Enter your keyword

Kuliah Umum “Spoken Language Technology”

Kuliah Umum “Spoken Language Technology”

Kelompok Keilmuan Informatika – STEI ITB, Senin, 28 Maret 2011, telah mengadakan kuliah umum dengan tema “Speech and Speaker Recognition Technology”. Kuliah umum yang diadakan di Ruang 7602 ini sebagai pembicara utamanya adalah Prof. Seiichi Nakagawa dari Toyohashi University of Technology – Jepang. Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa peserta kuliah IF3054 dan IF4058.

Prof. Seiichi Nakagawa menjelaskan tentang Signal Processing. Speaker recognation dengan model MFCC pada umumnya hanya memperhatikan power spectrum dan tidak memperhatikan phase information yang tidak dapat dikenali oleh indera manusia. Dengan menggunakan phase information, yang sudah dilakukan normalisasi, sehingga berkarakteristik window independent, shape dan periode dari gelombang sumber suara dapat dikenali.

Setelah kuliah umum berakhir pada pukul 11.00, dilanjutkan dengan Seminar dan diskusi dengan tema “Natural Language Processing, Text Mining, dan Language Grid Project”. Pembicara utama pada seminar tersebut adalah Prof. Toru Ishida dari Kyoto University – Jepang.