Enter your keyword

Electrical Engineering Day 2012: Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Elektro

Electrical Engineering Day 2012: Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Elektro

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Dalam rangka penyelenggaraan sidang tugas akhir, program studi Teknik Elektro menyelenggarakan Electrical Engineering Day 2012 pada Selasa hingga Rabu (12-13/06/12). Acara ini dikemas dalam bentuk pameran karya tugas akhir mahasiswa Teknik Elektro ITB. Sedikitnya 20 karya dipamerkan dalam agenda yang dihelat di Aula Timur ITB ini.

Dalam pameran tersebut masing-masing kelompok tertantang untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang karyanya. Lampu penerangan jalan hemat energi menggunakan LED dijelaskan oleh Fabian (Teknik Elektro 2008). Lain lagi Andreas (Teknik Elektro 2008) yang menampilkan sistem simulator golf. Selain itu ada juga karya instrumen pendeteksi gempa, inovasi teknologi penerbangan menggunakan oktorotor, robot yang bisa memperagakan permainan sepakbola, dan lain-lain.

“Di akhir acara ini diadakan pemberian hadiah best engineering design kepada kelompok yang memiliki karya dengan performa terbaik. Peraih penghargaan tersebut berhak mendapatkan netbook masing-masing anggota,” ungkap Dr.Ir. Mervin T. Hutabarat, dosen Teknik Elektro yang juga menjadi panitia.

Ubah Format, Harapkan Kemajuan

Pameran ini merupakan format baru tugas akhir di program studi Teknik Elektro ITB. Ada banyak pertimbangan dalam perubahan format ini. Pertama, untuk melatih kerjasama mahasiswa dalam tim multidisiplin. Kedua, untuk membiasakan mahasiswa merancang sesuatu secara komprehensif. Ketiga, sistem ini dibuat juga untuk mengontrol kemampuan mahasiswa dan juga kemauan para pembimbing sehingga hasilnya dapat maksimal.

Selanjutnya, format baru ini diharapkan bisa mengoptimalkan kemampuan mahasiswa dengan format pameran diharapkan mahasiswa bisa berlomba-lomba untuk memaksimalkan potensinya. Dalam model baru ini, sistem penilaiannya pun memiliki cara yang baru. Penilaian meliputi kerjasama dalam tim, log book, dokumen-dokumen, buku tugas akhir, demo produk, dan persentasi.

“Diharapkan di penyelenggaraan yang akan datang banyak keterlibatan dari sektor industri terutama dalam hal pemberian topik dan pembiayaan,” ujar Mervin. Topik yang diberikan dari industri diharapkan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan industri dan pasar.

sumber: kemahasiswaan.itb.ac.id