Enter your keyword

Qt – ITB Programming Contest 2011 “New Wave in Programming Competition”

Qt – ITB Programming Contest 2011 “New Wave in Programming Competition”

Setelah sukses menyelenggarakan kompetisi pemrograman bagi siswa – siswi SMA dan para mahasiswa tahun 2010 lalu, Program Studi Teknik Informatika STEI ITB kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan ITB Programming Contest (ITB PC) 2011. Acara yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 7 – 9 November 2011 di Gedung Labtek V Lt. 2 dan dibuka oleh Wakil Dekan Akademik, Ir. Dwi
Hendratmo M.Sc., Ph.D. ini mengambil tema “New Wave in Programming Competition”. Tema ini diangkat dengan landasan keinginan untuk menghadirkan kompetisi pemrograman dengan suatu standar baru yang lebih tinggi, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan level kompetisi pemrograman di Indonesia, sehingga dapat memperkuat wakil Indonesia di ajang kompetisi Internasional.

Kegiatan utama acara ini adalah lomba pemrograman yang lebih difokuslan pada competitive programming, untuk tingkat SMA dan tingkat perguruan tinggi. ITB PC ini diselenggarakan sebagai ajang warming-up bagi para siswa dan mahasiswa serta menghadirkan kontes pemrograman yang merepresentasikan kontes internasional yaitu International Olympiad Informatics (IOI) untuk tingkat SMA dan ACM ICPC – kontes internasional untuk tingkat mahasiswa dimana kedua kontes ini merupakan acuan bagi kontes ITB PC, sehingga siswa – siswa SMA dan para mahasiswa terbiasa menghadapi kontes – kontes pemrograman yang setingkat dengan kontes pemrograman internasional.

Sedikit berbeda dengan tahun lalu, ITB PC 2011 memiliki wajah baru yakni menjadi Qt ITB Programming Contest 2011. Bekerja sama dengan Nokia Developer, Qt ITB Programming Contest juga berusaha mengenalkan kepada peserta mengenai tingginya potensi pengembangan aplikasi berbasis mobile. Dengan demikian diharapkan peserta tertarik untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile dan memperkaya koleksi produk karya anak bangsa. Pelaksanaan kerja sama ini direalisasikan dengan presentasi dari Narenda Wicaksono sebagai Developer Manager Nokia Indonesia yang memotivasi para peserta untuk berkarya. Selain itu, kerja sama ini juga dilakukan dalam bentuk penggunaan teknologi Qt Creator sebagai lingkungan pelaksanaan kontes.

Dalam ITB PC ini ada 2 lomba utama yaitu ITB Senior Programming Contest 2011, yang diperuntukkan bagi para mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia dan ITB Junior Programming Contest 2011 untuk para siswa yang masih bersekolah dan belum masuk perguruan tinggi. Kedua jenis kontes ini sudah melewati beberapa tahap penyeleksian dan akhirnya tanggal 8 dan 9 November 2011 kemarin digelar final nya di ITB. Untuk kategori senior programming (9 November 2011), setelah melewati 5 jam penuh perjuangan akhirnya Code Champions QT ITB adalah :

Juara 1: Tim FlyingBee – Binus University (Reinhart Abdiel Hermanus, Frederikus Hudi, Shienita Senjaya)
Juara 2: Tim Sakhlar Lhompat – Universitas Indonesia (Ashar Fuadi, Berty Chrismartin Lumban Tobing)
Juara 3: Tim TCFasterAcquiring – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Mohammad Fajrin Azis, Anggakara Hendra Nandana, Teguh Suryo Santoso)
Juara 4: Tim Cao Cao – STMIK Mikroskill (Yudi Umar, Harrison, Budiman)
Juara 5: Tim Algorythmists – Universitas Indonesia (Kemal Maulana Kurniawan, Fredric Sanjaya, Febry Antonius)

Dan untuk kategori Junior Programming (8 November 2011), setelah melewati 5 jam penuh perjuangan akhirnya Code Champions QT ITB adalah :
Gold Medallist:
– Jessica Handojo (SMA Santa Ursula Jakarta)

Silver Medallists:
– Jonathan Irvin Gunawan (SMAK 1 BPK Penabur Bandung)
– Michael Desmond (SMAK 5 BPK Penabur Jakarta)
– Muhammad Aji Muharrom (MAN Insan Cendekia Serpong)

Bronze Medallist
– Cakra Wishnu Wardhana (SMAN 8 Yogyakarta)
– Muhammad Yafi (SMAN 1 Yogyakarta)

STEI mengucapkan Selamat untuk para pemenang kontes dan selamat kepada prodi Informatika yang telah dengan sukses menyelenggarakan kegiatan besar ini.