Enter your keyword

STEI sebagai Tuan Rumah ICEEI 2011

STEI sebagai Tuan Rumah ICEEI 2011

International Conference on Electrical Engineering 2011 adalah pertemuan ilmiah yang rutin digelar setiap 2 tahun dan tahun ini sudah memasuki tahun ke-3. Tahun ini digelar kembali di ITB dan dengan bangga STEI menjadi tuan rumah untuk acara bergengsi berskala Internasional ini, setelah sebelumnya dengan sukses diadakan di Selangor, Malaysia (2009) dan Bandung, Indonesia (2007). Acara yang berlangsung selama 3 hari, 17 – 19 Juli 2011 di ITB mencakup bahasan mengenai metode, teknologi, dan aplikasi seputar Teknik Elektro dan Informatika dimana para peneliti, civitas akademik, dan praktisi menjadikan ajang ini sebagai forum untuk memperlihatkan hasil penelitian yang telah mereka lakukan dan menjadi landasan untuk membangun dan mengembangkan hubungan kerjasama diantara para peserta.

Acara yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Institut Teknologi Bandung, (STEI ITB) Indonesia, Fakulti Teknologi dan Sains Maklumat – Universiti Kebangsaan Malaysia, (FTSM UKM) Malaysia dan di dukung oleh IEEE ini mengusung tema “Towards Converging Technologies” telah berhasil menarik banyak peneliti dari berbagai Negara untuk memasukkan paper-nya. Tercatat paper yang masuk adalah sebanyak 590 paper dengan penulis dari 33 negara lintas benua. Namun setelah melewati proses review oleh 2 reviewer dari luar dan panitia, hanya 350 paper regular dari 21 negara yang diterima untuk presentasi yang terbagi dalam 63 sesi.


Disamping presentasi yang regular, sedikitnya ada 5 keynote speaker yang tampil di ICEEI 2011 secara bergiliran setelah konferensi ini resmi dibuka oleh yang mewakili rektor ITB yaitu Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS. Kelima keynote Speaker tersebut adalah :

  1. Prof. G. C. Montanary (University of Bologna, Italy)
  2. Prof. A. R. Hamdan (UKM, Malaysia)
  3. Prof. Bambang R. (ITB, Indonesia)
  4. Prof. M. Hikita (Kyushu Institute of Technology, Japan)
  5. Prof. Iping Supriana (ITB, Indonesia)

Pembicara pembuka untuk keynote disampaikan oleh Dekan STEI ITB sekaligus Session Chair yaitu Prof. Suwarno, Keynote speaker ini juga disiarkan secara Live Streaming dari Aula Barat melalui website resmi ICEEI 2011 dan website STEI. Dengan banyaknya sesi presentasi dan sesi poster yang tersebar di beberapa tempat di kampus ITB, menunjukkan antusiasme para peserta pada konferensi ini.

“Pada akhirnya yang diharapkan adalah seluruh peserta yang mengikuti konferensi ini, selain mendapatkan pengalaman yang memuaskan, juga mendapatkan keuntungan dari pertemuan ini” begitu yang disampaikan oleh Ir. Arief Syaichu Rochman M.Sc, Ph.D selaku Ketua Umum ICEEI 2011.