Enter your keyword

Bentuk pengabdian pada masyarakat HMIF

Bentuk pengabdian pada masyarakat HMIF

Pengabdian pada Masyarakat merupakan salah satu dari tri dharma ITB, oleh karena itu mahasiswa STEI (IF dan STI) mewujudkan hal tersebut dalam bentuk yang lebih nyata seperti cerita berikut.

Pengmas Camp! – Inspirasi dalam senyuman
Pengmas Camp adalah salah satu acara HMIF yang memberikan wujud pengabdian kepada masyarakat. Bentuk acara pengmas camp ini adalah mahasiswa bermalam selama 3 hari dan 2 malam (16 – 18 September 2011) di rumah warga untuk merasakan kehidupan sosial di desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari. Desa ini dipilih karena potensinya yang masih belum dimanfaatkan dengan maksimal, potensinya antara lain : sumber penghasil susu yang cukup besar, pertanian, dan situ bersejarah Situ Cisanti yang menyimpan cerita dan sejarah. Atas dasar itulah, acara yang dilaksanakan di Desa Tarumajaya berkaitan dengan perbaikan fasilitas dasar Situ Cisanti, makan bersama warga desa, dan beberapa acara ini diharapkan menjadi inisiasi dan inspirasi gerakan – gerakan pembangunan desa di Indonesia. Juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa, agar di kehidupan yang akan dating lebih menghargai orang lain, dan memiliki sense untuk selalu memberi karena tertanamnya jiwa kasih.

BINER (Bakti Informatika Untuk Negeri) – Sharing is Caring
BINER adalah pengabdian masyarakat yang berbasis keinformatikaan, dimana mahasiswa Teknik Informatika dan Sistem dan Teknologi Informasi memberikan pengajaran keinformatikaan kepada siswa SMPN 22 dan SMP Pertiwi Bandung. Setiap minggunya, mahasiswa mengajarkan mengenai internet sehat, flash, dan perkenalan teknologi informasi kepaa siswa SMP. Diharapkan siswa SMP yang diberi pengajaran dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk tujuan yang baik, dan memberikan ilmunya kepada orang lain. Program ini diadakan secara kontinyu di setiap angkatan. Tidak menutup kemungkinan di tahun – tahun yang akan datang akan ada banyak lagi sekolah – sekolah yang bisa memanfaatkan keberadaan BINER ini.