Enter your keyword

Robot ITB tetap menjadi Juara di Amerika

Robot ITB tetap menjadi Juara di Amerika

Tentu masih ingat dengan kemenangan tim robot ITB pada Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) yang diselenggarakan di Amerika tahun lalu? Baca disini. Tahun ini, kontes tersebut kembali diselenggarakan di tempat yang sama yaitu di Trinity College, Hartford, Connecticut, USA yang berlangsung selama 2 hari dari 30 Maret 2012 – 1 April 2012 dan Indonesia mengirimkan tim-tim robot dari ITB, ITTelkom dan UNIKOM untuk berlaga di ajang bergengsi ini.

TCFFHRC 2012 diikuti oleh 130 tim yang bertanding pada berbagai kategori, yaitu Junior Division, High School Division, Senior Division, Expert Division, Walking Division, RoboWaiter Entry Level dan RoboWaiter Advanced. Selain Amerika Serikat, terdapat beberapa negara lain yang turut berpartisipasi, yaitu Indonesia, Portugal, Israel dan China.

Berkat usaha dan kerja keras dari semua anggota tim, akhirnya tim robot cerdas berkaki ITB yang membawa 2 buah robot berkaki, berhasil meraih juara 2 untuk tim Yaqut dan juara 3 untuk tim Aqabah. Selamat untuk kedua tim robot ITB yang berhasil mempertahankan gelar juara pada kontes robot dunia ini. Tak hanya tim robot ITB yang berhasil meraih gelar juara namun, secara keseluruhan daftar pemenang pada kontes ini adalah:

  1. Untuk Fire-Fighting Robot Senior Division (Robot Beroda): juara pertama adalah tim Hamazar dari  ITTelkom dan juara kedua adalah tim Garuda #1 dari ITTelkom, dan juara ketiga tim robot dari Shepherd University USA.
  2. Untuk Fire-Fighting Robot Walking Division (Robot Berkaki): juara pertama adalah tim Arjuna dari ITTelkom, juara kedua adalah tim Yaqut dari ITB dan juara ketiga adalah tim Aqabah dari ITB.
  3. Untuk RoboWaiter Entry Level: juara pertama adalah tim DU99RWS4-V12) dari Unikom
  4. Untuk RoboWaiter Advanced Division: juara pertama adalah tim DU99RWE4-V12 dari Unikom dan juara kedua adalah tim DU99RWE-V12 dari Unikom

Jadi tim robot Indonesia membawa pulang total 8 gelar juara internasional dari kompetisi robot The 19th Annual Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest 2012.