Enter your keyword

Penerapan Teknologi Cloud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Penerapan Teknologi Cloud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Kurang lebih seperti judul diatas inti dari  kuliah umum yang diselengagarakan oleh Kelompok keahlian Teknologi Informasi (KK-TI) STEI ITB yang bekerja sama dengan The Institute of Elekctronics, Information and Communication Engineers (IEICE) Indonesia Section. Acara ini berlangsung pada tanggal 5 Maret 2012 kemarin bertempat di Ruang Auditorium Campus Center Timur Kampus ITB dengan menghadirkan pembicara utama yaitu Dr. Yuji Inoue chairman dari Toyota Info Technology Center Co., Ltd. – Jepang. Topik yang diangkat pada kuliah umum yang dipenuhi oleh mahasiswa ini adalah “ICT for Better Life of People, How to Apply Cloud and Latest Technologies”.

Pada kuliah umum ini, Dr. Yuji menjelaskan bagaimana mengaplikasikan teknologi cloud dalam meningkatkan kualitas hidup, dimana hal itu didasari dari beberapa masalah yaitu populasi meningkat (kompetisi), keterbatasan sumber daya, dan bencan alam. Sehingga dibutuhkan adanya kolaborasi, tools dan cara baru, sustainable resource, dan penanganan bencana yang dapat diperoleh dari “digital society”. Teknologi digital yang dikaji ini adalah cloud computing.

Pembangunan smart society dalam arsitektur cloud meliputi hal-hal berikut:

  1. Smart grid
  2. Networked car à 2.0; dimana setiap mobil terkoneksi ke cloud menghasilkan sistem transportasi yang cerdas
  3. E-government, digitalisasi dokumentasi pemerintahan ke cloud
  4. Rural life application; menghubungkan para ahli dengan lingkungan nyata, meliputi medical cloud, agricultural cloud, fish farm cloud dll.

“Tujuan kegiatan ini sebetulnya untuk memperkenalkan teknologi cloud kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Dalam acara ini juga ditunjukkan bagaimana beberapa aplikasi dalam teknologi cloud, seperti aplikasi robot, aplikasi video processing, untuk dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat” begitu penuturan ketua pelaksana kegiatan ini Dr.Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., sekaligus chairman dari IEICE untuk Indonesia Section. Disamping itu, melalui  kegiatan ini juga diharapkan bisa lebih memperkenalkan IEICE sebagai organisasi profesi dengan anggota dari kalangan akademisi dan praktisi industri di bidang teknologi elektronika, informasi, dan telekomunikasi, serta dapat meningkatkan kerjasama yang lebih baik antara STEI ITB dengan IEICE karena sudah banyak akademisi (dosen) STEI yang menjadi member dari organisasi ini.