Enter your keyword

Kuliah Umum Tekno-Entrepreneurship

Kuliah Umum Tekno-Entrepreneurship

Irawan Purnomo, Direktur PT. Nusantara Compnet Integrator telah memberikan kuliah umum pada mahasiswa kuliah kapita selekta telekomunikasi [ET-4282] dan peserta civitas akademik lainnya. Topik Kuliah umum yang dilaksanakan di Ruang Multimedia pada hari Rabu, 21 September 2011 lalu ini adalah mengenai Entrepreneurship di Bidang Teknologi Informasi.
Dalam proses pembentukan awal suatu unit usaha, ada beberapa poin penting yang disampaikan terkait dengan pengalaman dan pembelajaran yang beliau peroleh. Poin – poin itu adalah

  1. Key of Business Product yaitu Diferensiasi, membuat suatu produk baru dalam bisnis lebih baik daripada membuat produk yang telah ada.
  2. Memilih partner dalam membangun suatu usaha yang mempunyai visi yang sama dan kuat, sokongan finansial serta mempunyai knowledge dan skill yang komplementer (berbeda-beda).

Dalam menjalankan usahanya ini, beliau mengalami banyak kendala, namun pembicara yang juga lulusan Teknik Elektro ITB ’86 ini membagi strategis bisnis yang diterapkannya yaitu :

  • Fokus
  • Agent
  • Law of Sacrifice
  • Pemilihan sektor pasar
  • Pemilihan products & services : one top brand in every category, business partner of world-class principals, skill certification, pelayanan yang cepat dan kompeten
  • Strategi kerjasama

Beliau juga berbagi mengenai beberapa tokoh yang menginspirasi dan mungkin ini juga bisa menjadi inspirasi bagi pembaca yaitu Michael Dell, dimana menurutnya dalam menjalankan suatu usaha ada 3 hal yang harus dipertimbangkan yakni: pilih bidang yang ahli dan disukai, fokus, dan manfaatkan sumber daya sekitar & organisasi yang baik.