tetapi sangat strategis untuk membuka akses ke aneka teknologi tinggi terbaru yang dikembangkan untuk menjawab tuntutan eksperimen.

Pendaftaran untuk CSSP tahun 2014 akan dibuka sekitar November 2013, dan akan diumumkan kemudian.

sumber: fisikanet.lipi.go.id

One Comment

  1. Apr 16, 2013

    Terimakasih untuk telah mempromosikan berita mengenai diterimakan siswa STEI ITB dalam program ini. Saya harus mengoreksi pernyataan ‘berkompetisi dengan 250 mahasiswa’. Karena program ini bukanlah sebuah kompetisi.

    Program ini terdiri dari komponen kuliah + kerja praktik/lapangan di bawah bimbingan peneliti di CERN. Setiap mahasiswa akan mendapat tugas/proyek yang unik, terkait langsung dengan kegiatan penelitian terdepan dalam bidang fisika maupun sains terapan/rekayasa. Kuliah memperkenalkan mahasiswa ke kegiatan penelitian fisika dan sains terapan/rekayasa di CERN. Di akhir program, mahasiswa akan diminta untuk memberikan presentasi lisan dan/atau poster, dan menuliskan laporan kerja praktik. Selama program ini akan ada banyak kesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan profesor dan ilmuwan di CERN.

    Peserta yang berjumlah 250 tsb diseleksi oleh panitia dari berkas lamaran yang masuk. Jumlah pelamar sangat banyak. Seleksi mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk di antaranya minat pelamar dan ketersediaan proyek kerja praktik.

    – Haryo Sumowidagdo