Enter your keyword

Robot ITB “Zarqun” dan “ASA” Juara di Amerika

Robot ITB “Zarqun” dan “ASA” Juara di Amerika

Robot ITB, Zarqun dan ASA meraih juara pertama dan kedua dalam Trinity Fire Fighting Robot Contest 2011 yang diadakan di Connecticut, Amerika Serikat, 9 – 10 April 2011. Tim Robot ITB yang terdiri dari Syawaludin Rachmatullah, Samratul Fuady dan Ashlih Dameitry merupakan mahasiswa Teknik Elektro STEI ITB.

Zarqun yang merupakan robot andalan dari ITB ini menjadi juara pertama di kelas Senior Legged Robot (robot berkaki). Dan ini merupakan pencapaian yang sangat memuaskan, setelah tahun sebelumnya pada kompetisi yang sama robot Zarqun ini hanya menempati urutan ke 4.

Zarqun adalah jenis robot pemadam api yang dilengkapi berbagai alat sensor pendeteksi api. Dengan berat 3 kilogram dan tinggi sekitar 30 sentimeter, Zarqun merupakan robot cerdas berkaki yang dirancang untuk menolong manusia.

“Kami merancang robot ini sejak 2008. Saat kami ikut kontes nasional untuk pertama kalinya pada tahun 2009, kami juara. Setelah itu, kami menyempurnakan kembali robot yang kami buat. Sayangnya saat lomba di Amerika Serikat pada 2010, kami salah perhitungan sehingga hanya mampu duduk di peringkat keempat. Untuk kali ini, kami harus lebih baik karena sudah punya pengalaman sebelumnya” tutur Syawaludin

Akhirnya, setelah robot Zarqun disempurnakan, Tim ITB yang didampingi Dr. Kusprasapta Mutijarsa dan manajer Dody Suhendra ini berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. Pengalaman mengikuti kontes robot internasional pada tahun lalu pun seakan menjadi senjata tersendiri untuk melakukan pembenahan pada robot Zarqun-nya. Meski komponen canggih yang ada pada Zarqun ini masih impor, tapi body dan perangkat lainnya adalah hasil rakitan dari tim. Zarqun ini mengandalkan sensor ultrasonic untuk menjelajahi ruangan dan sensor inframerah untuk mendeteksi adanya api. Menjadi jawara di kontes internasional merupakan kebanggaan yang sangat tak terhingga bagi tim ASA dengan robot Zarqun yang telah dikembangkan sejak 2008 lalu.