Enter your keyword

Sepenggal Cerita “Perjalanan Tim Robot ke Amerika”

Sepenggal Cerita “Perjalanan Tim Robot ke Amerika”

Cerita ini diambil dari “Catatan Perjalanan ke 2011 Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and RoboWaiter Competition, USA” oleh Dr. Kusprasapta Mutijarsa pada akun-nya di situs jejaring sosial Facebook.

Keikutsertaan tim robot Indonesia pada Kompetisi Internasional 2011 Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and RoboWaiter ini berawal dari kegiatan Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional. Pada kegiatan tersebut, perguruan tinggi dari berbagai tempat di Indonesia berkompetisi untuk menciptakan robot untuk keperluan tertentu. Pada Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), para mahasiswa berkompetisi untuk menciptakan robot pemadamapi, yaitu robot yang dapat mencari dan memadamkan api lilin yang terdapat pada suatu ruangan. Robot yang dibuat dapat berbentuk robot beroda dan robot berkaki. Pada KRCI 2010, juara pertama untuk kategori beroda adalah tim dari Universitas Gadjah Mada dan juara pertama untuk kategori robot berkaki adalah tim dari Institut Teknologi Bandung. Sebagai penghargaan atas kemenangan ini, Kementerian Pendidikan Nasional mengirimkan kedua tim tersebut pada Kompetisi Internasional 2011 Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and RoboWaiter di Trinity College, Hartford, Connecticut, USA pada tanggal 9-10 April 2011.

Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and RoboWaiter Competition (TCFFHCRC)

TCFFHCRC adalah ajang kompetisi robot pemadam api yang diselenggarakan secara tahunan sejak tahun 1994. Kompetisi tersebut diikuti oleh mulai dari siswa sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, mahasiswa hingga praktisi. Pada ajang 2011 ini, 135 robot turut berkompetisi. Beberapa negara turut serta dalam kompetisi tersebut adalah USA, China, Portugal, Israel, Canada, Meksiko, dan Indonesia. Kompetisi tersebut dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu kategori Junior Division, High School Division, Senior Division, Expert, Walking Division, RoboWaiter Entry Level danRoboWaiter Advanced.

Tim Robot Indonesia

Tim robot Indonesia yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Nasional mengikutsertakan empat buah robot. 2 robot beroda yang dibuat oleh mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti lomba untuk kategori Senior Division, dan 2 robot berkaki yang dibuat oleh mahasiswa dari InstitutTeknologi Bandung (ITB) mengikutikategori Walking Division.

Dari hasil tersebut, kedua robot beroda UGM meraih juara pertama dan kedua.Dua robot berkaki ITB juga meraih juara pertama dan kedua.Setiap pemenang mendapatkan medali dan plakat. Selain itu bagi juara pertama mendapatkan hadiah USD 300 dan juara kedua mendapatkan hadiah USD 200.

Selain robot yang dibiayai oleh Kemdiknas, terdapat juga robot dari Indonesia yang turut serta berkompetisi dengan biaya sendiri, yaitu timdari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). UNIKOM mengirimkan 3 robot, dimana dua robot untuk berkompetisi pada kategori RoboWaiter Entry Level dan satu robot pada kategori RoboWaiter Advance. Robot-robot tersebut juga menduduki juara pertama dan kedua untuk kategori RoboWaiter Entry Level dan juara pertama untuk kategori RoboWaiter Advanced. Jadi, dari 7 robot yang berasal dari Indonesia, seluruhnya berprestasi mendapatkan gelar juara.

Anggota Tim
Kontingen Indonesia yang berangkat dengan biaya Kementrian Pendidikan Nasonal berjumlah 13 orang:
1. Prof Jamasri, UGM, Pimpinan Kontingen
2. Dr. Heru Santoso Budi Rochardjo, UGM, Juri Nasional Kontes Robot Indonesia
3. Dr. Nadjamuddin Ramly, DIKTI, Pendamping
4. Drs. Djuharto Suradi, DIKTI, Pendamping
5. Dr. Kusprasapta Mutijarsa, ITB, Pembimbing Tim Robot
6. Farid Inawan, UGM, Tim Robot Beroda
7. Noer Aziz Ismail, UGM, Tim Robot Beroda
8. Wahyu Wijayanto, UGM, Tim Robot Beroda
9. Luiz Rizki Ramelan, UGM, Tim Robot Beroda
10. Syawaludin Rachmatullah, ITB, Tim Robot Berkaki
11. Ashlih Dameitry, ITB, Tim Robot Berkaki
12. Samratul Fuady, ITB, Tim Robot Berkaki
13. Dody Suhendra, ITB, Tim Robot Berkaki