Enter your keyword

Mahasiswa Informatika ITB Lolos ke Final ACM ICPC 2013 di Rusia

Mahasiswa Informatika ITB Lolos ke Final ACM ICPC 2013 di Rusia

Sekumpulan mahasiswa S1 Informatika ITB yang tergabung dalam tim Dongskar Pendongi, yang terdiri atas Irvan Jahja (IF 2009), Christianto Handojo (IF 2010) dan Ahmad Zaky (IF 2012), berhasil lolos ke babak World Finals ACM ICPC 2013 yang diselenggarakan di St. Petersburg, Rusia pada tanggal 30 Juni – 4 Juli 2013 nanti. Tim Dongskar Pedongi mendapatkan satu kursi di final melalui babak kontes regional Asia yang diselenggarakan di Jakarta pada Oktober 2012 lalu. Tim ini sebenarnya mendapatkan peringkat ketiga dalam kontes tersebut (no. 1 dan 2 tim dari Taiwan), tapi karena berbagai rule, antara lain mereka merupakan best local team, mereka mendapatkan poin lebih sehingga berhak maju ke final di St. Petersburg, Rusia.

The ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) sendiri adalah kontes pemrograman multitier, dalam tim, dan diselenggarakan oleh ACM dan berpusat di Baylor University. Kontek ini terdiri dari kontes regional yang diselenggarakan secara global, dan pemenang regional akan lanjut ke babak ACM-ICPC World Finals. Kontes ini menekankan kreativitas, kerja sama, dan inovasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak, dan juga menjadi ajang pengujian kemampuan mahasiswa itu sendiri.

ACM ICPC adalah kontes pemrograman komputer paling kompetitif di dunia. Indonesia terbilang sangat jarang memiliki wakil yang dapat lolos ke World Finals karena babak regional Asia yang cukup berat karena menghadapi tim lain dari Cina, Taiwan, dan sekitarnya. Tim Dongskar Pedongi sendiri sudah 2 tahun berturut-turut ini berhasil menempatkan diri di World Finals (tahun lalu di Polandia), yang merupakan prestasi yang belum bisa disamai oleh tim mana pun di Indonesia. Tim Dongskar Pedongi sebelumnya juga sempat menjuarai IEEE 24-Hour Programming Competition pada bulan November 2012 lalu.

Hal ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan bagi Informatika ITB. Selamat kepada Irvan Jahja, Christianto Handojo dan Ahmad Zaky! Mari kita doakan tim Dongskar Pedongi dapat berjaya dan mengharumkan nama Indonesia dan nama ITB di World Final ACM ICPC 2013 di St. Petersburg Rusia.

sumber: informatika.org