Enter your keyword

Kapita Selekta “Technopreneurship by Example”

Kapita Selekta “Technopreneurship by Example”

Pada hari Kamis, 24 Maret 2011, telah dilakukan Kuliah Kapita Selekta Telekomunikasi. Kuliah yang bertempat di ruang multimedia STEI ITB ini, bertemakan “Technopreneurship by Example” dan dibawakan oleh Bapak Riko Rangkuti, Presiden Direktur PT. Raztel Solusindo Telematika.

Raztel Solusindo Telematika adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Telekomunikasi dan Informatika. Lingkup kerja berupa importir, distributor dan pengembangan haedware dan software.

Dia menjelaskan bahwa setiap orang di dunia memiliki bakat, ketertarikan dan hobi yang akan memberikan banyak keuntungan jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Setelah lulus dari kuliah, ada beberapa pilihan yang bisa kita ambil, bekerja, usaha sendiri atau melanjutkan pendidikan.

Selain itu dia mejelaskan juga tentang perbandingan sesorang jika bekerja atau buka usaha sendiri.
Jika bekerja, resiko yang didapat minim jika dibandingkan dengan sesorang buka usaha sendiri, resiko yang didapat sangatlah besar. Bandingkan juga dengan binis rule-nya, kalau sesorang yang bekerja bisnis rule nya sudah berjalan, tapi kalau buka usaha, bisnis rule nya mulai dari nol. Jadi untuk buka usaha sendiri, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan.

Entrepreneur adalah orang yang mengelola dan menghitung peluang dan resiko dari suatu motivasi baru atau berbeda, harus mampu menggabungkan logika (otak kiri) dan kreativitas (otak kanan). Entrepreneurship adalah usaha yang dilakukan untuk memulai atau menjalankan suatu bisnis. Technopreneurship adalah usaha yang dilakukan untuk memulai atau menjalankan suatu bisnis dengan memanfaatnkan teknologi sebagai inovasinya, umumnya menciptakan sesuatu yang belum ada dengan visi jauh ke depan.