Enter your keyword

Meningkatkan Peran ICT dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Meningkatkan Peran ICT dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Program Studi Teknik Telekomunikasi STEI ITB, pada hari Kamis, 5 Mei 2011, bertempat di Ruang Rapat STEI ITB, Gedung Achmad Bakrie lantai 2 telah mengadakan kuliah Kapita Selekta Telekomunikasi dengan tema “Meningkatkan Peran ICT dalam Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia”.

Kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Program Studi Teknik Elektro ini, dibawakan oleh Eddy Satriya , Deputy Assistant for ICT and Utility pada Kementrian Ekonomi.

Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak sebanding dengan kesejahteraan rakyat. ICT belum mendapatkan perhatian yang besar di pemerintah. Pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik jika dibandingkan dengan negara lain.

Untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi, infrastrukturnya harus lebih baik. Untuk menuju negara yang lebih maju dan menjadi negara yang top, dunia memerlukan strategi-strategi. Di perlukan perubahan pendekatan oleh para pemangku kepentingan.

Diharapkan industri local turut berpartisipasi. ICT untuk banking di Indonesia sudah bagus. Subscriber telekomunikasi Indonesia sudah 90% penduduk. Struktur lapisan Industri Telematika sudah dibuat untuk membangun ICT dan berupa 8 layer. Dan sekarang in ikebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan yang pokok.