Enter your keyword

ITB resmi umumkan prodi terakreditasi Internasional ABET

ITB resmi umumkan prodi terakreditasi Internasional ABET

Institut Teknologi Bandung (ITB), senin 12 September 2011 kemarin resmi mengumumkan atas diraihnya akreditasi internasional untuk 2 program studi (prodi) yang ada di ITB yaitu prodi Teknik Elektro – Sekolah Teknik Elektro dan Informatika dan prodi Teknik Kelautan – Fakultas Teknil Lingkungan dan Sipil. Pengumuman ini dilakukan dengan menggelar konferensi pers di Ruang Rapim A gedung Rektorat, Jl. Taman Sari no. 64 Bandung. Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh pimpinan ITB serta perwakilan dari fakultas dan prodi bersangkutan beserta perwakilan tim ABET masing – masing fakultas.

ABET merupakan badan akreditasi untuk program studi bidang sains terapan, komputer, teknik, dan teknologi di Amerika Serikat. Terhitung hingga 2010, ABET telah mengakreditasi lebih dari 3.256 prodi yang tersebar di 600 perguruan tinggi di berbagai negara. ABET ini, melakukan akreditasi pada program studi, bukan institusi. Pentingnya akreditasi internasional ABET ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama lulusannya sehingga kualitas lulusannya diakui dan mampu bersaing dengan standar internasional. Disamping itu pula mahasiswa lulusan terakreditasi ABET tidak perlu melalui matrikulasi lagi ketika akan meneruskan studi di luar negeri.

Pada kesempatan itu pula, Rektor ITB Prof.Akhmaloka meminta semua fakultas dan sekolah yang ada di ITB minimal ada 1 dari program studinya yang terakreditasi internasional. Dengan begitu tujuan ITB menjadi World Class University bisa dibuktikan secara nyata.

Berita lainnya mengenai prodi ITB terakreditasi ABET bisa juga dilihat melalui beberapa laman seperti berikut :