Enter your keyword

International Conference on Instrumentation, Communication, Information Technology and Biomedical Engineering

International Conference on Instrumentation, Communication, Information Technology and Biomedical Engineering

International Conference on Instrumentation, Communication, Information Technology and Biomedical Engineering (ICICI-BME) merupakan pertemuan ilmiah yang diselenggarakan setiap 2 tahun oleh Insitut Teknologi Bandung (KK Teknik Biomedika STEI dan KK Fisika Teoritik Energi Tinggi dan Instrumentasi FMIPA ITB), Indonesian Biomedical Engineering Society dan Indonesian Sensor and Actuator System Society. ICICI-BME pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 di Bandung. The 2nd ICICI-BME 2011 yang bersamaan dengan The 6th Biomedical Engineering Days (BMEDays) merupakan penyelenggaraan ICICI-BME yang kedua dengan tema “Science and Technology for Health”. Kegiatan ini juga didukung oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB dan IEEE BME Society, IEEE Indonesia – BME Chapter, IEEE Indonesia – CAS Chapter.

The 2nd ICICI-BME 2011 berlangsung selama 2 hari, 8 – 9 November 2011 bertempat di Aula Timur ITB. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Organisasi ITB, Prof. Dr. Irawati, MS. Tujuan utama The 2nd ICICI-BME 2011 adalah sebagai ajang diskusi, interaksi dan komunikasi para peneliti dalam dan luar negeri. Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan dan jaringan akademisi, peneliti, industri dan pemerintah. Kegiatan ilmiah ini dihadiri oleh para pakar di bidang instrumentasi, teknologi informasi dan komunikasi, dan teknik biomedika untuk menyampaikan tren penelitian terkini, yaitu:

  1. Prof. Jakrapong Kaewkhao
  2. Prof. Diego Mantovani
  3. Dr. dr. Hermawan Nagar Rasyid, Sp.OT(K), MT (BME), FICS
  4. Prof. Seichii Serikawa
  5. Prof. Yusaku Fujii
  6. Prof. Noriaki Yoshiura
  7. Prof. Klaus Schilling
  8. Prof. Eko Supriyanto
  9. Prof. Soegijardjo Soegijoko
  10. Prof. Koichi Kurita
  11. Prof. H.-D. Liess
  12. Prof. Mitra Djamal

Disamping itu, tercatat sebanyak 129 makalah yang masuk. Setelah melalui proses review, diperoleh 79 makalah yang lolos dan berkesempatan untuk mempresentasikan makalahnya. Makalah-makalah tersebut akan dimasukkan kedalam IEEExplore. The 2nd ICICI-BME 2011 diikuti oleh peserta dari 10 negara. Kegiatan lain yang juga diselenggarakan di The 2nd ICICI-BME 2011 adalah IBES (Indonesian Biomedical Engineering Society) meeting dan Conference Dinner yang diadakan di Bumi Sangkuriang Bandung. Salah satu hasil pertemuan yang dicapai adalah The 7th Biomedical Engineering Days akan dilaksanakan pada Bulan November 2012 di Swiss German University (SGU) Jakarta.

ditulis oleh: Agung W. Setiawan